realme C25.
realme C25.

Review Smartphone

Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting

Cahyandaru Kuncorojati • 23 Maret 2021 15:05
Jakarta: realme resmi merilis smartphnoe entry-level terbaru dari keluarga realme C-series yaitu realme C25 dan realme C21. Medcom.id berkesempatan untuk mencoba realme C25 yang pertama kali diperkenalkan secara global di Indonesia dan diklaim sebagai smartphone entry-level paling tahan banting.
 
Ada dua pilihan warna yang tersedia di realme C25 yaitu Water Blue dan Water Grey. Spesifikasinya juga hadir dalam dua pilihan kapasitas memori internal 64GB dan 128GB yang masing-masing dibanderol Rp2.299.000 dan Rp2499.000.
 

Desain

realme C25 yang Medcom.id coba hadir dengan warna Water Grey yang menurut kami lebih menarik versi Water Blue. Di bagian permukaan bodi belakang ada dua mode desain yang bisa dilihat.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama yaitu yang permukaan dengan desain garis melingkar serta ada emboss bertulisan realme dan sebelahnya memiliki garis diagonal atau miring. realme menyebut design belakang pada realme C25 sebagai Geometric Design. Bodi belakangnya akan menampilkan efek mengkilap saat terkena pantulan cahaya.
 
Desainnya memang identik dengan smartphone entry-level. Pada bodi bagian belakang terdapat area pemindai sidik jari berbentuk lingkaran. Bingkai kamera belakangnya memuat tiga kamera belakang.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
realme C25 memiliki layar 6,5 inci resolusi HD Plus yang memiliki sedikit poni di bagian atasnya untuk memuat kamera depan. Di bagian bawahnya memperlihatkan smartphone ini sudah menggunakan port model USB-C dan masih dilengkapi lubang audiojack untuk earphone.
 
Di peluncurannya, realme C25 disebutkan hadir dengan sertifikasi daya tahan dari TÜV Rheinland High Reliability. Smartphone ini diklaim sudah berhasil melewati 23 pengujian daya tahan mulai dari tes jatuh, uji lingkungan ekstrim hingga daya tahan komponen.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Makanya realme C25 diklaim sebagai smartphone entry-level paling tahan banting dan pas untuk pengguna dari kalangan muda. Skenario pengujian yang dilakukan juga menyesuaikan kondisi sebenarnya.
 
Misalnya pengguna sering menyapukan cairan hand sanitizer ke tangan sebelum memegang smartphone. Hal ini lalu diuji oleh realme dan tim TÜV Rheinland dengan mengoleskan cairan alkohol dengan konsentrasi 75 persen ke bagian belakang realme C25 lebih dari 1000 kali namun bodi belakang realme C25 tidak mengalami perubahan warna atau bahkan memudar.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Lalu ada tes cipratan air. Walau diatas kertas realme tidak menyatakan bahwa realme C25 mendapat sertifikasi IPX namun uji keandalan dari TÜV Rheinland membuktikan bahwa cipratan air tidak dapat tembus ke bagian dalam realme C25. Namun kami tidak menganjurkan pengguna untuk mencobanya.
 
Uji keandalan ini sejatinya untuk memastikan bahwa smartphone yang digunakan lebih awet dan tangguh dari kejadian yang dialami sehari-hari selama pemakaian.
 

Antarmuka dan Fitur

Sama seperti seri smartphone realme yang lain di realme C25 digunakan antarmuka realme UI. Bedanya di realme C25 ini sudah menggunakan antarmuka terbaru, yaitu realme UI 2.0 yang berbasis Android 11. Menurut kami antarmukanya cukup ringan dan memiliki navigasi mudah.
 
Serba pertama bisa dibilang milik realme C25 karena selain diperkenalkan secara global pertama kali di Indonesia, antarmuka jilid kedua juga hadir pertama di realme C25 ini. Mungkin bisa juga dibilang Indonesia merupakan negara pertama yang menginstal realme UI 2.0 di smartphone realme entry-level.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Di fitur keamanan, smartphone entry-level realme C25 sudah menyediakan pemindai sidik jari dan wajah. Tersedia juga fitur untuk menyembunyikan dan mengunci akses aplikasi yang diinginkan.
 
Bagi gamer mobile di sini juga ada fitur Game Space untuk melakukan boosting performa realme C25 saat bermain game atau mengatur notifikasi agar tidak mengganggu momen bermain game.
 

Kamera

realme C25 sebagai smartphone entry-level dibekali kemampuan kamera yang tergolong cukup bisa diandalkan. Tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama 48MP serta dua kamera masing-masing 2MP yang berfungsi sebagai kamera macro dan kamera B&W.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Di dalamnya terdapat beragam mode pengambilan foto termasuk mode Night. Di bagian kamera depan realme C25 memiliki kemampuan 8MP. Hasil foto yang Medcom.id kumpulkan memperlihatkan bahwa kamera smartphone entry-level ini cukup memuaskan.
 

Performa

realme C25 menggunakan chipset MediaTek Helio G70 yang menurut kami sangat tepat karena membuat smartphone entry-level ini tidak cuma tahan banting tapi juga bisa diajak bermain game. Terdapat dua varian memori (4/64GB dan 4/128GB) dan tersedianya 3 slot kartu yang dapat memperluas memori hingga 256GB.
 
Medcom.id menguji realme C25 untuk bermain game PUBG Mobile. Di sini kualitas grafisnya bisa dimaksimalkan hingga HD dengan frame rate High dan efek Anti-Aliasing aktif. Di performa bermain kami tidak menemukan efek stuttering atau patah-patah.
 
Medcom.id juga melakukan pengujian peforma menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark pada realme C25 dengan varian RAM 4GB dan memori internal 64GB. Hasil pengujiannya kemudian dibandingkan dengan kompetitor di kelas entry-level.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Di kapasitas baterainya realme C25 punya baterai 6.000 mAh yang termasuk sangat besar untuk smartphone entry-level. Pengujian menggunakan simulasi dari aplikasi PCMark memperoleh hasil daya tahan baterai bisa bertahan hingga 25 jam.
 
Review realme C25, Smartphone Entry-Level Tahan Banting
 
Hasil pengujian tersebut diperoleh dengan skenario kecerahan layar sekitar 25 persen dan tersambung WiFi ditambah aplikasi PCMark dibuat bisa berjalan di balik layar (running in background) tanpa batasan konsumsi daya.
 
Tentu saja hasil pengujian ini mungkin berbeda dengan penggunaan sehari-hari tapi tetap saja sangat memuaskan. Kini pengguna smartphone entry-level tidak perlu pusing harus membeli powerbank berkapasitas besar dan awet yang harganya mungkin tidak murah.
 
Baterai realme C25 juga didukung fitur pengisian cepat 18W Quick Charge ditambah ada fitur Super Power Saving Mode yang bisa diaktifkan untuk membuat daya tahan baterai semakin panjang.
 
Kesimpulan
Menurut kami realme C25 patut jadi pilihan smartphone entry-level yang bisa dilirik apabila konsumen membutuhkan perangkat di harga terjangkau dengan daya tahan baterai yang panjang tapi memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk mendukung pengalaman bermain game populer saat ini.
 
Tidak banyak kekurangan yang kami temukan untuk realme C25 di kelas smartphone entry-level, salah satunya mungkin desain bagian belakangnya yang biasa saja dan tidak begitu berbeda dari seri sebelumnya.
 
Spesifikasi  realme C25
Prosesor MediaTek Helio G70
GPU Mali-G52
OS Android 8.0 Oreo
RAM  4GB
Memori Internal 64GB / 128GB + MicroSD 256GB
Kamera Belakang 48MP+2MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 6.000 mAh + 18W quick charge
Layar  6,5 inci HD Plus 
Harga Rp2.299.000 (4GB+64GB)
Rp2.499.000 (4GB+128GB)
 
 
9
realme C25
Plus
  • Spesifikasi lumayan, performa cukup memuaskan di kelas entry level
  • Baterai besar dengan daya tahan panjang
  • Ada mode Night di kameranya
Minus
  • Desain
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif