realme Smart TV hadir dengan dua ukuran layar, yaitu 32 inci dan 43 inci.
realme Smart TV hadir dengan dua ukuran layar, yaitu 32 inci dan 43 inci.

Review Smart TV

realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan

Teknologi teknologi review gadget realme
Lufthi Anggraeni • 24 Agustus 2020 13:30
Jakarta: realme telah secara resmi meluncurkan realme Smart TV di Indonesia, mewujudkan misinya dalam menerapkan skenario produk AIoT untuk keluarga yang digadang realme sejak tahun lalu. Kehadiran realme Smart TV turut menegaskan realme sebagai produsen perangkat gaya hidup.
 
Sebelumnya, konsumen di berbagai negara termasuk Indonesia mungkin hanya mengenal realme sebagai produsen smartphone. realme Smart TV menjadi wujud upaya realme dalam menghadirkan beragam jenis produk untuk melengkapi ekosistem yang coba dibangunnya di Indonesia.
 
Sejak awal, realme menerapkan slogan Real Picture, Real Sound. Untuk pasar Indonesia, realme menghadirkan realme Smart TV dalam dua ukuran, yaitu 32 inci dan 43 inci. realme Smart TV mengunggulkan dukungan sistem operasi Android serta Netflix dan Amazon Prime sebagai aplikasi bawaan, juga YouTube dan Google Assistant. Lantas apa lagi keunggulan perangkat ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


realme Smart TV yang kami ulas hadir dengan bentang layar 43 inci dan terasa lebih luas berkat bezel tipis yang mengelilinginya. realme menyebut teknologi ini Bezel-less Ultra Bright LED Display. Tidak hanya cukup luas untuk menikmati konten, TV cerdas ini juga cukup besar untuk dikeluarkan seorang diri, tanpa bantuan orang lain, terutama jika Anda berpostur kecil.
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
Sebelum meletakan TV cerdas ini dalam posisi berdiri, jangan lupa untuk memasangkan dua kaki penyangga berbahan plastik yang tersedia di kotak kemasan penjualan di kedua ujung tempat pemasangan yang tersedia. Namun, kami lebih menyarankan Anda untuk memasang TV dengan metode menempel di dinding.
 
Sebab kaki penyangga ini terasa kurang kukuh untuk menopang TV, sehingga menyebabkan posisi TV cenderung condong ke arah depan atau belakang, terlebih jika terpasang dalam kondisi kurang tepat. Selama pemasangan kaki, kami harus mencoba sejumlah posisi guna menemukan posisi terbaik.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

realme juga membekali realme Smart TV dengan remote berukuran kecil dan minim tombol, yang menjadi salah satu daya tarik utama yang diunggulkannya. Remote ini hanya berbekal tombol daya, pengaturan, navigasi, input konten, volume, serta tombol khusus untuk Netflix dan YouTube.
 
Kehadiran tombol khusus ini jelas menghadirkan kemudahaan saat hendak mengakses layanan streaming tersebut, sebab Anda hanya perlu menekan satu tombol saja. Mengusung sistem operasi Android, remote ini juga berbekal tombol khusus untuk Google Assistant, yang diapit oleh tombol volume. Ia juga sudah teritegrasi dengan Google Chromecast.
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
Tombol ini akan memudahkan Anda untuk mengakses dan memberikan perintah suara lewat mikrofon di remote kepada asisten digital karya Google tersebut, meski tentu harus diatur terlebih dahulu. Sementara itu, proses menghubungkan realme Smart TV ke jaringan WiFi juga mudah.
 
Saat mengaktifkannya pertama kali, TV cerdas ini akan menyuguhkan halaman Home berisi sejumlah aplikasi bawaan, termasuk YouTube, Netflix, dan AI Pont. Setelahnya, Anda hanya perlu menavigasi ke menu Settings yang diwakili ikon roda gerigi di bagian kanan atas TV dengan remote.
 
Kemudian navigasikan ke arah bawah dengan remote hingga pengaturan WiFi, dan pada pengaturan itu tekan tombol di tengah lingkaran di remote utk memilih. Pilih jaringan wifi dan masukan password.
 
Salah satu kekurangan Android TV adalah proses memasukan password WiFi ini tergolong kurang menyenangkan, kami harus menavigasikan kursor yang tidak bisa bergerak secara bebas di layar. Untungnya, pengaturan ini hanya perlu sekali dilakukan.
 
Sementara itu, kualitas tampilan gambar yang disuguhkan oleh pengaturan default pada TV ini tergolong baik, dengan ketajaman, kecerahan, dan detil yang baik. Ini berkat teknologi Chroma Boost Picture Engine, yang mampu menghasilkan ketajaman warna lebih baik.
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
Beberapa contoh kualitas ini bisa kita lihat pada hasil fofo jajaran smartphone realme yang telah mendukung fitur tersebut. Hanya satu atau dua kali, realme TV menampilkan konten dengan dominasi warna hitam sedikit kurang pekat.
 
Dan bagian gambar yang didominasi warna hitam tersebut seolah terpikselisasi, meski hal tersebut tampak pada sudut pandang tertentu dan tergolong jarang terjadi. Meskipun demikian, hal ini dapat kami maklumi sebab realme Smart TV menggunakan panel layar LED.
 
Menyoal kualitas audio, realme Smart TV mengunggulkan dukungan teknologi Dolby Audio untuk suguhan audio dari perangkat ini. TV cerdas ini berbekal dua pasang speaker atau quad stereo, yang diletakkan secara simetris dengan output hingga 24W. Masing-masing terdiri dari speaker utuh serta satu tweeter.
 
Suguhan suara yang dikeluarkan realme Smart TV juga tergolong baik, meski mungkin bagi penyuka suara lebih bass, keluaran suara hasil pengaturan default kurang dapat memanjakan telinga. Namun, Anda dapat menyesuaikannya via pengaturan audio.
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
Bekal aplikasi AI Point pada realme Smart TV juga memungkinkan Anda menghubungkan smartphone ke TV, mempermudah proses login ke akun Google Anda tanpa perlu melalui proses navigasi kursor ke masing-masing huruf dan simbol di keyboard virtual saat memasukan informasi yang dibutuhkan via TV.
 
Seolah mendukung peruntukannya sebagai TV yang dipasang dengan metode menempel di dinding, realme menyematkan berbagai port konektivitas di sisi bawah bagian yang lebih menonjol di belakang TV cerdas pertama karyanya di Indonesia ini.
 
Pada bagian tersebut, Anda akan dapat menemukan dua port HDMI, satu port USB 2.0, dan LAN port. Tidak hanya itu, port lain juga dapat Anda temukan di sisi kiri bagian menonjol yang sama, terdiri dari port HDMI, soket ANT, soket Digital Audio Out, soket AV, dan port USB 2.0, masing-masing satu buah.
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
realme Smart TV, Mudah dan Menyenangkan
 
Uniknya di jajaran port dan soket tersebut, Anda juga dapat menemukan jack headphone yang kami perkirakan sebagai jack 3,5mm. Perangkat ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi 2.4GHz serta Bluetooth generasi 5.0.
 
TV cerdas realme ini juga didukung layanan game Google Play Games, sayang tidak banyak game yang kompatibel untuk dimainkan pada perangkat ini. Untuk spesifikasi, realme Smart TV juga didukung oleh chipset khusus MediaTek, dengan arsitektur CPU quad-core Cortex A53 dengan GPU Mali-470 MP3, serta RAM 1GB dan ruang penyimpanan internal 8GB.
 
Dengan harga Rp3.299.000, realme Smart TV yang menawarkan kualitas gambar baik serta fitur konektivitas lengkap ini sesuai untuk Anda yang ingin mencicipi kecanggihan dan kesenangan suguhan TV cerdas namun beranggaran terbatas.
8.6
realme Smart TV
Plus
  • Layar luas
  • Gambar bagus, dengan resolusi Full HD
  • Fitur konektivitas lengkap
  • Fitur Google Assistant responsif
Minus
  • Remote butuh waktu pembiasaan
  • Kaki penyangga terkesan kurang kokoh

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif