Samsung Galaxy A30s tampil baik soal desain dan kamera di kondisi pencahayaan cukup.
Samsung Galaxy A30s tampil baik soal desain dan kamera di kondisi pencahayaan cukup.

Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera

Teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 28 November 2019 21:22
Jakarta: Menyadari banyak konsumen yang memiliki anggaran terbatas namun menginginkan dukungan spesifikasi yang baik, Samsung memutuskan menghadirkan pembaruan untuk produk Galaxy A30 sebelumnya, yaitu Galaxy A30s.
 
Tidak hanya menghadirkan dukungan spesifikasi sesuai dengan keinginan pengguna, Galaxy A30s juga berbekal fitur yang kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat akibat pertumbuhan layanan pembayaran non tunai, yaitu NFC.
 
Lantas, apakah hanya NFC yang menjadi satu-satunya keunggulan dan daya tarik yang dihadirkan Samsung pada Galaxy A30s? Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Hadir sebagai perangkat menengah tidak menghentikan langkah Samsung untuk menghadirkan keunikan via gradasi warna yang dikombinasikan dengan pola prisma. Tidak hanya unik, pola dan gradasi warna ini juga mendukung kesan elegan dan mewah.
 
Namun, menggunakan bahan plastik mengkilat, lagi-lagi Anda perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan bodi Galaxy A30s, mengingat bahan ini mudah kotor akibat noda sidik jari yang berpotensi mengganggu keindahan tampilannya.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Selain itu, seolah mengikuti tren yang tengah berkembang, Samsung turut membekali Galaxy A30s dengan desain layar berponi, namun dengan desain sedikit berbeda, yang disebutnya dengan istilah infinity-V.
 
Menyoal layar, Samsung Galaxy A30s ini hadir dengan resolusi HD+ 1560 x 720 piksel, lebih rendah dari pendahulunya, Galaxy A30, yang beresolusi 1080 x 2340 piksel. Meskipun demikian, layar Galaxy A30s tetap menggoda berkat ukurannya yang luas, seluas 6,4 inci dan warna cerah.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Mengusung layar berukuran cukup besar tidak berarti bodi Samsung Galaxy A30s menyulitkan saat digenggam. Berdimensi 158,5 x 74,7 x 7,8 mm dan berbobot 166 gram, ponsel cerdas ini cukup nyaman digenggam dan digunakan dengan satu tangan.
 
Sementara itu, di sisi kanan ponsel, Anda dapat menemukan tombol daya dan volume, sedangkan di bagian kiri terdapat kartu SIM dan MicroSD. Di bagian bawah, Anda dapat menemukan jack audio 3,5mm dan speaker yang mengapit port USB-C.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera

Antarmuka Pengguna dan Software

Soal antarmuka pengguna (UI), Samsung Galaxy A30s menggunakan One UI sehingga tampilan antarmuka penggunanya tidak jauh berbeda dari perangkat Samsung lain dengan UI yang sama.
 
Ponsel cerdas ini juga hadir dengan ikon aplikasi berukuran lebih besar dari tampilan ikon di antarmuka pengguna Samsung generasi sebelumnya, serta dengan warna yang lebih cerah dan kaya.
 
Selain itu, mengingat teknologi canggih juga berdampak pada peningkatan bahaya kejahatan siber, Samsung membekali A30s dengan sejumlah fitur keamanan, termasuk pemindai sidik jari di layar serta pemindah wajah.
 
Selama digunakan, saya menemukan bahwa sensor pemindai jari sedikit kurang cepat. Sementara itu, pemindai wajah mampu bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan sensor pemindai sidik jari tersebut.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Meskipun demikian, kemampuan memindah wajah dengan cepat yang disuguhkan sensor pemindai wajah ini hanya dapat dinikmati saat Anda berada dalam kondisi pencahayaan cukup. Sebab pada kondisi pencahayaan gelap, sensor ini tidak akan aktif.
 
Dan untuk mengaktifkannya, Anda harus menekan tombol Power terlebih dahulu sehingga layar menyala, menjadi sumber pencahayaan yang membantu kamera pemindai wajah mengenali wajah yang ada di hadapannya.
 
Selain sensor biometrik tersebut, Samsung juga menghadirkan sistem keamanan anti malware dari McAfee. Fitur lain yang juga dibekali Samsung pada Galaxy A30s ini dengan Game Booster bertugas untuk mengoptimalkan kinerja perangkat saat digunakan game.
 
Samsung mengklaim fitur Game Booster didukung teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga mampu mengenali konsumsi daya game, serta pola kecerahan layar yang biasa digunakan pengguna saat memainkan masing-masing game, agar perangkat dapat mengoptimalkan performa secara otonom.
 
Fitur game booster dapat Anda akses melalui tombol yang tersemat di bagian ujung jajaran tombol navigasi. Menariknya, kami menemukan fitur cerdas berkemampuan menjaga suhu perangkat saat bermain game. Fitur ini juga berkemampuan untuk menyediakan kapasitas memori untuk game selama dimainkan.
 
Samsung Galaxy A30s juga berbekal fitur pop-up panel, bertugas menyediakan empat slot untuk akses pintas ke aplikasi tanpa harus meninggalkan game atau berganti halaman di layar. Pada Galaxy A30s, Samsung turut mengunggulkan kehadiran fitur NFC yang kini mulai banyak dimanfaatkan untuk layanan pembayaran via dompet digital.

Kamera

Menyoal kamera, Samsung Galaxy A30s hadir dengan kombinasi kamera utama 25MP, kamera ultrawide 8MP dengan sudut pandang 123 derajat, dan kamera kedalaman beresolusi 5MP. Berkat dukungan kamera ini, foto yang dihasilkan Galaxy A30s cukup baik untuk kamera smartphone kelas menengah.
 
Hasil yang baik ini tidak hanya terlihat pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup. Tidak hanya pada hasil foto kamera belakang, hasil sama baiknya juga kami dapati pada foto kamera depan yang mengusung resolusi 16MP.
 
Namun pada hasil foto kamera belakang yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup, detil foto mengalami penurunan, sedikit kurang tajam, dan tingkat fokus yang tidak sebaik foto di kondisi pencahayaan cukup, meski tampilan foto tidak terganggu oleh noise.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Sedangkan pada hasil foto kamera depan, Samsung cukup mampu menampilkan fokus yang baik pada wajah, meski ketajaman dan fokus pada pemandangan di belakang obyek tidak terlalu baik.
 
Selain itu, Samsung Galaxy A30s ini juga berbekal fitur Live Focus, memungkinkan Anda menghasilkan foto dengan efek buram atau lebih dikenal masyarakat dengan istilah bokeh, yang tengah menjadi tren saat ini.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Tidak hanya pada kamera belakang, fitur ini juga tersedia pada kamera depan, dan mampu menghasilkan efek bokeh yang tergolong rapi. Sementara itu, bagi pecinta selfie, Samsung juga membekali Galaxy A30s dengan fitur Smart Beauty.
 
Fitur ini memungkinkan hasil foto wajah Anda menjadi mulus layaknya menggunakan produk perawatan kulit mahal.

Performa

Menggunakan chipset Exynos 7904 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, Samsung Galaxy A30s mampu menghadirkan performa yang cukup memuaskan, terutama dalam kategori perangkat kelas menengah.
 
Performa baik ini terasa saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari, seperti beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi dapat kami akses dengan lancar tanpa gangguan lag. Dukungan spesifikasi ini mampu menyuguhkan pengalaman memainkan game PUBG, yang disuguhkan tanpa kendala.
 
Selain itu, game ini ditampilkan dengan gambar berwarna cerah dan gerakan cukup halus namun detail yang kurang memuaskan. Hal ini tidak mengherankan, sebab di awal permainan, secara standar, aplikasi ini mengatur permainan pada frame rate medium dan grafis balanced.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Performa ini juga tercatat pada hasil pengujian benchmark 3DMark dan PCMark. Samsung Galaxy A30s mampu memperoleh skor 648 pada 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, 863 3DMark Slingshot, dan 5449 pada PCMark Work 2.0.
 
Menyoal baterai, Samsung Galaxy A30s mengusung baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang mampu bertahan dalam kurun waktu cukup lama. Pada pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark Battery Life, Samsung Galaxy A30s mampu bertahan selama 13 jam dan 13 menit.
 
Samsung Galaxy A30s: Baik Soal Desain dan Kamera
 
Sedangkan dalam kondisi pemakaian normal, baterai Samsung Galaxy A30s sedikit lebih lama. Namun jika Anda aktif menggunakannya untuk memotret dan bermedia sosial, serta dengan kondisi jaringan internet tidak stabil, baterai perangkat jelas bertahan lebih sebentar.
 
Samsung juga tidak lupa untuk membekali Galaxy A30s dengan teknologi Fast Charging berdaya 15W. Pada proses pengujian, Galaxy A30s hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 49 menit untuk mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh kembali.
 
Kesimpulan
Sebagai perangkat kelas menengah, Samsung Galaxy A30s tetap mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, berkat desain elegan dan terkesan mewah, ketersediaan fitur NFC dan sensor pemindai sidik jari di layar.
 
Kesenangan menggunakan ponsel ini juga didukung kamera yang baik pada kondisi pencahayaan cukup, meski mengalami penurunan ketajaman pada kondisi pencahayaan redup. Selain itu, performa ponsel ini cukup baik di kelasnya, namun jangan membandingkannya dengan perangkat di kelas lebih tinggi.
Samsung Galaxy A30s
Prosesor Exynos 7904
GPU Mali-G71
OS Android 9.0 Pie
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Kamera Belakang25MP + 8MP + 5MP, Depan 16MP
Layar 6,4 inci HD+ 1560 x 720 piksel
Harga Rp3.299.000
8
Samsung Galaxy A30s
Plus
  • Desain bagus
  • Ada NFC
  • Ada sensor pemindai sidik jari di layar
Minus
  • Hasil foto di pencahayaan redup sedikit kurang tajam

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif