realme C30.
realme C30.

Review Smartphone

Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik

Cahyandaru Kuncorojati • 04 Juli 2022 10:46
Jakarta: realme kembali merilis smartphone terbaru untuk kelas entry-level yang kini punya harga lebih terjangkau lagi yaitu realme C30 yang dibanderol pada kisaran harga Rp1 jutaan. Sebelumnya produk ini dirilis lebih dulu di India.
 
Segmen atau kelas harga yang dibidik masih sangat potensial di Indonesia karena menawarkan pilihan untuk mereka yang ingin upgrade ke smartphone dengan spesifikasi terkini. realme C30 hadir dengan mengusung slogan “HP Sejutaan #PastiStylish”.
 
Slogan ini cukup tepat mengingat smartphone di rentang harga tersebut biasanya enggan bermain di aspek desain atau tampilan luar, fokus kepada spesifikasi dan fitur esensial di harga yang dipasang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ulasan Medcom.id untuk realme C30.
 

Desain dan Layar

realme C30 tampil dengan desain yang tidak biasa untuk mewujudkan slogan yang dibawa. Bodi belakangnya memiliki permukaan vertical stripe sehingga menghadirkan sebuah tekstur yang justru membuat grip atau genggaman tangan semakin mantap.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
realme C30 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Lake Blue, Denim Black, dan Bambo Green. Warna yang terakhir disebut adalah yang digunakan Medcom.id. Sayangnya pemilihan warna ini justru agak membuat logo realme jadi kurang terlihat.
 
realme C30 punya bodi yang sangat ramping atau ultra slim dengan ketebalan hanya 8,5mm dan bobot 182 gram. Kombinasi keduanya membuat smartphone dengan layar 6,5 inci tersebut sangat ringan di genggaman tangan.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Layar realme C30 mengusung resolusi HD+ dengan rasio bodi ke layar 88,7 persen sehingga tepi layar sangat tipis dan terasa lega. Hal ini juga membuat tampilan depan realme C30 tidak seperti smartphone entry-level generasi terdahulu.
 
Kabar baik bagi pengguna smartphone entry-level adalah realme C30 masih menyediakan lubang audiojack atau headset di bagian bawah. Di slot SIM Card tersedia slot untuk dua kartu SIM yang terpisah dari MicroSD sehingga pengguna tetap bisa membawa kartu memori dari smartphone lama.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Tidak sampai sini saja, MicroSD di realme C30 bisa mendukung hingga kapasitas 1TB. Kapasitas tersebut sangat besar sehingga pengguna yang gemar berbagai foto dan video di WhatsApp Group tidak takut memori penuh. realme C30 hanya menyediakan memori internal 32GB.
 

Fitur

realme C30 hadir dengan sistem operasi realme UI R Edition berbasis Android 11. Hal ini memberikan rasa tenang karena smartphone telah mengandalkan sistem operasi terbaru dan bisa mencicipi update fitur aplikasi terbaru ke depannya.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Tampilan dan navigasi antarmuka realme UI R Edition sangat mudah digunakan sehingga menurut kami pengguna baru tidak akan kesulitan beradaptasi dengan cepat. Soal fiturnya, realme C30 menyediakan sistem pemindai wajah untuk keamanan, karena tidak menyediakan fingerprint scanner.
 

Kamera

Smartphone entry-level sekalipun harus tetap mengikuti standar kebutuhan pengguna saat ini. realme C30 menyediakan kamera depan dengan fitur AI dan kemampuan 4x digital zoom. Di sini juga tersedia mode  Night untuk fotografi malam. Di kamera depan tersedia kemampuan 5MP.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Menurut uji coba Medcom.id hasil foto dari kamera realme C30 cukup memuaskan untuk kelas dan harga yang ditawarkan. Pengguna masih bisa mendapatkan foto yang bagus terutama saat kondisi pencahayaan cukup.
 

Performa dan Baterai

realme C30 menggunakan chipset Unisoc T612 yang memiliki fabrikasi 12nm dan diklaim mengantongi skor pengujian AnTuTu Benchmarks mencapai 224.223 poin. Smartphone ini memiliki kapasitas RAM 2GB, sesuai dengan kelas dan harga yang dipasang.
 
Kami melakukan pengujian benchmark menggunakan sejumlah aplikasi dan menurut pengalaman penggunaan Medcom.id sama sekali tidak ada kendala selama penggunaan. Jadi realme C30 menawarkan pengalaman penggunaan yang mulus.
 
Soal kinerja saat bermain game, realme C30 masih bisa diajak bermain PUBG Mobile dengan pengaturan maksimal grafisnya di HD dan frame rate High. Jadi perangkat ini masih bisa diandalkan sebagai media hiburan bermain game.
 
Review realme C30, Harga Rp1 Juta Baterai Awet Desain Menarik
 
Baterai menjadi keunggulan dari realme C30. Di harga yang dipasang, pengguna sudah bisa mendapatkan smartphone dengan baterai 5.000 mAh. Melihat kembali spesifikasi dan baterainya jelas perangkat ini pasti bisa menyediakan daya tahan baterai yang lama.
 
Pengujian menggunakan simulasi dari aplikasi PCMark for Android menunjukan realme C30 bisa bertahan hingga 20 jam 40 menit. Jadi penggunanya bisa melakukan pengisian baterai hanya sekali atau mungkin dua kali saja dalam satu hari.
 
Daya tahan tersebut membuat realme C30 sangat cocok untuk pengguna smartphone yang malas membawa powerbank berat dan kerap lupa mengecas aksesori tersebut.
 
Kesimpulan
Harga realme C30 adalah Rp1.499.000. Menurut kami ia adalah salah satu pilihan smartphone entry-level terbaik untuk upgrade dari feature phone maupun smartphone versi lama. Spesifikasi, fitur, hingga harga yang ditawarkan sangat pas bagi kalangan pengguna ini sehingga seharusnya realme C30 bisa populer di pasar.
 
Sayangnya di paket penjualan tidak disediakan aksesori casing pelindung seperti jelly case yang biasa diberikan sebagai bonus.
 
Spesifikasi  realme C30
Prosesor Unisoc T612
GPU Mali-G57
OS Android 11/realme UI R Edition
RAM  2GB
Memori Internal 32GB + MicroSD 1TB
Kamera Belakang 8MP
Depan 5MP
Baterai 5.000 mAh
Layar  6,5 inci HD+
Harga Rp1.499.000
 
 
9.5
realme C30
Plus
  • Harga terjangkau
  • Ada lubang headset
  • Slot MicroSD terpisah dan kapasitas hingga 1TB
  • Tampilan menarik, bodi ringan
  • Daya tahan baterai panjang
Minus
  • Tidak menyediakan aksesori jelly case dalam paket penjualan.

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif