MSI GT76 Titan DT 9SG.
MSI GT76 Titan DT 9SG.

MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming

Teknologi teknologi msi hardware review laptop
Cahyandaru Kuncorojati • 17 November 2019 20:21
Jakarta: Laptop gaming sejatinya mampu menyediakan pengalaman dalam sebuah perangkat yang ringkas. Ini terlepas pengalaman yang ditawarkan tidak akan bisa sejajar dengan dekstop atau PC gaming.
 
Kenyataannya beberapa vendor laptop gaming pasti punya jajaran produk yang performanya dipacu hampir bisa sejajar dengan PC gaming. Konsekuensinya, ukuran laptop tidak akan tipis, bahkan kerap punya kemampuan mobilitas yang rendah.
 
Salah satu produk tersebut Medcom.id temukan di MSI GT76 Titan DT. Mengingat laptop tersebut hadir dalam dua varian spesifikasi, untuk tidak tertukar maka perlu diperjelas bahwa Medcom.id berkesempatan menjajal seri MSI GT76 Titan DT 9SG.

Desain

Laptop gaming MSI GT76 Titan DT 9SG punya tampilan yang jelas terlihat mewah. Laptop ini dibalut dengan warna perak serta memiliki logo MSI yang terlihat menarik perhatian sekali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya logo, bentuk bodinya juga jelas sangat menarik perhatian. Laptop gaming tersebut punya bodi yang sangat berisi kalau tidak ingin dibilang bongsor. Ya, sesuai namanya "Titan" laptop ini punya ukuran yang cukup raksasa.
 
Dimensi bodinya 397 x 330mm dengan ketebalan 33-42mm serta bobotnya 4,2kg. Bodinya agak memanjang ke belakang karena laptop ini punya bagian sistem pendingin yang cukup besar. Bagian belakangnya mengingat ekor dari sebuah mobil sport.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Kami lebih suka menyebutnya sebagai PC gaming yang bisa dibawa kemana saja, selama menggunakan tas berukuran besar, bukan tas punggung. Perlu diketahui MSI GT76 Titan DT 9SG harus ditenagai dua adapter sekaligus.
 
Ini adalah konsekuensi dari spesifikasinya yang sangat tinggi. Beruntungnya, bodi yang tebal punya desain gaming yang masih memanjakan mata. Sisi kanan dan kiri serta depan di bagian bawah laptop punya LED RGB yang bisa dikustomisasi.
 
Backlit RGB per-key juga bisa ditemukan pada keyboard . MSI menyadari bodi MSI GT76 Titan DT 9SG yang tebal bisa dimanfaatkan untuk menggunakan keyboard non-mekanik buatan Steelseries. Diakui bahwa pengalaman gaming maupun mengetik lumayan nyaman.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Di bagian atas terdapat dua tombol fungsi lainnya yang menemani tombol Power. Ada tombol akses cepat ke MSI Dragon Center dan konfigurasi performa yang nanti akan dijelaskan di bagian fiitur.
 
MSI GT76 Titan DT 9SG punya layar 17,3 inci resolusi UHD (3840x2160) panel IPS yang bezelnya tipis. Desain bezel yang tipis ini tidak sampai menghilangkan fitur webcam di bagian atas.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming

Fitur

Software yang biasa dijumpai pada laptop gaming MSI adalah Dragon Center. Di sini penggunanya bisa memantau performa dan kustomisasi fitur seperti LED RGB termasuk performa dapur pacu laptop.
 
Ada beberapa opsi performa yang bisa dikonfigurasi berdasarkan game atau aplikasi dan jenis kegiatan komputasi. Preset performa yang sudah ada kemudian di akses lewat tombol akses cepat tadi.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Di opsi tertinggi yaitu mode Turbo, MSI GT76 Titan DT 9SG akan memacu performanya termasuk sistem pendinginnya. Saya menemukan bunyi sistem pendinginnya menjadi sangat bising di mode ini. Dalam ruangan kantor yang lega bahkan bunyinya bisa terdengar oleh rekan kerja kami di sudut berbeda.
 
Menariknya, MSI jelas sangat memperhatikan usia dan daya tahan baterainya. Kami menemukan mode Battery Health Options. Ada tiga opsi yang disediakan di mana pengisian baterai bisa berhenti di angka 60 persen sehingga usia baterai bisa awet.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Fitur baterai ini adalah sebuah nilai plus mengingat laptop gaming harus selalu terhubung ke sumber listrik selama digunakan. MSI GT76 Titan DT 9SG juga punya fitur kalibrasi baterai untuk bisa mengetahi kondisi kesehatan baterainya.
 
Beralih ke fitur I/O Port, dua audio jack untuk mikrofon dan headset, dua port USB 3.2 Gen2 Type-C dan empat USB 3.2 Gen2 Type-A. Port video output tersedia DisplayPort dan Thunderbolt 3, Mini DisplayPort, dan HDMI. Tersedia juga sebuah pembaca MicroSD.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Untuk konektivitas LAN masih tersedia pot RJ45 yang didukung fitur KillerAX WiFi,yang artinya sudah bisa mendukung koneksi WiFi6 dan Bluetooth 5.0 sebagai fitur tambahan.
 
Di sisi audionya MSI GT76 Titan DT 9SG punya dua speaker 2W dan woofer 3W yang kualitas audionya kencang dan tajam. Kualitas ini didukung kustomisasi equalizer dari MSI Nahimic yang bisa diakses lewat Dragon Center.

Bagaimana Performanya?

MSI GT76 Titan DT 9SG punya dapur pacu dengan prosesor Intel Core i9-9900K dan RAM 64GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB. Jelas laptop gaming ini adalah sebuah PC gaming. Kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2080 8GB.
 
Kapasitas memori MSI GT76 Titan DT 9SG yang kami jajal mengandalkan HDD 1TB dan M.2 1TB. Di situs resminya, seri ini mendukung satu SATA HDD 2,5 inci dan tersedia tiga slot M.2 SSD NVMe PCIe.
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
SKOR 6550 21845 474 4828

 
Medcom.id menguji kemampuan komputasi MSI GT76 Titan DT 9SG menggunakan tiga software benchmark yaitu PCMark 10, 3DMark dan Cinebench R20. Hasilnya, skor laptop ini jelas tergolong tinggi. Angka yang tinggi juga didapatkan dalam pengujian real-time ray tracing di 3DMark Port Royal yang mencapai skor 6012
 
Kemudian MSI GT76 Titan DT 9SG kami uji untuk bermain tiga game di kualitas grafis Ultra atau tertinggi tapi di resolusi 1920x1080. Resolusi ini dipilih agar bisa memudahkan untuk membandingkan dengan laptop lain yang rata-rata mengusung resolusi tersebut.
 
MSI GT76 Titan DT 9SG tercatat mampu menyajikan frame rate average (rata-rata) saat game dimainkan di angka yang sangat tinggi. Performa ini jelas sangat memuaskan untuk pengalaman bermain game.
 
MSI GT76 Titan, Bertenaga dan Desainnya Mirip PC Gaming
 
Tidak ketinggalan menguji daya tahan baterai dari MSI GT76 Titan DT 9SG. Kami mengaktifkan mode Eco di MSI Dragon Center yang akan mengoptimalkan konsumsi baterai kemudian dijalankan simulasi pengujian baterai dari PCMark 10.
 
Hasilnya memang mengejutkan, MSI GT76 Titan DT 9SG yang seharusnya sangat boros karena dari spesifikasi dan ukurannya, justru bisa bertahan hingga 3 jam 48 menit.
 
Kesimpulan
MSI GT76 Titan DT 9SG sebagai laptop gaming memiliki dapur pacu yang sangat powerful bahkan hampir sejajar PC Gaming. DI satu sisi, konsekuensinya laptop gaming ini hampir mustahil untuk bisa dibawa sehari-hari menggunakan tas punggung kecuali Anda rela menahan rasa sakit akibat bobotnya.
 
Namun, laptop gaming ini memang pas bagi penggunanya yang tidak ingin berkompromoi soal performanya. Setidaknya, Anda akan bisa memiliki PC gaming yang bisa dibawa kemana-mana.
 
Bicara soal harga, tentu saja MSI GT76 Titan DT 9SG tidak dibanderol murah. Dari pantauan Medcom.id di internet, laptop gaming ini di Indonesia dipatok mulai Rp80 juta.
 
SPESIFIKASI MSI GT76 Titan DT 9SG
Prosesor Intel Core i9-9900K
RAM 64GB DDR4
Memori Internal 1TB HDD + 1TB M.2 SSD
Layar 17,3 inci UHD (3840x2160)
GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 8GB
Bobot 4,2kg
Dimensi 397 x 330 x 42mm
Harga mulai dari Rp80 juta
8.8
MSI GT76 Titan DT 9SG
Plus
  • Tampilan mewah
  • Performa sangat powerful
  • Daya tahan baterai memuaskan
Minus
  • Bobot sangat berat dan tebal
  • Harga tinggi, lebih tinggi dari PC gaming di kelasnya

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif