ASUS TUF Gaming FX505 DT.
ASUS TUF Gaming FX505 DT.

ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming

Teknologi asus hardware review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Juni 2019 17:27
Jakarta: Bukan cuma ASUS ROG jadi daya tarik laptop gaming dari ASUS. Seri TUF Gaming juga ternyata digarap dengan serius oleh ASUS sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada bulan April lalu. Di Computex 2019 seri tersebut juga mendapatkan update produk cukup banyak.
 
Salah satu produk terbaru dari seri TUF Gaming adalah laptop gaming yang jadi jagoan utamanya. Kini Medcom.id berkesempatan menjajal satu varian laptop terbarunya yaitu TUF Gaming FX505 DT. Perlu diketahui bahwa TUF Gaming FX505 memiliki tiga varian yang dibedakan dari prosesor dan kartu grafis serta kapasitas storage dan jenisnya.
 
Namun, satu hal yang penting dan menarik adalah TUF Gaming jadi karya ASUS yang memadukan prosesor AMD Ryzen 3000 Series versi mobile atau laptop yang bernama AMD Ryzen Picasso dan kartu grafis NVIDIA seri terbaru GeForce GTX.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak ketinggalan seri TUF Gaming terbaru ini juga masih menjagokan daya tahan tangguh lewat sertifikasi pengujian standar militer. Sebelumnya Medcom.id pernah mengulas TUF Gaming FX705. Apakah kali ini ASUS TUF Gaming FX505 DT juga menarik untuk dimiliki?

Desain Luar Masih Sama

Kesan pertama dari Medcom.id adalah ASUS TUF Gaming FX505 DT seharusnya memiliki tampilan yang segar atau baru. Membandingkan dengan seri TUF Gaming FX705 yang pernah kami ulas, laptop ini masih memiliki tampilan luar dan bagian dalam atau penampang keyboard yang masih sama.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT memiliki guratan garis diagonal dari tiap sudutnya di bagian cover luar. Di tengah terdapat logo ASUS seperti di seri laptop mainstream,namun yang ini akan menyala saat laptop aktif. Perlu dicatat logo ini hanya menyala dengan satu warna, bukan RGB.
 
Bodinya laptop ini juga tidak dibuat kotak melainkan sudut dipotong sehingga memiliki desian trapezoid cut. Membukanya akan disajikan keyboard ukuran full size dengan numpad yang berdekatan dengan tombol arrow.
 
Ukuran keyboard sangat lega, demikian juga trackpad dan palm rest. Pengalaman Medcom.id menggunakannya sangat nyaman di tambah switch keyboard yang digunakan masih tergolong tactile. Permukaan sekitar keyboard diberikan desain metal brush khas ASUS.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Memang terlihat tidak mewah seperti laptop gaming ASUS ROG, tapi Medcom.id sangat nyaman menggunakannya dan tidak masalah. Bagi penggemar RGB, keyboard ASUS TUF Gaming FX505 DT punya backlit RGB yang bisa dikustomisasi.

Layar 15 Bezel Tipis

ASUS TUF Gaming FX505 DT memiliki panel layar IPS ukuran 15,6 inci bezel tipis khas ASUS NanoEdge Display dengan ketebalan bezel 6,5mm. Desain ini diklaim ASUS membuat bodinya lebih kecil dari laptop lain di ukuran 15 inci
 
Layarnya mengusung resolusi Full HD (1920x1080) yang masih unggul berkat dukungan AMD FreeSync dan refresh rate 120Hz. Bagi Medccom.id spesifikasi monitornya sudah cukup memuaskan tanpa harus memiliki ukuran 17 inci dan refresh rate 144Hz.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Dengan ukuran layar yang dibawanya ASUS TUF Gaming FX505 DT masih ringan dengan bobot 2,2kg dan ketebalan hanya 2,6cm saja. Kualitas warnanya dari layarnya tergolong masih tajam dan kaya. Tersedia software pendukung Game Visual.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Game Visual menyediakan preset konfigurasi warna yang disesuaikan dengan jenis konten yang disajikan di layar. Secara personal, ukuran layar 15 inci masih sangat menarik. Ukuran ini terbilang compact untuk dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Berbeda dari ukruan 17 inci yang akan membuat tas menjadi penuh atau melebar.

Sistem Pendingin dan I/O Port Lengkap

Sistem pendingin ASUS TUF Gaming FX505 DT masih sama seperti seri TUF Gaming FX705 yaitu meminjam dari DNA ASUS ROG. Laptop ini menggunakan teknologi sistem pendingin Hypercool Technology yang bisa menghalau udara panas untuk tidak menyebar ke permukaan keyboard.
 
Medcom.id sudah menjajalnya dan di performa maksimal perputaran kipas serta suara yang dihasilkan tidak tergolong bising Fitur Anti-Dust Cooling juga masih ditemukan untuk membuat sistem pendingin tidak mudah rusak akibat debu yang terperangkap.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Performa kipas atau sistem pendingin ASUS TUF Gaming FX505 DT juga bisa dikustomisasi lewat software TUF Gaming Armoury Crate. Tersedia tiga preset kecepatan mulai dari senyap hingga powerful yang juga ikut ditentukan dari performa yang diinginkan.
 
Di sisi I/O Port ASUS TUF Gaming FX505 DT sangat lengkap. Mulai dari satu port USB 2.0 Type-A, dua port USB 3.1 Gen1 Type-A, port RJ-45, combo audio jack, dan port HDMI. Konektivitasnya didukung WiFi 802.11ac MU-MIMO 2x2 dan Bluetooth 4.2.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Mengingat bezel yang tipis ASUS TUF Gaming FX505 DT masih memiliki webcam di bezel atas layarnya dengan resolusi 720p HD. Fitur lainnya adalah dua speaker yang memiliki chipset DAC ESS Hi-Fi. Kualitas suaranya Medcom.id akui sangat bagus.

Bagaimana Performanya?

Harus dicatat bahwa ASUS TUF Gaming FX505 DT memiliki dua varian prosesor yaitu AMD Ryzen 7 7350H dan Ryzen 5 3550H. Medcom.id menggunakan varian kedua yaitu AMD Ryzen 5 3550H yang bisa diketahui seri AMD Ryzen 5 posisinya adalah di kelas menengah.
 
Spesifikasinya juga didukung kapasitas RAM 8GB GDDR4 yang bisa dimaksimalkan hingga 32GB dan storage jenis HDD 1TB. Di sisi kartu grafis ASUS TUF Gaming FX505 DT menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1650 VRAM 4GB.
 
Melihat spesifikasinya ASUS TUF Gaming FX505 DT termasuk laptop gaming kelas bujet yang menarik. Kartu grafis yang digunakan bukan tergolong yang tinggi tapi GeForce GTX 1650 sudah dikenal mampu memainkan game online terkini yang populer dengan frame rate tinggi.
 
Medcom.id sendiri menguji ASUS TUF Gaming FX505 DT untuk memainkan game standar pengujian kami di resolusi 1920x1080 tapi kali ini diresolusi High karena melihat jenis kartu grafis yang digunakan.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Melihat frame rate yang dihasilkan ASUS TUF Gaming FX505 DT masih bisa diajak bermain game kelas AAA seperti Assassin's Creed Odyssey dan The Witcher 3: Wild Hunt di kualitas grafis High rata-rata 30fps.
 
Melihat kemampuannya di game World War Z, Medcom.id meyakini frame rate tinggi hingga 60fps juga bisa ditemukan pada game seperti PUBG dan sejenisnya.
 
Beralih ke pengujian performa Medcom.id menggunakan software PCMark 10 skenario modern office dan 3DMark skenario Fire Strike serta Cinebench R20. Terlihat TUF Gaming FX505 DT bisa mendapatkan skor yang cukup tinggi.
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
SKOR 3304 7693 328 1698

Untuk pengujian daya tahan baterai, Medcom.id menggunakan simulasi dari PCMark 10. Di skenario simulasi kegiatan bermain game, ASUS TUF Gaming FX505 DT bisa hingga 1 jam 10 menit tanpa mode penghematan dan kecerahan cahaya layar 50 persen.
 
Tentu saja hal ini lumrah mengingat performa laptop gaming ini cukup bertenaga, maka sangat dianjurkan bermain game dengan kondisi terhubung ke sumber listrik. Sementara untuk pemakaian biasa, Medcom.id menggunakan skenario modern offices PCMark 10 Battery.
 
ASUS TUF Gaming FX505 DT, Rp12 Juta untuk Gaming
 
Hasilnya cukup memuaskan, ASUS TUF Gaming FX505 DT bisa bertahan hingga 6 jam 16 menit berdasarkan hasil pengujian. Artinya, laptop ini juga sangat mampu diajak bekerja mobile.
 
Kesimpulan
Medcom.id menilai ASUS TUF Gaming FX505 DT versis AMD Ryzen 5 masih sangat pantas untuk dimiliki. Terutama bagi gamer yang terbatas dengan kondisi dana tapi tetap ingin bisa up to date memainkan game terkini maka laptop ini bisa menjadi modal utama.
 
Desainnya harus diakui butuh penyegaran meskipun memberikan kenyamanan yang mencukupi. Monitor ukuran 15 inci sudah sangat compact dan bisa menampilkan refresh rate 120Hz saja sudah cukup memuaskan.
 
Performa prosesor AMD Ryzen terbaru tidak bisa ditolak terutama produk tersebut selalu bisa menyediakan harga yang kompetitif dan terjangkau. Gamer masih dimanjakan dengan kualitas grafis didukung kartu grafis NVIDIA.
 
Hasilnya, performa ASUS TUF Gaming FX505 DT tidak buruk tapi sangat sesuai dengan harga yang ditawarkann. Laptop ini dibanderol Rp12.299.000 yang masih tergolong murah untuk sebuah laptop gaming.
SPESIFIKASI ASUS TUF Gaming FX505 DT
Prosesor AMD Ryzen 5 3550H
RAM GDDR4 8GB, up to 32GB
Memori Internal 1TB HDD
Layar 15,6 inci IPS Full HD(1920x1080) 120Hz
GPU NVIDIA GeForce GTX1650 VRAM 4GB
Bobot 2,2kg
Dimensi 36 x 26,2 x 2,6cm
Harga Rp12.299.000
9
ASUS TUF Gaming FX505DT
Plus
  • Bodi tangguh standar pengujian militer
  • Ukuran keyboard, trackpad, palm rest lega
  • Ukuran bodi compact
  • Performa cukup baik
  • Harga terjangkau
Minus
  • Desain tampilan tidak ada improvisasi


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif