ASUS ROG Swift PG258Q.
ASUS ROG Swift PG258Q.

ASUS ROG Swift PG258Q, Manjakan Mata di Ukuran 24 Inci

Teknologi asus hardware review monitor
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Februari 2019 15:30
Jakarta: Monitor gaming menjadi salah satu faktor penting dari kualitas visual yang memanjakan mata gamer. Produk ini hadir berloma-lomba menawarkan spesifikasi kualitas visual terbaik dengan harga yang juga sesuai yang ditawarkan.
 
ASUS lewat Republic of Gamers (ROG) kembali merilis produk monitor gaming terbaru, ASUS ROG Swift PG258Q yang dari depan mungkin terlihat biasa saja. Produk ini dihiasi ornamen geometris khas yang biasa ditemukan pada jajaran produk ASUS ROG.
 
Bagian belakangnya diberi sentuhan warna emas yang melingkar dan logo ASUS ROG. Sepintas mungkin bingung melihat letak I/O port di monitor ini padahal letaknya berada di sisi kanan bawah punggung monitor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini disebabkan ASUS ROG Swift PG258Q menyediakan cover yang bisa menutupi area I/O port dengan lubang kecil untuk jalur kabel. Tujuannya adalah menjaga estetika bagian belakang monitor ini.
 
Ada apa saja di I/O Port? Tersedia masing-masing satu port untuk DisplayPort dan HDMI. Kemudian tersedia juga tiga port USB untuk kebutuhan seperti menghubungkan perangkat periferal seperti keyboard dan mouse gaming serta mousepad yang dilengkapi LED RGB, sehingga membutuhkan sambungan USB sebagai pasokan daya.
 

 
Kami menemukan ASUS ROG Swift PG258Q tidak memiliki speaker internal seperti monitor gaming lainnya. ASUS tampaknya cukup mengerti kebiasaan gamer bahwa mereka lebih nyaman bermain game sambil menggunakan headset gaming.
 
ASUS ROG Swift PG258Q menyediakan port earphone jack. Sebelum menggunakan sebuah monitor selalu diawali dengan proses merakit bagian antara panel monitor dengan kaki penyangga. Beruntung, kaki penyangganya didesain tidak terlalu lebar dan panjang tapi kokoh jadi tidak memakan banyak ruang.
 
Medcom.id menemukan proses ini tidak sulit. Di bagian tulang penyangga monitor akan terdapat sebuah LED yang bisa menampilkan logo ASUS ROG saat menyala.
 

 
ASUS ROG Swift PG258Q menyertakan tiga buah penutup akrilik yang bisa dikustomisasi dan dipasang menggantikan tampilan LED ASUS ROG yang menyala tadi. Sayangnya lampu LED yang digunakan bukan LED RGB jadi hanya menampilkan warna merah saja.
 
Di sisi kanan bawah punggung monitor tersedia joystick serta empat tombol fungsi untuk mengakses fitur atau opsi menu OSD di ASUS ROG Swift PG258Q. ASUS ROG Swift PG258Q menggunakan panel dengan jenis backlight TN ukuran 24,5 inci dengan bezel yang masih tergolong tipis.
 
Engsel penyangga monitor ini sangat fleksibel. Layar monitor ini bisa berputar ke kanan dan ke kiri, serta menghadap ke atas mau ke bawah termasuk diatur ketinggian layarnya. Satu hal yang cukup menyenangkan adalah rentang waktu dari monitor ini dinyalakan dan gambar muncul serta siap digunakan sangat singkat.
 
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Dalam beberapa skenario penggunaan Medcom.id menilai kualitas warnanya cukup memanjakan mata. Untuk penggunaan biasa seperti untuk bekerja, ASUS ROG Swift PG258Q memiliki fitur kustomisasi tingkat Blue Light Filter dan Adaptive Contrast Control yang membuat mata pengguna lebih nyaman dalam penggunaan durasi panjang.
 
Sebagai monitor gaming, ASUS ROG Swift PG258Q telah memenuhi syarat canggih. Pertama, monitor ini mendukung fitur NVIDIA G-Sync untuk menyamakan kualitas framerate monitor dan kartu grafis, sehingga tidak terjadi stuttering serta screen tearing.
 
ASUS ROG Swift PG258Q juga masih patut diacungi jempol karena memiliki native refresh rate tertinggi yaitu 240Hz dan response time 1ms.
 
Perpaduan G-Sync dan refresh rate tinggi menurut kami adalah perpaduan sempurna yang bisa ditemukan pada monitor gaming. Meskipun begitu, masih ada sedikit kekurangan, resolusinya terbatas untuk 1920x1080 saja.
 

 
ASUS ROG Swift PG258Q juga tampil seperti monitor gaming premium di pasar dengan menyediakan opsi kualitas gambar sesuai jenis konten visual yang ditampilkan. Fitur ini bernama ASUS GameVisual yang bisa diakses langsung dari tombol dibalik layar.
 
ASUS GameVisual menyediakan enam preset konfigurasi kualitas visual sesuai kebutuhan. Mulai dari FPS, RTS/RPG, Racing, Cinema, Scenery, dan sRGB. Satu lagi fitur yang bisa diakses dari tombol OSD adalah ASUS GamePlus.
 
ASUS GamePlus memiliki beberapa opsi fitur. Pertama menampilkan crosshair yang bisa membantu gamer membidik di dalam game FPS. Tersedia fitur timer yang disebut ASUS untuk mengejar target.
 

 
Kemudian tersedia juga FPS Counter yang menampilkan jumlah frame per second sebuah game yang berjalan untuk enthusiast yang ingin mengetahui performa PC mereka/ Fitur terakhir yaitu Display Alignment yang memberikan garis panduan di tiap sisi monitor untuk memudahkan proses penggunaan lebih dari satu monitor.
 
Kesimpulan
Medcom.id menilai ASUS ROG Swift PG258Q yang tampil dengan ukuran di kelas 24 inci tetap pantas untuk dilirik meskipun belum mengusung layar lengkung. Medcom.id menemukan banyak nilai plus dari produk ini.
 
Mulai dari proses pemasangan yang mudah dan estetika bagian belakangnya. Kaki penyangga yang tidak memakan banyak ruang serta hiasan LED yang bisa menampilkan logo ASUS ROG dan kustomisasi lain.
 
Di sisi performanya kualitas visual seperti warna dan tingkat akurasinya ASUS ROG Swift PG258Q juga tergolong memuaskan. Kualitas refresh rate yang sangat tinggi dan dukungan NVIDIA G-Sync pantas bagi pengguna yang ingin kualitas grafis paling maksimal.
 
Namun disayangkan kualitas resolusinya harus puas di 1920x1080. Di sisi fitur OSD, ASUS ROG Swift PG258Q memiliki ASUS GameVisual dan GamePlus yang membuatnya pantas disebut monitor gaming terbaik di pasar untuk ukuran 24 inci.
 
ASUS ROG Swift PG258Q dibanderol di kisaran harga Rp10,7 juta. Harga ini memang tinggi untuk sebuah monitor gaming di kelas 24 inci namun melihat kualitas dan fitur yang ditawarkan maka sah saja.
ASUS ROG Swift PG258Q
Plus
  • Proses pemasangan mudah
  • Desain menarik dan ukuran kaki tidak memakan ruang
  • Memiliki I/O Port lengkap
  • Performa memuaskan, refresh rate tertinggi
Minus
  • Harga
  • Belum mengusung layarlengkung


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi