Samsung Galaxy Fit e sesuai untuk konsumen beranggaran terbatas yang ingin mencoba wearable.
Samsung Galaxy Fit e sesuai untuk konsumen beranggaran terbatas yang ingin mencoba wearable.

Samsung Galaxy Fit e, Unik, Terjangkau, Kurang Responsif

Teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 09 September 2019 13:30
Jakarta: Smartwatch dan wearable kini sudah menjadi produk yang tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Selain untuk menunjukan waktu, fungsi lain yang diusung perangkat mampu menarik perhatian konsumen.
 
Dalam dua tahun terakhir, ranah perangkat wearable di Indonesia dimeriahkan oleh produk karya berbagai produsen dan dengan rentang harga beragam, baik dari Apple dengan harga tinggi, hingga Xiaomi dengan harga terjangkau.
 
Samsung turut mencoba peruntungannya di ranah ini sejak beberapa tahun lalu, namun sebagian besar produknya ditawarkan dengan harga tergolong tinggi. Kini, pada Galaxy Fit e, Samsung berupaya merangkul konsumen dengan anggaran terbatas. Lantas apa saja yang ditawarkannya?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengusung harga terjangkau, Samsung Galaxy Fit e hadir dengan desain bodi serupa fitness tracker karya produsen lainnya, seperti Xiaomi Mi Band dan Fitbit Charge 3. Bodi perangkat ini didominasi oleh bahan plastik, sehingga Anda tidak perlu melepasnya saat melewati detektor metal.
 
Samsung Galaxy Fit e, Unik, Terjangkau, Kurang Responsif
 
Dan karena menggunakan bahan plastik, kami menyarankan Anda untuk melonggarkan tali secara berkala, sebab mengenakan perangkat ini saat berkeringat dapat menyebabkan kulit pergelangan menjadi sedikit gatal.
 
Perangkat ini hadir dengan dimensi 40,2mm x 16mm dan berbobot 15 gram, sehingga cukup ringan dan tidak mengganggu saat dikenakan di pergelangan. Selain itu, dimensi yang diusung Samsung Galaxy Fit e ini juga tergolong unik, sebab tidak terlalu mengganggu penampilan bagi di pergelangan tangan kecil, dan tetap apik saat dikenakan pengguna dengan pergelangan tangan besar.
 
Mengingat peruntukannya sebagai pendamping kegiatan olahraga, Samsung membekali perangkat ini dengan fitur tahan air 5AT, artinya Anda juga tetap dapat mengenakannya saat mandi atau berenang.
 
Hanya saja, tidak disarankan untuk mengajak perangkat ini melakukan olahraga scuba diving, sebab fitur daya tahan air pada perangkat ini hanya berlaku hingga kedalaman 50 meter selama 10 menit.
 
Menyoal layar, Galaxy Fit e hadir dengan layar berbahan PMOLED monokrom berukuran 0,74 inci. Hampir serupa Galaxy Watch, Anda dapat mengaktifkan layar dengan mengangkat tangan dan mengarahkan layar perangkat ini ke wajah.
 
Samsung Galaxy Fit e, Unik, Terjangkau, Kurang Responsif
 
Hanya saja, pada unit yang kami coba, kecepatan perangkat dalam merespon gestur ini tergolong lambat. Dalam beberapa kesempatan, kami harus mencoba beberapa kali hingga layar aktif dan menampilkan waktu serta fitur utama yang dipilih sebagai Home Screen, dari keadaan nonaktif.
 
Selain gestur tersebut, Samsung juga menyediakan cara lain untuk menonaktifkan layar Galaxy Fit e yaitu dengan diketuk sebanyak dua kali atau disebut dengan istilah double-tap-to-wake. Gestur ini juga berfungsi untuk beralih dari layar Home ke layar widget lain untuk menampilkan jumlah langkah, detak jantung, cuaca, waktu dan lainnya.
 
Layar perangkat ini tidak berbekal fitur penyesuaian kecerahan layar sehingga Anda tidak dapat mengatur kecerahan layar sesuai dengan pencahayaan. Pada kondisi pencahayaan redup, kami tidak mengalami kesulitan untuk melihat konten pada layar perangkat, namun sedikit berbeda pada kondisi pencahayaan terang di bawah paparan sinar matahari secara langsung.
 
Namun Anda dapat menghalangi paparan sinar matahari ini dengan telapak tangan untuk dapat melihat konten pada layar. Selain itu, keunikan juga ditampilkan Samsung Galaxy Fit e pada caranya melipat tali jam.
 
Berbeda dengan jam tangan lain yang melipat tali ke arah luar setelah dikancingkan, Samsung Galaxy Fit e justru melipat tali ke arah dalam tali pengancing. Cara pengancingan tali jam ini juga berbeda, sebab pin pengancing menusuk ke arah dalam dan bukan keluar.
 
Hal ini menyebabkan Anda yang belum terbiasa dengan cara ini akan sedikit kesulitan saat melepaskan perangkat dari pergelangan. Menyoal fitur kesehatan, Samsung Galaxy Fit e hadir dengan kemampuan melacak 90 kegiatan berbeda, yang dapat disimpan dan ditinjau melalui aplikasi Samsung Fitness atau Samsung Health.
 
Namun, jika tidak menghubungkannya dengan aplikasi Samsung, Anda masih dapat melihat pencapaian selama satu hari tersebut, sebelum terhapus saat hari berganti. Pada pelacak aktivitas berlari, Anda tetap harus membawa serta dan menghubungkannya ke ponsel, sebab Galaxy Fit e ini tidak berbekal fitur GPS.
 
Perangkat ini juga beberapa kali tidak akurat saat mendeteksi langkah, sebab layar perangkat beberapa kali menampilkan pengguna dalam kondisi tidak bergerak dalam kurun waktu lama atau mendeteksi pengguna sedang tertidur, saat kami tengah berjalan.
 
Sementara itu saat terhubung dengan ponsel, Galaxy Fit e juga menjadi perpanjangan smartphone sebab akan bergetar saat ponsel menerima notifikasi pesan atau panggilan telepon masuk. Hanya saja, Anda tidak dapat menjawab panggilan telepon atau membuka dan membaca pesan secara langsung dari ponsel.
 
Samsung Galaxy Fit e, Unik, Terjangkau, Kurang Responsif
 
Untuk baterai, perangkat ini mampu bertahan selama sekitar tiga hari saat terhubung dengan smartphone. Namun saat tidak terhubung, Samsung Galaxy Fit e dapat bertahan selama setidaknya lima hari dengan satu kali pengisian daya.
 
Dan untuk dapat terisi penuh dari kondisi kosong, baterai Samsung Galaxy Fit e membutuhkan waktu selama sekitar satu setengah jam. Perangkat ini hadir dengan charger khusus berukuran kecil yang dipasangkan di bagian dalam perangkat dan di sebelah sensor, sehingga jika charger ini tertinggal, Anda tidak dapat mengisinya dengan charger perangkat lainnya.
 
Kesimpulan
Samsung Galaxy Fit e ini sesuai untuk Anda yang ingin mencoba mengenakan perangkat pelacak fitness untuk pertama kali dan memiliki anggaran terbatas, mengingat perangkat ini dipasarkan di Indonesia seharga Rp599.000.
 
Galaxy Galaxy Fit e menawarkan fitur yang beragam, dari pelacak detak jantung, hingga notifikasi dari ponsel, serta hadir dengan baterai yang terbilang awet dan waktu untuk mengisi baterai tergolong singkat.
 
Tentu saja perangkat ini tidak dapat dibandingkan dengan smartwatch unggulan Samsung, sebab hadir dengan desain lebih sederhana tanpa pembekalan fitur seperti bezel berkemampuan putar, meski bahan plastik pada tali jam tergolong lentur dan tidak mudah terkelupas.
Samsung Galaxy Fit e
Plus
  • Harga terjangkau
  • Desain unik dan sederhana
  • Fitur cukup lengkap
Minus
  • Layar sedikit kurang responsif
  • Beberapa fitur pelacak tidak konsisten

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif