WD Black P10 2TB
WD Black P10 2TB

Review HDD Eksternal

WD Black P10 2TB, Spesial untuk Gaming

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 19 April 2020 14:31
Jakarta: Segmen pasar gaming terus tumbuh. Ini membuka peluang bagi produsen komponen untuk menciptakan beragam perangkat yang mengusung tema gaming. Setelah perangkat seperti mouse dan keyboard, kategori lain seperti motherboard dan RAM juga ikut terjun.
 
Kini, perangkat penyimpanan juga ikut meramaikan segmen gaming, termasuk Western Digital. Meja pengujian Redaksi Teknologi Medcom.id kedatangan satu perangkat penyimpanan eksternal.
 
Bernama WD Black P10, penyimpanan ini mengusung tema gaming, yang sejak awal sudah terasa begitu melihatnya pertama kali. Seperti apa performa dan perannya untuk gaming? Berikut ulasan kami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WD Black P10 2TB, Spesial untuk Gaming
 
Dari paket penjualan, WD Black P10 2TB menggunakan warna hitam, yang biasanya memang menjadi warna khas produk gaming. Penyematan warna ini memang berbeda dengan HDD eksternal pada umumnya, contoh gampangnya adalah seri MyPassport.
 
Seperti HDD eksternal pada umumnya, paket penjualan WD Black P10 terdiri dari unit HDD, manual, dan kabel konektor yang masih USB 3.2 Gen 1. Tampilan fisik unit WD Black P10 bisa dibilang tak biasa.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Seperti pada foto utama artikel ini, ia menyematkan tekstur bodi seperti armor yang memberikan kesan kukuh. Bodi plastik ini terasa cukup solid dan sanggup menahan getaran dari benturan. Dimensinya 4,65 x 3,46 x 0,50 inchi cukup tipis dan mudah disimpan. Dari ukuran ini sudah jelas ia mengusung form factor 2,5 inci.
 
Di dekat port USB terpasang LED sebagai indikator aktivitas unit. Sebagai HDD eksternal yang menyasar segmen gaming, ia selayaknya perlu punya software khusus yang terpasang, dan kami tidak menemukannya di dalam unit.
 
WD Black P10 2TB mengklaim mampu memberikan kecepatan transfer data 140MB per detik. Kecepatan tersebut memadai untuk keperluan gaming yang memanfaatkan konektor USB 3.0. Untuk membuktikan klaim tersebut, kami mencoba menjajalnya dengan Crystal Disk Mark. Hasilnya bisa Anda lihat pada screenshot di bawah ini.
 
WD Black P10 2TB, Spesial untuk Gaming
 
Terlihat bahwa kecepatan yang diklaim punya selisih sekitar kurang dari 10MB per detik. Ini tergolong wajar, mengingat biasanya klaim kecepatan punya selisih yang tipis. WD Black P10 2TB bisa menjadi pilihan alternatif untuk gamer yang punya laptop gaming atau konsol yang penyimpanannya tidak bisa ditingkatkan.
 
HDD eksternal ini punya kapasitas 2TB, dan juga hadir dalam pilihan 4TB dan 5TB. Dengan kapasitas 2TB, Anda bisa menyimpan sekitar 50 game, dengan asumsi satu game berukuran 30GB. Jika menggunakan GTA V yang punya kapasitas sekitar 50GB sebagai perumpamaan, WD Black P10 2TB dapat menyimpan sebanyak 20 game.
 
Kurs Rupiah yang kurang baik membuat WD Black P10 2TB mengalami kenaikan harga. Penyesuaian harganya saat ini berada di kisaran Rp2 juta, berdasarkan rekomendasi harga resmi dan berbagai marketplace.
 
Terlepas dari harga yang mahal, performa dan tampilan bodinya cocok untuk menemani laptop gaming Anda. Keuntungan lainnya adalah garansi 3 tahun, yang cukup lama untuk sebuah HDD eksternal.
 
 
 
WD Black P10 2TB
Plus
  • Bodi kukuh
  • Kecepatan sesuai klaim
  • Garansi panjang
Minus
  • Harga
  • Tanpa software khusus

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif