Synology DS620slim memiliki enam bay-drive dengan bobot ringan yang bisa diangkat menggunakan satu tangan.
Synology DS620slim memiliki enam bay-drive dengan bobot ringan yang bisa diangkat menggunakan satu tangan.

Synology DS620Slim, Ramping, Kapasitas dan Performa Lebih

Teknologi teknologi hardware synology review peripheral
Cahyandaru Kuncorojati • 25 November 2019 14:11
Jakarta: Synology terus berinovasi pada jajaran perangkat network attached storage (NAS). Terbaru, mereka memperkenalkan Synology DS620Slim. Embel nama slim alias ramping cukup membuat saya penasaran.
 
NAS umumnya hadir dengan ukuran besar karena mengandalkan jenis penyimpanan HDD untuk yang memiliki drive-bay cukup banyak. Sementara yang ramping biasanya hanya punya dua slot dan tidak mendukung fitur hot-swapable.
 
Synology DS620slim justru lebih menarik. NAS ini punya enam drive-bay yang mendukung fitur hot swpl tapi ukurannya sangat ramping. Desainnya sama seperti produk Synology yang lebih besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ukurannya yang bisa sangat ramping ini didapatkan dari penggunaan perangkat penyimpanan HDD maupun SSD form factor 2,5 inci. Makanya bisa sangat ringkas dan dengan balutan warna hitam, benda ini tidak terlihat aneh meskipun diletakan di atas meja.
 
Synology DS620Slim, Ramping, Kapasitas dan Performa Lebih
 
Proses pemasangan HDD maupun SSD juga cukup mudah. Tekan lubang kunci di drive-bay kemudian tray akan maju ke bagian depan dengan cover yang bisa ditarik. Kemudian pasang HDD atau SSD di slot yang tersedia di tray serta gunakan baut sebagai penguncinya.
 
Kemudian pasang kembali tray ke slot drive bay, tekan dan gunakan kunci yang tersedia untuk mengunci setiap drive-bay. Fungsi kunci ini membantu sebagai fitur keamanan dari pencurian perangkat penyimpanan data di dalamnya.
 
Di situs resminya disebutkan bahwa tiap bay mampu mendukung perangkat penyimpanan data kapasitas 5TB. Artinya, pengguna Synology DS620slim bisa memiliki kapasitas penyimpanan hingga 30TB berbekal enam bay.
 
Synology DS620Slim, Ramping, Kapasitas dan Performa Lebih
 
Di bagian belakang Synology DS620slim terdapat dua port RJ-45 yang mendukung koneksi ethernet bandwidth 1Gbps dan dua port USB 3.0. Sayangnya tidak ada tombol USB Copy untuk dengan cepat menggandakan data dari perangkat USB ke storage utama.
 
Kami mencoba menggunakannya dengan SSD 2,5 inci Seagate IronWolf 480GB. Proses pemasangan sangat mudah. Tidak ketinggalan kondisi kesehatan perangkat penyimpanan dan data di dalamnya bisa dipantau langsung oleh Synology DiskStation Manager.
 
Synolody DiskStation Manager tampil menyerupai antarmuka Windows sehingga masih sangat user friendly. Tersedia juga tutorial mengenai fitur yang tersedia di dalamnya. Kelebihan dari software ini adalah tersedia aplikasi untuk setiap fitur dalam versi mobile.
 
Synology DS620Slim, Ramping, Kapasitas dan Performa Lebih
 
Hal ini membuat perangkat seperti smatphone juga bisa terhubung ke NAS kapanpun dan di manapun. Synology DS620slim juga sudah bisa mendukung penyimpanan atau memutar video resolusi 4K.
 
Kembali menyoal spesifikasi, Synology DS620slim mengandalkan prosesor Intel Celeron J3355 Dual Core 64-bit. Prosesor tersebut sudah mendukung enkripsi hardware AES-NI. Perangkat ini punya kapasitas RAM yang bisa ditingkatkan.
 
Synology DS620Slim, Ramping, Kapasitas dan Performa Lebih
 
Synology DS620Slim punya RAM 2GB DDR3 yang bisa ditingkatkan hingga 6GB dengan mengandalkan dua slot serta konfigurasi 2GB+4GB. Kapasitas RAM tersebut sudah sangat mampu mendukung performa CPU. Perangkat ini mampu menyajikan kecepatan baca 220MBps dan kecepatan tulis 190MBps.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Kesimpulan
Synology DS620slim cukup menarik bahkan dibandingkan NAS buatan mereka di kelas yang sama. Alasannya, produk satu ini hadir dengan desain jauh lebih ramping. Hal ini memudahkan proses pemasangan dan mobilitas.
 
Desain perangkat ini memang punya banyak nilai lebih. Kini tidak perlu pusing menaruh NAS di posisi tersembunyi. Tampilan Synology DS620slim tidak terlihat asing dengan balutan warna hitam dan desain compact maka perangkat ini masih terlihat pas di taruh di atas meja kerja.
 
Opsi menggunakan perangkat penyimpanan SSD juga mampu menyediakan performa yang lebih baik ketimbang HDD. Meskipun begitu dukungan HDD form factor 2,5 inci yang masih tersedia di Synology DS620slim juga masih lebih baik ketimbang HDD 3,5 inci.
 
Bicara harga, Synology DS620slim dipatok di harga mulai dari Rp8 juta berdasarkan penelusuran. Harga yang tergolong tinggi pada desain yang mungil ini terbilang wajar karena perangkat ini bisa mendukung SSD sepenuhnya.
Synology DS620slim
Plus
  • Tampilan menarik, desain compact
  • Menyediakan enam bay-drive yang mendukung hot-swap
  • Mendukung HDD dan SSD 2,5 inci
  • Proses pemasangan mudah
  • Antarmka user friendly
Minus
  • Tidak ada copy buttton
  • Harga lumayan mahal


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif