Asus ROG Cetra II Core.
Asus ROG Cetra II Core.

Review Earphone

Menjajal Earphone Gaming Asus ROG Cetra II Core

Cahyandaru Kuncorojati • 23 Mei 2021 10:59
Jakarta: Bicara soal perangkat audio segmen gaming jelas aksesori seperti headset atau headphone jauh lebih diandalkan. Hal ini karena desainnya yang menutup seluruh bagian daun telinga sehingga kualitas audio terasa lebih tajam dan detil serta nyaman dengan memory foam.
 
Meskipun begitu harga headphone gaming relatif lebih mahal dibandingkan earphone. Desain headphone model over-ear juga jauh lebih mengundang perhatian sehingga kurang pas digunakan di tempat umum dibandikan model earphone in-ear yang penggunaannya tidak terbatas untuk bermain game saja.
 
Asus beberapa waktu lalu merilis produk terbaru di kategori earphone gaming lewat Asus ROG Cetra II Core yang masih anggota keluarga dari ROG Cetra Series generasi kedua. Sesuai namanya, varian ini hadir sebagai veri terjangkau. Hal tersebut bisa diketahui dari absennya fitur Active Noise Cancellation dan Ambient Mode.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menjajal Earphone Gaming Asus ROG Cetra II Core
 
Meskipun begitu Asus menjanjikan bahwa kualitas audio ROG Cetra II Core tetap sangat mumpuni dan berkualitas tinggi untuk pengalaman bermain game. Kabar baiknya, earphone gaming in-ear ini bisa digunakan di semua jenis platform game.
 
Asus ROG Cetra II Core memiliki koneksi model audiojack 3,5mm yang membuatnya bisa digunakan di banyak smartphone atau perangkat yang tidak memiliki USB-C untuk audio. Perangkat seperti laptop dan PC, Nintendo Switch, dan PS5 dan XboX Series X/S maupun seri sebelumnya tetap bisa menggunakan Asus ROG Cetra Ii Core.
 
Di dalam paket penjualannya, Asus ROG Cetra II Core dilengkapi splitter untuk koneksi ke audiojack earphone dan mikrofon apabila pengguna ingin mengandalkan aksesori mikrofon lain dan kurang nyaman dengan mic in-line di ROG Cetra II Core. Di dalamnya juga tersedia tiga pasang eartip dan ear fin yang dibedakan berdasarkan ukuran.
 
Menjajal Earphone Gaming Asus ROG Cetra II Core
 
Aksesori ini cukup penting sehingga pengguna dengan beragam ukuran telinga bisa menikmati Asus ROG Cetra II Core dengan nyaman. Asus juga melengkapinya dengan compact travel case untuk menyimpan semuanya. Sayangnya di dalamnya tidak ada bagian untuk memudahkan proses menggulung kabel.
 
Asus ROG Cetra II Core memiliki kabel yang menurut kami rentang rusak akibat gesekan atau tertarik karena tidak menggunakan material desain braided wire seperti kabel headset gaming.
 
Bagaimana pengalaman menggunakan Asus ROG Cetra Core II? Kami menguji produk ini pada Asus ROG Phone 5 yang baru dirilis global. Kehadirannya terasa pas sesuai rencana kehadiran smartphone gaming tersebut ke Indonesia. Di Asus ROG Phone 5 fitur audiojack kembali tersedia, tidak seperti Asus ROG Phone 3 yang hanya mengandalkan port USB-C.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Earphone Asus ROG Cetra II Core melekat cukup rapat dan nyaman di telinga. Bobotnya yang ringan terasa tidak mengganggu saat digunakan dan sesekali harus menengok ke kiri atau kanan. Posisi ROG Cetra II Core di telinga tetap mantap melekat.
 
Kualitas audio dari earphone Asus ROG Cetra II sangat memuaskan, kualitas suara yang tajam dan detail serta terasa lebih baik dibandingkan earphone in-ear premium yang tidak ditujukan untuk gaming.
 
Menjajal Earphone Gaming Asus ROG Cetra II Core
 
Asus ROG Cetra II Core diklaim menggunakan driver audio Asus Essence dengan material liquid silicone rubber yang membuat kualitas audionya bagus meskipun hadir dari aksesori seperti earphone in-ear yang bobotnya dibuat ringan demi kenyamanan pengguna.
 
Di bagian kabelnya tersedia mikrofon in-line sekaligus tombol kendali yaitu Volume Up, Volume Down, dan Play/Pause. Sekali lagi, absennya fitur Active Noise Cancellation membuat suara bising di sekitar mungkin masih akan mengganggu dan terdengar di lawan bicara.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id earphone in-ear Asus ROG Cetra II Core sangat pantas dan memuaskan sebagai pengganti headset gaming bagi pengguna yang memiliki keterbatasan dana tapi menginginkan aksesori gaming terbaik dan berkualitas. Harganya sendiri adalah Rp799.000.
 
Paket penjualan Asus ROG Cetra II Core yang sangat lengkap juga membuat pertimbangan untuk memilih produk ini dibandingkan earphone premium bukan segmen gaming menjadi lebih tepat.
 
 
8.5
Asus ROG Cetra II Core
Plus
  • Kualitas audio memuaskan
  • Paket penjualan lengkap
  • Tersedia travel case
Minus
  • Jenis material kabel mudah rusak
  • Tidak didukung noise cancellation

 
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif