Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK).
Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK).

Intel NUC 8 Chaco Canyon, Modal Bikin PC Terjangkau

Teknologi hardware intel review prosesor
Cahyandaru Kuncorojati • 20 Desember 2019 16:09
Jakarta: Bicara soal PC tidak melulu soal PC gaming yang dibanderol mahal. PC dengan kemampuan yang mencukupi untuk komputasi tetap jadi modal penting bagi pengguna yang membutuhkannya tapi dengan bujet terbatas.
 
Intel sejak lama sudah menargetkan kalangan konsumen ini dengan menawarkan produk Next Unit of Computing atau yang disingkat NUC. Bagi yang belum pernah melihatnya, Intel NUC punya ukuran perangkat yang sangat kecil dan befungsi sebagai desktop.
 
Pengguna hanya perlu menghubungkan NUC ke monitor serta periferal lainnya sehingga bisa menjadi sebuah PC lengkap seperti yang biasa digunakan. Beberapa waktu lalu meja redaksi kanal Teknologi Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu produk Intel NUC terbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intel NUC 8 Chaco Canyon atau NUC8CCHK diperkenalkan Intel sebagai NUC dengan spesifikasi kelas low-end. NUC 8 Chaco Canyon berbeda dari saudaranya Skull Canyon dan Hades Canyon yang mendukung untuk pengalaman bermain game terkini.
 
Intel NUC 8 Chaco Canyon, Modal Bikin PC Terjangkau
 
Intel NUC 8 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) memiliki form factor yang ringkas dengan bobot ringan. Dimensi perangkat ini hanya berukuran 6,1 x 4,3 x 1,3 inci. Di situs resmi Intel disebutkan bahwa perangkat NUC ini mengusung model rugged yang bodinya termasuk kuat.
 
Build quality Intel NUC 8 Chaco Canyon sangat bagus. Ukurannya yang termasuk sangat ringkas disebabkan NUC ini hadir dengan desain fanless alias tanpa kipas. Jadi tidak akan ada suara bising yang dihasilkan, serta konsumsi dayanya akan sangat rendah.
 
Intel NUC 8 Chaco Canyon, Modal Bikin PC Terjangkau
 
Di bagian depannya terdapat tombol Power, satu port USB 3.0 dan sebuah slot yang bisa menyediakan panel ekspansi I/O port apabila di yang disediakan di bagian belakang tidak cukup. Di salah satu sisinya terdapat port Kensingtong Lock untuk kunci pengaman.
 
Beralih ke bagian belakang, tersedia dua buah port USB 2.0 dan satu USB 3.0. Sayangnya untuk kebutuhan video output tersedia dua port HDMI. Pengguna dengan monitor yang masih mengandalkan DisplayPort harus menyiapkan kabel HDMI.
 
Intel NUC 8 Chaco Canyon, Modal Bikin PC Terjangkau
 
Untuk konektivitasnya tersedia port LAN Gigabit Ethernet. Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) menyediakan koneksi WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetoot 4.2. Tidak ketinggalan masih ada audio jack untuk audio.
 
Melihat I/O Port yang tersedia, perangkat ini sudah menyediakan cukup fitur yang dibutuhakan untuk bisa memiliki PC komplit, terkecuali fitur optical disk drive yang kini sudah jarang digunakan.
 
Bagaimana Performanya?
Dapur pacu Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) bertenaga prosesor Intel Celeron N33500 dual-core keluarga Apollo Lake. Prosesor jenis ini memang digunakan pada perangkat dengan kegiatan komputasi rendah. Frekuensi prosesornya berada di angka 1,10GHz untuk base clock dan 2,4Ghz saat boost clock.
 
Penggunaan prosesor di kelas low-end hadir dengan TDP yang sangat rendah, sekitar 6W. Jadi konsumsi dayanya sangat rendah dengan suhu panas yang tidak tinggi, wajar apabila desainnya bisa dibuat fanless alias tanpa kipas.
 
Saat menjalankan aplikasi benchmark, Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) hanya menghasilkan suhu panas yang tergolong masih biasa atau batas wajar. Kartu grafisnya menggunakan jenis integrated dari Intel HD Graphics 500.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Di bagian RAM disediakan kapasitas 4GB dengan memori penyimpanan data berbasis eMMC kapasitas 64GB. Menurut informasi beberapa sumber yang membedah bagian dalam Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) dilaporkan bahwa RAM dan memori tersebut terpasang dengan model soldered.
 
Namun penggunanya diklaim masih bisa menambahkan M.2 PCIe NVMe atau SATA SSD dengan menggunakan slot M.2 2280 Key-M. Medcom.id sempat menjajal untuk kebutuhan komputas sehari-hari mulai dari pengolahan dokumen maupun spreadsheet dan browsing.
 
Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) kami gunakan dengan terhubung ke beberapa periferal yang dimiliki testbed Medcom.id Perangkat ini bisa berjalan tanpa tersendat. Di pengujian menggunakan PCMark 10 Office, perangkat yang berbekal prosesor Intel Celeron ini mengantongi skor 1.122 poin.
 
Kesimpulan
Melihat I/O Port yang disediakan sebenarnya Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) sudah sangat cukup untuk menjadi model memiliki PC untuk kegiatan komputasi sederhana. Absennya DisplayPort memang akan sedikit merepotkan pengguna yang monitornya belum beralih ke HDMI.
 
Di sisi spesifikasi Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) sudah cukup mumpuni untuk kondisi penggunaan yang disebutkan sebelumnya. Sedikit kekurangan mungkin ada di kapasitas penyimpanan datanya yang mungkin tidak semua orang sudah terbiasa membeli M.2 SSD.
 
Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK) sudah tersedia di Indonesia via Synnex Metrodata, dengan banderol harga mulai dari Rp3 juta. Ditambah dengan beberapa periferal yang dibutuhkan maka pengguna sudah bisa memiliki PC yang memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.
Intel NUC 8 Chaco Canyon (NUC8CCHK)
Plus
  • Form factor ringkas
  • I/O Port mencukupi
  • Performa memenuhi kebutuhan komputasi ringan
  • Harga cukup terjangkau
Minus
  • Tidak menyediakan DisplayPort
  • Keterbatasan upgrade

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif