HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1
HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1

Review Headset

Menjajal Headset Mumpuni HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1

Teknologi teknologi hardware kingston review headset
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 09 Juli 2020 13:21
Jakarta: HyperX merupakan salah satu merek gaming yang serius membidik industri esports. Hal ini terbukti dari jajaran produk mereka yang punya ciri khas desain sederhana tetapi punya performa mumpuni dan fitur esensial terutama untuk pemain esports.
 
Memang, jika melihat portofolionya, divisi gaming Kingston ini tidak punya produk sebanyak kompetitor. Namun, mereka cukup memperhatikan kebutuhan gamer dari berbagai platform gaming. Baik untuk konsol Xbox dan PlayStation, PC, sampai Nintendo Switch. Meja redaksi teknologi Medcom.id kali ini kedatangan headset anyar HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1.
 
Simpel adalah kata yang terlintas di pikiran kami saat melihat desain headset gaming ini. HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 menyematkan balutan warna hitam dengan tekstur matte pada material bodinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk Anda yang pertama kali mencoba headset HyperX mungkin akan merasa material bodinya biasa saja. Namun, kualitasnya tak perlu diragukan karena mereka sendiri sudah paham dalam menciptakan perangkat gaming dengan durabilitas yang baik.
 
Menjajal Headset Mumpuni HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1
 
Impresi kami semakin baik saat memasangnya di kepala. Material bodi ini ternyata kuat dan juga ringan, dan memiliki grip yang tepat. Busa dan pelapis yang terbuat dari kain pada earcup dan penyangga kepala punya rongga udara yang cukup banyak, sehingga tidak akan berkeringat dalam penggunaan yang lama. Penyangga kepala ini dapat diatur lebarnya, cukup dengan menarik atau mendorong sampai besi penyangga bergeser.
 
HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 tidak menyediakan banyak antarmuka fisik. Pada bagian telinga kiri terpasang pengatur volume, port USB-C untuk pengisian daya, dan tombol power. Mikrofon bisa aktif atau mati secara otomatis saat digerakkan ke salah satu sisi.
 
Menggeser mikrofon ke atas otomatis menonaktifkannya. Mikrofon ini juga sudah mendukung fitur noise cancellation. Headset ini memang cukup berbeda dengan produk lain karena menggunakan USB-C sebagai pengisian.
 
Menjajal Headset Mumpuni HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1
 
Kekurangannya adalah ia tidak menyediakan jack audio 3,5 mm. Saat ini produk kompetitor mayoritas masih memanfaatkan micro USB. Selain kabel pengisi daya, paket penjualan HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 dilengkapi dengan receiver, sesuai dengan namanya. Harus diakui, daya jangkau receiver ini tergolong bagus dan kencang, mampu menembus tembok yang cukup tebal dan masih bisa menghasilkan audio yang mulus.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Mengacu dari namanya, HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 menyediakan dukungan surround sound 7.1 yang bisa aktif lewat aplikasi HyperX Ngenuity. Satu kekurangan yang saya lihat adalah terbatasnya pengaturan performa headset pada aplikasi ini. Ia hanya mampu menyediakan pengaturan preset dasar, volume speaker dan mikrofon, dan mengaktifkan mode 7.1. Ia juga bisa menampilkan status baterai headset. Tampaknya, software masih dalam tahap pengembangan, tetapi kami melihat potensi yang cukup besar.
 
Sejauh pengalaman penggunaan, HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 cocok untuk gamer berbagai kalangan, baik ia dari konsol maupun PC, pemain biasa atau atlet esport. Headset gaming ini bisa menghadirkan efek audio yang tepat, termasuk bermain beberapa game yang memerlukan audio yang presisi.
 
Game FPS atau third-person biasanya memerlukan kualitas tersebut. Efek surround 7.1 akan memberikan performa audio yang lebih baik, tetapi perlu diingat tidak semua game memerlukannya. Beberapa game menyatakan mampu memberikan efek tersebut, biasanya karena lingkungan permainan yang luas. Sejauh kami mencoba fitur 7.1 ini, detail audio yang dihasilkan cukup baik.
 
Menjajal Headset Mumpuni HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1
 
HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 diklaim punya ketahanan 17 jam. Tergantung penggunaan, daya baterainya bisa lebih awet lagi, atau bahkan lebih singkat. Untuk pengisian dari kapasitas habis sampai penuh, rata-rata memerlukan waktu dua sampai dua setengah jam. Durasi ini termasuk standar untuk headset gaming.
 
Di Indonesia, harga yang disarankan untuk HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1 adalah Rp1.200.000. Harga yang cukup pantas untuk headset gaming yang mumpuni. Ia menghadirkan desain dan kemampuan yang esensial, tak memerlukan fitur atau model bodi yang eksentrik demi menarik gamer yang penasaran terhadap produk HyperX.  
 
8
HyperX Cloud Stinger Core Wireless + 7.1
Plus
  • Ringan dan nyaman
  • Audio mumpuni
  • Performa wireless mantap
Minus
  • Tak ada jack audio 3,5mm
  • Kustomisasi terbatas

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif