Mi Desktop Monitor 27 inch
Mi Desktop Monitor 27 inch

Review Monitor

Mi Desktop Monitor 27 inch, Visual Mumpuni Harga Menarik

Teknologi xiaomi hardware review monitor
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2022 17:01
Jakarta: Selain smartphone dan wearable, Xiaomi kini sudah dikenal sebagai produsen perangkat lainnya, seperti monitor.
 
Benar, Xiaomi juga memproduksi monitor dengan kualitas yang layak diperhatikan. Produk monitor berikutnya yang telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Mi Desktop Monitor 27 inch.
 
Mi Desktop Monitor 27 inch menggunakan warna hitam solid berdimensi tipis yang menurut kami punya kesan elegan. Satu hal yang Anda sadari saat mengeluarkan dari kardus dan memasangnya adalah material bodi yang terasa kukuh. Kualitasnya dirasa tak kalah dengan produsen monitor lain yang punya jam terbang lebih lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia sudah menggunakan kaki dan penyangga dari metal, yang tergolong kuat untuk menopang bodi monitor yang punya bentang layar 27 inci.
 
Pemasangan kaki dan penyangga ini sangat simpel, hanya membutuhkan waktu paling lama lima menit. Keduanya tersambung menggunakan baut yang terpisah, berarti ia tak menempel pada salah satu komponen ini.
 
Xiaomi tidak menyertakan obeng praktis dalam paket penjualan, tetapi pengguna tak perlu khawatir karena jenis obeng yang dipakai punya ukuran standar yang bisa Anda beli di manapun.
 
Mi Desktop Monitor 27 inch, Visual Mumpuni Harga Menarik
 
Melanjutkan seri monitor sebelumnya yang telah meluncur, desain kakinya agak memanjang tetapi ramping, sehingga menghemat ruang dan memberikan nilai estetika lebih pada saat dipasang. 
 
Setelah terpasang, Anda bisa melihat posisi sudut pergerakan monitor yang terbatas, yaitu menghadap atas dan bawah. Hal ini masih bisa dianggap wajar karena kelas pasar yang diincarnya.
 
Terlepas dari hal tersebut, Mi Desktop Monitor 27 inch memberikan pengalaman layar yang lega, meskipun monitor belum dinyalakan. Ini terlihat dari sisi depan layar 27 inci dengan kesan luas berkat bezel sangat tipis di ketiga sisinya. 
 
Secara teori, Anda bisa memanfaatkan dua layar tambahan untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif. Untuk antarmuka fisiknya, ia menyediakan pilihan yang tergolong minim. Hanya ada satu port HDMI dan D-Sub, tertanam bersebelahan dengan port power dan tombol menu model joystick pada bodi belakang.
 
Seperti yang sudah dijelaskan singkat, Mi Desktop Monitor 27 inch menggunakan tombol menu model joystick. Menekannya akan mematikan atau menyalakan monitor, sedangkan menu secara lengkap akan muncul dengan menggesernya ke kiri atau kanan.
 
Mi Desktop Monitor 27 inch, Visual Mumpuni Harga Menarik
 
Untuk profil bawaan sudah ada beberapa pilihan, mulai dari mode film sampai gaming. Perlu diingat bahwa mode gaming ini menekankan pada intensitas cahaya, kontras, dan ketajaman warna. Bukan meningkatkan refresh rate. 
 
Sejak awal, monitor ini dirancang untuk keperluan umum atau kantoran, sehingga fitur yang disediakan juga termasuk standar. Selain profil, Anda juga bisa mengatur kecerahan dan kontras warna secara spesifik, tak lupa dengan pilihan untuk mengaktifkan mode eye safe. Demi memastikan kualitasnya, Mi Desktop Monitor 27 inch juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland. 
 
Membicarakan performa, Mi Desktop Monitor 27 inch punya panel IPS mendukung resolusi 1920 x 1080 piksel dan refresh rate maksimal 75Hz. Ia sudah mendukung kebutuhan produktivitas umum dengan sudut pandang hingga 178 derajat dan response time 6ms.
 
Ini berarti ia tidak dirancang untuk keperluan gaming kelas berat. Namun, Anda yang memerlukan monitor dengan fitur yang merata di berbagai aspek, dapat mempertimbangkan monitor ini. 
 
Mi Desktop Monitor 27 inch, Visual Mumpuni Harga Menarik
 
Selama kami menggunakannya, pengalaman visual yang ditawarkan termasuk baik, termasuk untuk bekerja, menonton film, hingga bermain game kasual. Ia juga masih mendukung keperluan edit foto dan video standar.
 
Ini berkat dukungan profil warna 100% sRGB yang sudah menjadi standar monitor saat ini. Anda bisa melihat kualitas visual dengan ketajaman warna yang tepat.
 
Sekali lagi perlu kami ingatkan bahwa ia tidak cocok untuk keperluan spesifik, seperti pekerjaan yang memerlukan monitor dengan akurasi warna tinggi. Untuk beberapa pengguna, detail warna yang diinginkan mungkin tidak sama, sehingga perlu dilakukan kalibrasi lewat menu. 
 
Kesimpulan
Di Indonesia, Mi Desktop Monitor 27 inch punya harga Rp2.499.000. Desain fisik elegan dan fitur yang ditawarkan membuatnya sebagai salah satu monitor dengan penawaran harga terbaik di kelasnya. Satu satunya kekurangan yang terasa adalah pilihan konektivitas yang sangat minim. 
 
Di sisi lain, ia punya cara pemasangan yang mudah, tak lupa dengan bodi elegan dan ramping, serta telah menyediakan fitur standar untuk keperluan produktivitas umum. Ia pun masih cocok untuk mereka yang ingin bermain game kasual. 
 
 
9
Mi Desktop Monitor 27 inch
Plus
  • Bodi ramping desain elegan
  • Bezel tipis 
  • Visual mumpuni
  • Harga menarik
Minus
  • Tak ada obeng mini bawaan

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif