Samsung Galaxy A13.
Samsung Galaxy A13.

Review Smartphone

Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya

Teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 05 Mei 2022 14:11
Jakarta: Samsung menjadi salah satu vendor yang dikenal masyarakat memiliki portofolio produk di berbagai segmen pasar. Sukses dengan perangkat di segmen premium yang kini kian diminati konsumen, Samsung masih setia menghadirkan perangkat untuk kelas di bawahnya.
 
Segmen menengah dimanjakan Samsung melalui seri Galaxy A, dengan Galaxy A13 menjadi salah satu penawaran terbaru untuk konsumen dengan anggaran lebih terbatas. Smartphone ini ditawarkan dengan harga terjangkau, pada kisaran Rp2 jutaan.
 
Kehadiran Samsung Galaxy A13 ini juga hanya berselang sekitar 14 bulan dari generasi pendahulunya, Galaxy A12. Lantas, perbedaan apa saja yang diusung Galaxy A13 jika dibandingkan dengan pendahulunya? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

Samsung Galaxy A13 mengusung desain sedikit berbeda jika dibandingkan dengan perangkat karya Samsung generasi sebelumnya, terutama di bagian belakang. Ponsel cerdas ini hadir dengan desain bagian belakang lebih menyerupai Galaxy S22 Ultra, terutama pada modul kamera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masing-masing sensor kamera smartphone ini hadir secara terpisah dan tanpa tonjolan besar, seolah terintegrasi dengan bodi perangkat. Tidak hanya menambahkan keyakinan bahwa lensa kamera tetap aman dari goresan, usungan desain ini turut menjaga stabilitas perangkat saat diletakan di atas meja.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Selain itu, bagian belakang perangkat ini mengusung bahan plastik mengkilat, sedikit mudah kotor akibat jejak noda sidik jari, meski tersamarkan oleh balutan warna kekinian pada bodinya, salah satunya seperti unit yang kami uji, yaitu warna peach.
 
Samsung Galaxy A13 hadir dengan bobot cukup ringan yaitu 195 gram dan ketebalan tergolong tipis yaitu 8,8mm, serta bodi dengan tepian membulat, sehingga membantu menjaga kenyamanan saat menggenggam ponsel dalam jangka waktu lama.
 
Samsung turut membekali ponsel ini dengan ukuran layar tergolong luas, berukuran 6,6 inci, tergolong besar untuk digunakan dengan satu tangan, namun masih cukup nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan oleh pengguna bertangan kecil, meski tidak disarankan digunakan dalam jangka waktu lama.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Ponsel ini mengusung sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol daya di sisi kanan bodi perangkat. Tombol daya ini tersemat berdampingan dengan tombol volume, yang terletak di atasnya.
 
Sementara itu di bagian bawah bodi perangkat, pengguna dapat menemukan port pengisian daya USB-C, diapit oleh jack headphone 3,5mm, lubang mikrofon dan lubang speaker. Anda dapat menemukan slot kartu SIM dan microSD pada sisi kiri bodi.
 
Uniknya, Samsung meneruskan warna hitam bezel perangkat ini hingga bagian sisi bodi, mencakup sekitar 20 persen dari bagian sisi, sehingga menimbulkan ilusi ukuran lebih luas saat layar dalam kondisi mati.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Samsung juga masih menggunakan desain poni pada layar dengan bentuk serupa tetes air sebagai tempat penyematan kamera depan. Selain itu, layar Galaxy A13 terkesan luas sebab Samsung membekalinya dengan bezel berukuran sempit, termasuk pada sisi bawah layar.
 

Antarmuka dan Fitur

Samsung Galaxy A13 sudah menggunakan One UI versi terbaru, yaitu One UI 4.1 Core Edition berbasis Android 12. Sebagai informasi, Core Edition merupakan versi lebih sederhana dan ringan dari antarmuka pengguna buatan Samsung, One UI.
 
Meskipun demikian, antarmuka pengguna Samsung ini tidak kekurangan fitur menarik, sebab Samsung menyematkan fitur ekstra dalam jumlah yang tergolong banyak termasuk Game Launcher, Dual Messenger hingga fitur diagnosis hardware.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Antarmuka pengguna Samsung Galaxy A13 juga menghadirkan palet warna tampilan komponen pada layar seperti tombol hingga ikon aplikasi yang dapat disesuaikan dan diselaraskan dengan skema warna wallpaper.
 
Soal layar, Samsung membekali layar Galaxy A13 ini dengan resolusi Full HD+, sehingga mampu menampilkan gambar dengan warna cerah, detail dan tajam, termasuk saat digunakan di bawah paparan sinar matahari secara langsung.
 
Layar ponsel cerdas ini juga dilindungi oleh lapisan perlindungan Gorilla Glass 5, membantunya tetap aman dari goresan. Layar Galaxy A13 ini juga telah mengantongi sertifikasi Widevine L1, mendukung ketajaman panel layar sehingga pengguna dapat menikmati konten dengan kualitas HD.

Kamera

Merupakan smartphone yang menyasar segmen menengah bawah, Samsung tetap membekali Galaxy A13 dengan setup kamera yang tergolong lengkap. Jika Anda perhatikan, terdapat lima lingkaran di bagian belakang, empat di antaranya merupakan sensor kamera dan satu lainnya adalah lampu flash.
 
Samsung membekali Galaxy A13 dengan kamera utama beresolusi 50MP, didampingi oleh sensor ultra-wide angle 5MP, dan dua sensor untuk dept dan makro 2MP. Namun, bekal mode pada kamera ponsel cerdas ini tergolong kurang lengkap.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Anda tidak akan menemukan mode malam pada menu mode di dalam aplikasi kamera Galaxy A13 ini. Karenanya, hasil foto yang dipotret di malam hari cenderung sedikit redup, kurang tajam dan detail, serta terdapat noise yang terlihat di bagian gambar yang gelap.
 
Namun pada kondisi pencahayaan cukup, foto yang dihasilkan Samsung Galaxy A13 ini tergolong baik, meski objek dengan jarak lebih jauh dari kamera tampil sedikit kurang tajam dan kurang detail.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Meskipun demikian, hasil foto ini masih cukup baik untuk sekadar diunggah pada platform media sosial Anda. Hasil tidak jauh berbeda juga kami temukan pada hasil foto yang dipotret dengan kamera depan.
 
Pada kondisi pencahayaan cukup terang, foto yang dihasilkan kamera depan Galaxy A13 tergolong menyenangkan untuk dilihat, namun hasil berbeda kami temukan pada hasil foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Noise cukup terlihat pada foto yang dipotret dalam pencahayaan redup, dengan detail dan ketajaman kurang memuaskan. Sementara itu, efek portrait pada kamera Galaxy A13 ini pun bekerja optimal, meski hanya mengandalkan software.
 
Pengambilan video Samsung Galaxy A13 mendukung hingga resolusi 1080p 30fps, baik pada kamera depan, belakang dan sensor ultra-wide. Namun, kamera ponsel cerdas ini belum didukung Electric Image Stabilizer (EIS), karenanya, smartphone harus cukup stabil untuk mendapatkan hasil perekaman tanpa guncangan.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 

Performa

Samsung Galaxy A13 didukung chipset Exynos 850 octa-core dengan proses fabrikasi 8nm dan  kecepatan clock hingga 2Ghz, serta didampingi oleh GPU Mali-G52. Unit yang kami uji berbekal RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas 128GB.
 
Dalam penggunaan sehari-hari, smartphone ini mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang cukup menyenangkan. Proses buka tutup aplikasi pun terasa lebih lancar, meski efek transisi yang kurang lancar alias stuttering cukup sering kami jumpai, baik di dalam aplikasi maupun sekadar akses menu Settings.
 
Namun, kami juga menguji smartphone ini dengan menggunakan sejumlah mode pengujian dari PCMark dan 3DMark for Android. Skor perolehan Samsung Galaxy A13 ini mungkin tidak terlalu tinggi, namun masih tergolong baik di kelasnya.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Pada pengujian melibatkan aplikasi 3DMark Wild Life, Samsung Galaxy A13 memperoleh skor sebesar 446, sedangkan pada pengujian 3DMark Wild Life Extreme memperoleh skor sebesar 141. Pada pengujian melibatkan aplikasi PCMark Work 3.0, ponsel ini memperoleh skor sebesar 4809.
 
Soal baterai, Samsung Galaxy A13 berbekal baterai berkapasitas 5.000mAh, dengan teknologi pengisian daya cepat, berdaya 15W. Untuk penggunaan sehari-hari yang tergolong ringan, baterai ini dapat menjaga smartphone tetap aktif selama sekitar satu setengah hari.
 
Samsung Galaxy A13, Terjangkau, Baik di Kelasnya
 
Sedangkan dalam kondisi penggunaan aktif, baterai ponsel cerdas ini hanya dapat bertahan selama sekitar lima jam. Namun, pada hasil pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark, baterai Samsung Galaxy A13 ini mampu bertahan selama 13 jam 31 menit.
 
Sementara itu saat diisi ulang, baterai Samsung Galaxy A13 dapat terisi penuh dari sisa baterai empat persen selama sekitar dua jam.
 
Kesimpulan
Samsung menghadirkan lebih banyak peningkatan pada Galaxy A13 jika dibandingkan dengan perangkat pendahulunya, salah satunya di segi desain. Tidak hanya nyaman dipandang, desain Galaxy A13 ini juga menyuguhkan kenyamanan saat digenggam.
 
Selain itu, ponsel ini juga mengusung peningkatan dalam hal ketajaman tampilan layar dan sensor kamera utama, serta penggunaan chipset baru yang turut berperan dalam penghematan daya baterai.
 
Sayangnya, Anda mungkin kurang dapat memuaskan keinginan berkreasi pada kondisi pencahayaan redup mengingat kamera ponsel ini tidak dilengkapi dengan mode malam. Meskipun demikian, Samsung Galaxy A13 tetap mampu menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang beranggaran terbatas.
 
Spesifikasi Samsung Galaxy A13
Prosesor Exynos 850 8nm octa-core
GPU Mali-G52
OS Android 12, One UI Core 4.1
RAM 4GB
Memori Internal  128GB
Kamera Belakang 50MP+5MP+2MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 5.000mAh
Layar PLS IPS 6,6 inci, 1080 x 2408 piksel, 20:9
Harga Rp2.499.000
 
8.5
Samsung Galaxy A13
Plus
  • Desain menawan
  • Layar Full HD+
  • Setup kamera belakang lengkap
  • One UI berbasis Android 12
Minus
  • Kamera tanpa mode malam
  • Refresh rate layar belum tinggi

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif