Asus ROG Flow X13 tersambung dengan ROG XG Mobile.
Asus ROG Flow X13 tersambung dengan ROG XG Mobile.

Review Laptop

Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible

Cahyandaru Kuncorojati • 20 Desember 2021 09:17
Jakarta: Saat berbicara soal laptop gaming harus Medcom.id akui bahwa merek Asus ROG memang sejauh ini adalah yang paling inovatif. Kami belum lupa saat mereka mengumumkan Asus ROG Mothership, sebuah laptop gaming yang bisa digunakan seperti PC.
 
Kini Asus resmi memasarkan laptop gaming inovatif terbarunya yaitu Asus ROG FLow X13. Di sini disajikan sebuah laptop convertible yang layarnya bisa berputar 360 derajat dan identik lewat desain tipis dan ringan namun punya performa untuk gaming.
 
Bodi tipis dan ringan memang diakui membatasi spesifikasi namun Asus ROG Flow X13 mendukung GPU tambahan lewat perangkat ROG XG Mobile yang berisi Nvidia GeForce RTX 3080 maupun RTX 3070.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, Medcom.id harus menjajal laptop gaming inovatif ini tanpa perangkat ROg XG Mobile. Namun kondisi tersebut tetap meninggalkan kesan mengagumkan. Berikut pengalaman kami menggunakan Asus ROG Flow X13.
 

Desain

Soal desainnya mungkin sudah sempat disebutkan di atas bahwa Asus ROG Flow X13 sejatinya adalah laptop convertible. Jadi engsel layarnya bisa berputar 360 derajat, laptop bisa digunakan dalam mode tent hingga tablet. Layarnya tentunya mendukung fitur touchscreen maupun stylus.
 
Asus ROG Flow X13 yang kami jajal tampil dengan warna luar hitam yang elegan sekaligus low profile. Laptop ini punya ketebalan hanya 1,58 cm dengan bobot 1,3kg. Desain tersebut ditambah dengan performanya yang akan dibahas nanti sempat membuat saya meninggalkan Asus ROG Zephyrus G14 yang jadi pendamping sehari-hari.
 
Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible
 
Bodinya yang tipis membuat Asus ROG Flow X13 harus menaruh tombol Power di sisi sebelah kanan bodinya. Hal ini menurut saya bukan masalah karena jadi lebih ergonomis saat laptop digunakan dalam mode tablet. Tombol tersebut masih tetap memiliki fungsi ganda sebagai sensor pemindai sidik jari.
 
Di bagian layarnya ada layar sentuh berukuran 13 inci dengan aspect ratio 16:10 sehingga tetap terasa lega di ukuran 13,4 inci. Layar Asus ROG Flow X13 juga dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga lebih tahan goresan. 
 
Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible
 
Bagi pengguna profesional di bidang kreatif, layar ini sudah mendukung color space sRGB 100 persen dan Pantone Validated Display. sementara untuk gamer di sini ada refresh rate 120Hz response time 3ms. Kabar baiknya, laptop ini masih memiliki webcam spesifikasi 720p HD.
 

Fitur

Jumlah port konektivitas di Asus ROG Flow X13 juga masih sangat lengkap. Di sini ada port USB 3.2 Gen2 Type-A dan dua buah Type-C yang punya fitur Power Delivery dan Display Port dan HDMI.
 
Meskipun tipis namun Asus ROG Flow X13 tidak dirancang sebagai laptop convertible biasa. Performanya yang diklaim sekelas laptop gaming didukung sistem pendingin khusus. Di sini ada dua buah kipas dengan tiga ventilasi udara dengan desain bernama Arc Flow Fan.
 
Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible
 
Fitur sel-cleaning fan yang dijumpai pada laptop gaming Asus ROG juga dirancang di dalamnya. Hal ini membuat Asus ROG Flow X13 tetap punya performa sekelas laptop gaming paling mumpuni.
 
Di sini masih tersedia tombol shortcut untuk multimedia seperti volume up/down, microphone on/mute, dan akses ke Armoury Crate. Di dalamnya juga tersedia pengaturan performa dari Asus ROG Flow X13.
 
Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible
 
Keamanan akses laptop dilengkapi dengan pemindai sidik jari serta fitur Windows Hello lewat webcam yang tersedia. Sayangnya bagi fotografer atau videografer yang terbiasa memindahkan foto menggunakan SD Card akan sedikit kesulitan disebabkan tidak adanya SD Card reader. Pada konektivitas nirkabel sudah ada dukungan koneksi WiFi 6 dan Bluetooth 5.1 Dual Band.
 

Performa dan Baterai

Asus ROG Flow X13 yang Medcom.id uji menggunakan varian prosesor AMD Ryzen 9 5980HS. Di sini terpasang RAM LPDDR4X kapasitas 32GB (2x16GB) dilengkapi kapasitas storage 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. 
 
Spesifikasi tersebut memang terlewat powerful untuk sebuah laptop convertible. Di kemampuan GPU, kami menguji versi yang menggunakan Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q. Hal ini memang tidak terlalu istimewa namun masih mampu mendukung performa di game terkini selama tidak dipaksa rata kanan alias ultra.
 
Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark dari UL Benchmarks dengan pengaturan performa di preset Turbo pada Armoury Crate. Hasil skor pengujian menunjukan bahwa Asus ROG Flow X13 tanpa dukungan XG Mobile tetap menyediakan performa yang mumpuni.
 
PENGUJIAN: PCMark 10
Modern Office
3DMark
Fire Strike
Cinebench R23
multi/single
SKOR: 5764 7641 9504/1444

Di pengujian selanjutnya kamu melakukan uji coba melakukan benchmark in-game menggunakan Horizon Zero Dawn di grafis tingkat Original70 sementara Far Cry 6 di High. Tidak ketinggalan performa laptop dipasang pada mode Turbo lewat Armoury Crate. 
 
Hasilnya Asus ROG Flow X13 dengan spesifikasi yang disebutkan di atas dan tanpa ROG XG Mobile tetap mampu menyajikan frame rate average atau rata-rata di kisaran lebih dari 30fps.
 
Review Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Desain Convertible
 
Soal daya tahan baterainya, kami menonaktifkan penggunaan kartu grafis diskrit lewat Nvidia Control Panel sehingga mengandalkan iGPU yaitu AMD Radeon. Pengujian daya tahan baterai dilakukan menggunakan mode Modern Office di PCMark 10. 
 
Di sini performa dipasang ke mode Silent lewat Armoury Crate namun tidak mengganti daya tahan baterai ke Best Battery Life. Hasil pengujian memperoleh bahwa Asus ROG Flow X13 bisa bertahan hingga tiga jam lima menit. Apabila baterai diaktifkan ke mode Best Battery Life kemungkinan daya tahannya bisa lebih lama lagi.
 

Kesimpulan
Menurut Medcom.id Asus ROG Flow X13 menawarkan pilihan bagi konsumen yang menginginkan laptop gaming namun bisa benar-benar mendukung gaya bekerja mobile. Di sini diperlihatkan bahwa tanpa ROG XG Mobile performanya tetap mumpuni.
 
Bagi mereka yang ingin memaksimalkan performa gaming laptop ini tentu saja penggunaan ROG XG Mobile sangat disarankan karena menyediakan dukungan Nvidia GeForce RTX 3070 maupun RTX 3080.
 
SPESIFIKASI Asus ROG Flow X13
Prosesor AMd Ryzen 9 5980HS
RAM 32GB (2x16GB) LPDDR4X
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Layar 13,4 inci WUXGA (1920x1200) 100% sRGB Pantone, Touchscreen,
Refresh Rate 120Hz
GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q
Bobot 1,3 kg
Dimensi 29,9 x 22,2 x 1,58cm
Harga Rp60.999.000 bundling ROG XG Mobile Nvidia GeForce RTX 3080
 
9.9
Asus ROG Flow X13
Plus
  • Desain convertible, bisa jadi tablet
  • Performa mumpuni untuk mobile maupun gaming
Minus
  • Harga cukup tinggi
  • Tidak ada SD Card reader

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif