HP Spectre x360 13 2018.
HP Spectre x360 13 2018.

HP Spectre x360 13, Spesial dan Unik

Teknologi hp review gadget
Lufthi Anggraeni • 23 Maret 2019 19:23
Jakarta: HP menegaskan akan lebih terfokus pada perangkat komputasi mobile kelas premium pada tahun ini. Hal ini dibuktikannya dengan menghadirkan sejumlah produk terbaru di lini premiumnya, termasuk Spectre x360 13 2018.
 
Perangkat kelas premium ini hadir dengan desain unik, menjadi wujud eksperimen HP yang membantunya menjadi salah satu perangkat di daftar perangkat komputasi mobile pilihan konsumen profesional.
 
Selain desain unik, laptop berdimensi tipis turut menjadi salah satu tuntutan yang diberikan oleh konsumen, terutama profesional dengan tingkat mobilitas tinggi. Namun, apakah hanya soal desain yang menjadi keunggulan laptop HP Spectre terbaru ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Hadir dengan dimensi layar berukuran 13 inci, perangkat ini tergolong kecil sehingga memudahkan untuk dibawa serta dalam perjalanan. Untuk desain secara keseluruhan, tidak hanya perubahan yang didapati pada Spectre x360 ini jika dibandingkan dengan pendahulunya.
 
Laptop ini masih hadir dengan desain konvertibel 2-in-1 dan engsel yang memungkinkannya ditekuk hingga 360 derajat, sehingga perangkat ini juga dapat digunakan serupa tablet. Anda juga akan mendapat layar sentuh pada laptop ini, serupa pendahulunya.
 
Sementara itu, bezel sisi layar Spectre x360 13 2018 ini juga tampil lebih tipis, menghadirkan kesan bahwa layar lebih luas. Meskipun demikian, laptop ini hadir dengan bezel berbahan mengkilat yang masih tergolong tebal di bagian atas dan bawah.
 
HP Spectre x360 13, Spesial dan Unik
 
Pada bezel tebal di bagian atas, Anda dapat menemukan kamera yang kompatibel dengan sistem autentikasi via wajah milik Microsoft, Windows Hello. Sedangkan di bezel bagian bawah, Anda dapat menemukan logo HP.
 
Sementara itu, hadir sebagai perangkat premium untuk konsumen profesional, HP Spectre x360 13 2018 ini hadir dengan desain bergaya berkat warna gelap tidak mengkilat dan hiasan berwarna emas di bagian sisi.
 
Namun, tidak berbahan mengkilat, bodi HP Spectre x360 13 2018 cenderung mudah menangkap noda akibat minyak yang dihasilkan jari, sehingga sedikit mengurangi keindahannya.
 
Desain unik juga dihadirkan oleh bentuk yang disebut HP sebagai Gem Cut di sudut sisi penghubung antara layar serta bodi dan keyboard. Keunikan lain turut dihadirkan HP Spectre x360 13 2018 ini pada lokasi penempatan tombol daya.
 
HP Spectre x360 13, Spesial dan Unik
 
Laptop lain umumnya menyematkan tombol daya di sisi kanan atau kiri perangkat, ataupun di bagian atas keyboard. Pada Spectre x360 13 ini, HP menyematkan tombol daya pada salah satu potongan berlian, tepatnya di kiri bagian bodi dan keyboard laptop.
 
Menarik, namun letak tombol daya ini mungkin akan mengecoh Anda yang pertama kali menggunakan laptop ini, sehingga membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan lokasinya. Sementara di bagian potongan berlian sebelah kanan Anda akan dapat menemukan port USB-C, mendampingi USB-C kedua di bagian sisi kanan perangkat.
 
HP Spectre x360 13, Spesial dan Unik
 
Diklaim untuk mencegah kabel charger mengganggu proses perubahan mode laptop menjadi tablet atau mode tenda, nyatanya tidak demikian saat kami mencobanya. Namun lagi-lagi, hal ini tergantung pada kebiasaan penggunaan.
 
Sementara itu di sisi bodi sebelah kanan, selain port USB-C kedua, Anda juga akan menemukan jack headphone 3,5 mm dan slot microSD, serta tuas untuk mengaktifkan atau mengunci fitur kamera. Sedangkan di sisi bodi sebelah kiri, terdapat port USB-A versi standar.
 
Berkemampuan hadir sebagai tablet, kenyataannya perangkat ini masih tergolong berat untuk digunakan sebagai tablet dengan metode penggunaan digenggam. Untuk dapat menggunakan perangkat dalam mode ini dengan nyaman, sebaiknya Anda meletakannya di atas permukaan datar dan halus.
 
HP Spectre x360 13, Spesial dan Unik
 

Performa & Fitur

Didukung chipset prosesor Intel Core i7-8565U 1,8GHz dan RAM 16GB, HP Spectre x360 13 2018 ini mampu menyuguhkan performa baik, yang terasa saat digunakan untuk aktivitas komputasi harian, seperti menjelajah internet dan membuka aplikasi Office dan software produktivitas lainnya.
 
Tidak hanya saat digunakan dalam aktivitas harian, performa baik yang disuguhkan HP Spectre x360 13 2018 ini juga ditampilkan pada hasil pengujian dengan menggunakan sejumlah aplikasi benchmark.
Pengujian PCMark 10 3DMark Cloud Gate
Skor 3.421 7.725

Meskipun demikian, bukan berarti laptop ini mampu untuk menangani aktivitas lebih berat seperti gaming atau edit video. Berbekal kartu grafis terintegrasi, sayangnya kartu grafis tersebut bukanlah versi diskrit seperti produk karya NVIDIA.
 
Tidak hanya performa terkait dapur pacu, performa cukup baik juga dihadirkan oleh keyboard yang diusung oleh perangkat ini. Keyboard HP Spectre x360 13 2018 ini tergolong empuk sehingga menjaga kenyamanan jari saat digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu lama.
 
Selain itu, ukuran tombol yang cukup besar serta jarak yang pas membantu meminimalisir kesalahan pengetikan atau typo. Namun, usungan layout keyboard ala Amerika Serikat dengan penambahan tombol untuk fungsi Home, Page Up, Page Down, dan End, mungkin akan mengecoh Anda pada saat pertama kali menggunakannya.
 
Keyboard HP Spectre x360 13 2018 ini juga sudah dilengkapi dengan pencahayaan atau backlight, memudahkan Anda mengetik di lokasi dengan kondisi pencahayaan redup.Selain itu, HP turut membekali bagian dalam bodi laptop ini dengan touchpad berukuran cukup besar.
 
Touchpad tersebut mampu menghadirkan keleluasaan dalam menavigasikan kursor via bagian ini. Sayangnya, pada kondisi jari lembab, touchpad HP Spectre x360 13 2018 ini menjadi sedikit kurang responsif.
 
Untuk fitur, HP melengkapi Spectre x360 13 2018 dengan sensor pemindai sidik jari, berbentuk persegi yang dapat ditemukan di sebelah kanan touchpad, tepat di bawah tombol navigasi ke arah bawah.
 
Sensor sidik jari memungkinkan Anda untuk membuka kunci laptop tanpa perlu untuk mengetikkan password atau PIN. Sebagai gantinya, Anda cukup meletakkan jari pada sensor pemindai sidik jari ini.
 
Sementara itu saat diuji dengan PC Mark untuk baterai, HP Spectre x360 13 2018 mampu bertahan selama 4 jam. Mengingat benchmark baterai ini merupakan simulasi untuk menggunakan laptop tanpa henti, baterai akan mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama pada penggunaan keseharian.
 
Selama digunakan dalam mendukung aktivitas sehari-hari, HP Spectre x360 13 2018 mampu bertahan dalam kurun waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Daya tahan ini cukup memuaskan saat perangkat digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang jauh dari soket listrik.
 
Kesimpulan
Untuk urusan kenyamanan yang disuguhkan keyboard, daya tahan baterai cukup lama, serta performas baik tanpa lag, HP Spectre x360 13 2018 cukup mampu diandalkan bagi Anda yang menghabiskan waktu kerja Anda dengan mengetik.
 
Desain unik serta bobot ringan turut mampu menjadikan laptop ini rekan menyenangkan untuk dibawa serta dalam berjalanan. Namun, Anda perlu bersabar dengan sejumlah fitur yang membutuhkan waktu pembiasaan diri, serta rajin membersihkan tangan guna mencegah noda minyal mengotori bodi dan menghambat kinerja touchpad.
Spesifikasi HP Spectre x360 13 2018
Prosesor Intel Core i7-8565U
Layar 13,3 inci (1920 x 1080)
RAM 16GB
Memori Internal 512GB SSD
GPU Intel UHD Graphics 620
Bobot 1,32 kg
Dimensi 30,88 x 21,79 x 1,45 cm
Harga Rp24.099.000
8.5
HP Spectre x360 13 2018
Plus
  • Keyboard nyaman
  • Baterai tahan lama
  • Desain unik
Minus
  • Lokasi tombol daya tidak biasa
  • Touchpad terkadang kurang responsif
  • Bahan pembalut bodi mudah kotor dengan noda minyak dari jari


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif