TP-Link Deco E4 AC1200.
TP-Link Deco E4 AC1200.

Review Router Mesh

TP-Link Deco E4 AC1200, Router Mesh WiFi Rp1 Juta

Teknologi hardware tp-link review peripheral
Cahyandaru Kuncorojati • 08 April 2020 17:24
Jakarta: Tren perangkat router saat ini mulai bergeser. Bukan hanya yang bisa menyebarkan wifi paling luas tapi juga bisa mendukung banyak perangkat dan menyediakan ekosistem mesh WiFi.
 
Router mesh WiFi tidak hanya terdiri dari satu perangkat tapi dua perangkat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan atau coverage WiFi. Hal ini didukung dengan kehadiran satu SSID serta bisa terhubung ke banyak perangkat.
 
Melihat fungsinya maka, router mesh Wifi Jjadi sangat dibutuhkan bagi pengguna yang punya banyak perangkat smart home atau smart device. Tentu saja hal tersebut membuat produk model ini punya harga cukup tinggi di pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


TP-Link yang melihat mulai populernya pemahaman manfaat dari router mesh WiFi mulai mempertimbangkan untuk menyediakan produk dengan harga terjangkau. Misalnya, Deco E4 AC1200 yang dibanderol mulai dari harga Rp1,2 juta.
 
TP-Link Deco E4 AC1200, Router Mesh WiFi Rp1 Juta
 
Deco sendiri merupakan sub-brand TP-Link yang fokus menyajikan router mesh WiFi. Di dalam paket penjualannya, Deco E4 AC1200 terdiri dari dua unit yaitu router utama dan router satelit yang bisa bertukar fungsi.
 
Keduanya juga bisa berfungsi sebagai router atau access point apabila Anda sudah punya perangkat router Deco yang lain. Jadi penggunanya bisa menciptakan jaringan coverage mesh WiFi yang luas.
 
Menyoal desain, Deco E4 AC1200 punya desain yang lebih minimalis dibandingkan seri Deco lain. Desain tersebut membuat perangkat ini tidak terlihat aneh saat harus di taruh di atas meja bersama dengan perabotan lain. Berbeda dari router yang kerap bentuknya aneh dna harus disembunyikan posisinya.
 
Deco E4 AC1200 memiliki spesifikasi yang cukup memuaskan. Router mesh WiFi ini menyediakan fitur Dual-Band (2,4Ghz dan 5Ghz). Meskipun begitu kapasitas bandwidth kecepatannya tidak tergolong tinggi yaitu 1200Mbps.
 
TP-Link Deco E4 AC1200, Router Mesh WiFi Rp1 Juta
 
Detilnya, 867Mbps di 5GHz dan 300Mbps. Melihat harga yang dipasang di pasar harus diakui bahwa spesifikasi yang ditawarkan oleh Deco E4 AC1200 sudah sangat pas disebut sebagai router mesh WiFi terjangkau.
 
Di setiap unit Deco E4 AC1200 akan terdapat label di bagian bawahnya yang menjadi nama identitas perangkat atau WiFi key saat proses instalasi. Kemudian masing-masing memiliki dua port RJ-45 dan lubang power adapter.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Di bagian paling atas terdapat sebuah LED yang akan berubah warna sebagai indikator pada proses pemasangan atau informasi status koneksi perangkat. Menurut Medcom.id posisinya agak menyulitkan dalam proses pemasangan karena LED indikator tidak bisa dilihat langsung dari depan melainkan dari dekat.
 
Proses pemasangan Deco E4 AC1200 tidak sulit. Proses ini dipandu menggunakan aplikasi mobile yang juga berfungsi untuk mengontrol fitur router mesh WiFi dari jarak jauh. Misalnya memberikan nama dari setiap perangkat sehingga mudah dipantau saat terjadi masalah.
 
TP-Link Deco E4 AC1200, Router Mesh WiFi Rp1 Juta
 
Konfigurasi juga bisa dilakukan lewat akses via web dengan IP Address khusus. Beragam fitur yang disediakan Deco E4 AC1200 sangat sama dengan kebanyakan router lain, hanya tampilan antarmukanya lebih enak dilihat mata dan mudah dimengerti.
 
Kesimpulan
Menurut kami Deco E4 AC1200 pantas menjadi salah satu produk yang dipertimbangkan saat Anda akan mencoba router mesh WiFi. Dibanderol dengan harga terjangkau, perangkat ini sudah menyediakan fitur yang lengkap.
 
Meskipun bandwidth kecepatan yang diberikan sangat standar yaitu AC1200 namun menurut Medcom.id, kapasitas tersebut sudah sangat mencukupi. Kehadiran fitur Dual-Band bisa menyediakan konektivitas yang dibutuhkan untuk beragam jenis perangkat smart device atau IoT.
TP-Link Deco E4 AC1200
Plus
  • Desain minimalis dan menarik
  • Fitur dan spesifikasi lengkap
  • Harga terjangkau untuk kategori router mesh WiFi
  • Proses pemasangan dan konfigurasi mudah
  • Tersedia aplikasi mobile untuk konfigurasi
Minus
  • Posisi LED indikator menyulitkan dilihat dari jarak jauh

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif