Soundbar Razer Leviathan V2 ditaruh di bawah layar monitor.
Soundbar Razer Leviathan V2 ditaruh di bawah layar monitor.

Review Soundbar

Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone

Cahyandaru Kuncorojati • 27 Juni 2022 07:10
Jakarta: Kapan terakhir kali gamer di platform PC bermain game dengan audio lewat speaker, bukan memakai headphone gaming? Rasanya sudah sangat lama dan selama ini produk headset atau headphone gaming memang punya kualitas yang lebih memuaskan dengan speaker.
 
Namun Razer tampaknya masih ingin memanjakan mereka yang lelah menggunakan headphone berjam-jam dan ingin menikmati kualitas audio yang imersif dan menggelegar, caranya dengan merilis Razer Leviathan V2.
 
Sayangnya Medcom.id belum pernah mencoba versi generasi pertama, makanya di ulasan berikut akan disajikan kesan dan pengalaman pertama menggunakannya soundbar gaming ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soundbar mungkin kurang akrab di telinga gamer, nama tersebut lebih sering dijumpai pada speaker atau sound system bahkan home theater untuk televisi mewah. Namun soundbar mengacu kepada bentuknya.
 
Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone
 
Ya, Razer Leviathan V2 memang lebih cocok disebut sebagai soundbar karena desainnya yang berbentuk persegi panjang. Saat melihat paket penjualannya, di sini tersedia satu aksesori pelengkap yaitu subwoofer berbentuk persegi yang membuatnya memang cocok disebut sebagai speaker.
 
Unit soundbar Razer Leviatahan V2 memiliki panjang 50 cm yang cukup ramping. Razer mengklaim bahwa perangkat ini sengaja dibuat sangat ringkas sehingga muat untuk ditaruh pada posisi di bawah layar PC. 
 
Di sisi kanan gril tertera logo THX Spatial Audio yang menandakan kualitas audionya sementara di bagian atas tepat di area tengah terdapat sejumlah tombol untuk fiturnya. Di sini ada tombol untuk fungsi utama: tombol Source, Bluetooth, Power, dan Volume Control.
 
Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone
 
Tombol Source berfungsi untuk memilih sumber audio, dari PC dan Bluetooth, sekaligus sebagai lampu indikator pairing. Ya, Razer Leviathan bisa terkoneksi tidak hanya PC tapi juga perangkat seperti smartphone dan Nintendo Switch.
 
Tombol Bluetooth berfungsi ketika melakukan proses pairing dengan perangkat baru. Sisanya, fungsi dari tombol Power dan Volume sudah bisa ditebak sendiri. Di bagian belakang ada port Power Adapter, port kabel Type-C to Type-A untuk terhubung ke PC, dan port output subwofer. 
 
Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone
 
Tentu saja dengan menargetkan segmen gaming maka Razer Leviathan V2 harus terlihat memukau. Hal ini tampil lewat lampu LED RGB yang berada di sisi bagian bawah tepat di bawah grill speaker. Efek ini yang membuat suasana bermain game semakin komplit dengan keyboard dan mouse gaming yang juga memiliki efek RGB.
 
Penggunaan Razer Leviathan V2 sangat mudah meskipun tidak semua orang memahami audio dan equalizer di baliknya. Sama seperti produk Razer yang lain, di sini disediakan integrasi ke software Razer Synapse di PC dan Razer Audio untuk mobile.
 
Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone
 
Jadi pengguna Razer Leviathan bisa dengan mudah mengatur equalizer secara manual maupun memilih preset yang sudah ada. Di sini juga tersedia akses untuk mengatur pola pencahayaan RGB termasuk mensinkronisasi dengan perangkat PC gaming yang mendukung Razer Chroma RGB.
 
Review Razer Leviathan V2, Soundbar Buat PC Gamer yang Bosan Pakai Headphone
 
Bicara soal kualitasnya, Razer menawarkan pengalaman audio yang serupa dengan headset gaming terbaik mereka. Razer Leviathan V2 mampu menyajikan audio yang nendang tapi imersif tapi tetap tajam atau detail di frekuensi rendah.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-12900K
Motherboard  MSI MAG Z960 Tomahawk WiFi
RAM  Kingston Fury Beast DDR5 16GB (2x8GB)
VGA  Nvidia GeForce RTX 3070 Ti Reference
Pendingin  Asus ROG Strix LC II 360 ARGB
Storage WD Black SN770 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Logitech MX Master 3
Mousepad Logitech Desk Mat
Keyboard Logitech Keys
Headset Corsair HS70

Kesimpulan
Menurut Medcom.id soundbar Razer Leviathan V2 adalah pilihan terbaik untuk mereka yang ingin bermain game tanpa merasakan headphone yang terus melekat di telinga. Kemampuan multi-device PC maupun Bluetooth membuat perangkat ini memiliki kelebihan dibandingkan speaker biasa.
 
Soundbar Razer Leviathan V2 sudah tersedia di Indonesia dengan banderol harga Rp4.349.000.
 
9
Razer Leviathan V2
Plus
  • Ukuran soundbar sangat ramping
  • Multi-device ke PC dan perangkat lain via Bluetooth
  • Terintegrasi lewat software untuk sinkronisasi RGB
Minus
  • Ukuran subwoofer cukup besar, butuh meja PC cukup lega.

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif