Acer EK240Y
Acer EK240Y

Review Monitor

Acer EK240Y, Monitor Kasual Harga Bersaing

Teknologi teknologi acer hardware review monitor
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 08 Agustus 2020 10:14
Jakarta: Selain laptop, Acer juga punya jajaran produk lainnya, seperti PC, perangkat gaming, dan monitor. Kali ini redaksi teknologi Medcom.id berkesempatan menjajal produk lain tersebut, yaitu monitor Acer EK240Y.
 
Dari penamaannya, orang bisa langsung bisa mengambil kesimpulan ia adalah bukan monitor khusus gaming. Sejatinya, monitor ini hadir sebagai produk yang ingin merangkul semua kalangan. Hal tersebut terbukti dari desain, fitur, dan harga yang ditawarkan. Seperti apa kemampuan dan kualitasnya? Berikut review Acer EK240Y Medcom.id.
 
Dari aspek desain, Acer EK240Y layaknya monitor kasual pada umumnya. Ia berbalut warna hitam dengan ukuran layar 24 inci, lebih persisnya 23,8 inci. Tak sulit untuk memasangnya, dari kotak penjualan tersedia tiga komponen dengan ukuran paling besar. Tanpa manual pun, Anda bisa memasangnya dengan cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acer EK240Y, Monitor Kasual Harga Bersaing
 
Komponen pengunci antara alas dan penyangga monitor yang punya material plastik cukup kuat ini punya sistem yang membuatnya mudah masuk dan kencang. Ini berarti Anda tidak perlu menggunakan obeng dan monitor dapat langsung menyala.
 
Meskipun terlihat kaku, kaki penyangga ini masih menyediakan sudut pergerakan monitor ke atas dan bawah, sejauh -5 derajat hingga 20 derajat.
 
Terkait kelengkapannya, ia menyediakan antarmuka yang cukup unik, terdiri dari masing-masing satu port HDMI dan VGA. Port VGA inilah yang kami bilang cukup unik karena sejatinya perangkat visual saat ini telah mengandalkan port HDMI.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Suplai daya didukung oleh adapter dengan ukuran yang cukup terlihat. Acer EK240Y tidak punya tombol power, begitu terhubung listrik ia akan langsung aktif dan memindai port mana yang terhubung dengan PC.
 
Monitor ini menyediakan lima tombol pengaturan yang terpasang persis di bawah logo Acer sisi depan. Tidak ada simbol yang menunjukkan fungsi tombol, tetapi ini masih aman karena menekan tombol manapun baru akan mengaktifkan menu utama.
 
Beberapa pilihan pengaturan yang tersedia cukup sederhana, seperti tingkat kecerahan warna, cahaya, palet warna, sampai mode profil yang sudah tersedia.
 
Acer EK240Y, Monitor Kasual Harga Bersaing
 
Acer EK240Y, Monitor Kasual Harga Bersaing
 
Salah satu fitur yang ingin ditawarkan Acer EK240Y adalah BlueLightShield, yang diklaim dapat melindungi mata dari paparan cahaya biru. Seperti yang sudah diketahui, cahaya biru sejauh ini dianggap sebagai salah satu elemen yang membuat mata cepat lelah, mengacu pada beberapa penelitian.
 
Fitur berikutnya adalah refresh rate 60Hz yang dapat berjalan secara konstan.Ini membuatnya tidak menimbulkan flicker, semacam garis yang muncul secara cepat di layar, bisa terlihat jika dilihat oleh perekam seperti kamera.
 
Monitor ini berjalan pada resolusi maksimal FUll HD 1920 x 1080, yang terbilang cukup tajam kualitasnya. Kami mencoba menggunakannya untuk bekerja, menonton film, bermain game, sampai melihat medsos. Sejauh pengalaman penggunaan, ia punya kualitas yang cukup baik, tidak lebih tidak kurang.
Kesimpulan
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga Acer EK240Y adalah Rp1.640.000, cukup bersaing di kelasnya. Monitor 24 inci berpanel IPS dan mampu menampilkan resolusi Full HD rata-rata Rp1,5-2 juta. Satu kekurangan yang kami lihat adalah ketiadaan tombol power.
 
Terlepas dari hal tersebut, ia merupakan salah satu monitor yang layak dipertimbang untuk konsumen yang memerlukan perangkat pendukung produktivitas, terutama mereka yang menggunakan PC untuk bekerja harian.
7.8
Acer EK240Y
Plus
  • Refresh rate 60Hz konstan
  • Pemasangan mudah
Minus
  • Tak ada tombol power


 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif