OMRON HEM-7156T
OMRON HEM-7156T

Review Gadget

Omron HEM-7156T, Bisa Ukur Tekanan Darah di Rumah

Lufthi Anggraeni • 03 Desember 2022 06:10
Jakarta: Bagi masyarakat yang bekerja di bidang kesehatan atau beraktivitas di lingkungan yang bersinggungan dengan ranah kesehatan, nama Omron mungkin tidak asing, sebab perusahaan ini telah lama malang melintang di industri kesehatan.
 
Salah satu produk Omron yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah alat pengukur tekanan darah atau tensimeter. Namun di masa teknologi belum secanggih saat ini, alat tersebut hanya berfungsi untuk mengukur tekanan darah tanpa dukungan fitur terkait teknologi tertentu.
 
Di Indonesia, Omron telah merilis sejumlah perangkat terbaru, salah satunya adalah HEM-7156T, alat pengukur tekanan darah yang telah dilengkapi kemampuan untuk terhubung ke fitur Omron Connect.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, pengguna dapat mengirimkan data tekanan darah secara langsung ke ponsel penyimpan aplikasi tersebut via Bluetooth.  Berikut ulasan kami terkait dengan Omron HEM-7156T ini.
 
Soal desain, OMRON HEM-7156T hadir dengan bentuk serupa kubus ringkas, dengan salah satu sisi didukung sudut curam. Perangkat ini terbuat dari material plastik keras, sehingga bobot yang diusungnya tergolong ringan, sehingga lebih memudahkan saat melakukan pengukuran tensi secara mandiri.
 
Omron HEM-7156T, Bisa Ukur Tekanan Darah di Rumah
 
Selain itu, bagian dengan sudut curam merupakan pusat dari tampilan antar muka produk ini. Bagian tersebut didominasi layar LCD Monokrom, serta sejumlah tombol di antaranya tombol Start/Stop, tombol navigasi menu, tombol Memory, serta tombol Bluetooth di sisi paling sisi, merupakan ciri khas Omron seri HEM 7156T.
 
Sebagai informasi, tombol ini akan menjadi cara kamu untuk mengaktifkan Bluetooth dan menghubungkan HEM-7156T ke fitur OMRON Connect ke smartphone. Sementara itu, layaknya tensimeter lain, Omron HEM-7156T juga hadir dengan manset yang dipasangkan ke lengan dan disambungkan ke tensimeter melalui selang plastik.
 
Pada manset ini terdapat panduan singkat untuk memasang mansetnya dengan benar di lengan. Bagian dalam manset ini menggunakan material agak keras namun lentur, sehingga dapat dipasangkan di lengan dengan mudah.
 
Selain itu, Omron juga mendukung manset ini dengan mekanisme velcro di bagian ujungnya, ditujukan untuk membantu pengguna mengencangkan manset. Agar dapat bekerja, OMRON HEM-7156T memerlukan tenaga dari empat buah baterai AA, namun juga dapat didayai dengan menggunakan adaptor 6V dengan konektor yang kompatibel.
 
Omron HEM-7156T, Bisa Ukur Tekanan Darah di Rumah
 
Sementara itu untuk menghubungkan perangkat ke smartphone, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone terlebih dahulu dan menyelesaikan pengaturan awal ditampilkan di layar, salah satunya memasukan akun Omron Connect.
 
Kemudian, tekan tombol berikon Bluetooth pada perangkat dan pilih menu Device yang dapat ditemukan pada menu dengan ikon tiga garis tersusun vertikal di sudut kiri atas layar aplikasi. Pada menu tersebut, akan muncul perangkat yang terdeteksi dan pengguna hanya perlu memilih perangkat yang ingin dihubungkan dan menekan opsi pair yang muncul di layar smartphone.
 
Pengguna kemudian dapat menekan tombol Start / Stop pada perangkat pengukur, dan setelah melilitkan bagian pengukur tiga jari di atas siku. Alat akan secara langsung bekerja dan hasil pengukuran akan secara otomatis tertera di halaman awal aplikasi Omron Connect.
 
Proses ini berjalan cukup cepat yang mana hanya memakan waktu kurang dari 1 menit. Pada layar tensimeter akan ditampilkan skor systolic, diastolic, dan jumlah detak jantung yang telah dideteksi. Perangkat ini bisa langsung memberitahukan jika salah satu nilainya melebihi batas wajar.
 
Omron HEM-7156T, Bisa Ukur Tekanan Darah di Rumah
 
Hasil pengukuran dari perangkat ini akan tersimpan di fitur Blood Pressure Diary (BPD), diklaim Omron dapat menjadi acuan saat pengguna memeriksakan kesehatan ke dokter atau rumah sakit. Berdasarkan saran WHO, memeriksa tekanan darah menjadi salah satu cara untuk memantau kondisi kesehatan jantung.
 
Perlu dicatat, OMRON menghimbau agar tidak melakukan makan, minum kopi atau alkohol, merokok, mandi, atau berolahraga sebelum melakukan pengecekan agar tidak mempengaruhi hasil tensimeter.
 
Sementara itu, pada aplikasi Omron Connect, kamu bisa melihat grafik pencatatan tekanan darah sehari-hari dan waktu tekanan darah abnormal. Untuk pengguna yang perlu rutin mengkonsumsi obat atau mengecek tekanan darah, Omron Connect menyediakan fitur BP Calendar, memungkinkan pengguna mengecek tekanan darah di waktu tertentu di pagi dan malam hari.
 
Agar menjaga dan mengukur tekanan darah lebih menyenangkan, Omron mengimplementasikan fitur gamifikasi di aplikasi Omron Connect, sehingga pengguna akan mendapatkan HealthCoins dan tiket yang bisa digunakan untuk mendapatkan hadiah seperti voucher belanja, jika aktif mengukur tekanan darah.
 
Kesimpulan
OMRON HEM-7156T dapat membantu kamu untuk mengukur kesehatan secara berkala dengan lebih mudah dan cepat, sebab mudah digunakan, serta dilengkapi pencatatan data kesehatan yang rapi tersimpan dalam smartphone, dan mudah dibawa kemana-mana, dengan nilai akurasi yang tinggi dan memenuhi standar peralatan medis.
 
Saat ini OMRON HEM-7156T dijual dengan harga Rp790.000 dan terdapat juga paket bundling dengan adapter seharga Rp957.700.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif