Seagate One Touch SSD.
Seagate One Touch SSD.

Review SSD Eksternal

Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021

Cahyandaru Kuncorojati • 02 September 2021 16:44
Jakarta: Merek produsen perangkat storage ternama yaitu Seagate di tahun ini merilis produk yang merupakan versi generasi terbaru OneTouch SSD dan diklaim punya kemampuan lebih kencang dibandingkan versi tahun 2020.
 
OneTouch SSD adalah solusi produk external storage yang terdiri dari jenis HDD dan SSD. Medcom.id berkesempatan menjajal Seagate OneTouch SSD. Soal perbedaan dua jenis storage tersebut sudah jadi pengetahuan umum bahwa SSD menawarkan perangkat yang lebih ringan sekaligus lebih cepat dibandingkan SSD.
 

Desain

Seagate OneTouch SSD hadir dengan desain yang tidak cuma ringan tapi ringkas. Ukuran perangkat ini lebih kecil dari telapak tangan orang dewasa. Ketebalannya hanya 0,42 inci dengan bobot 45 gram. 
 
Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tampilannya terlihat mewah tapi tidak dilengkapi dengan material pelindung seperti karet yang biasa dijumpai pada produk HDD eksternal. Bagian luarnya dipoles dengan finishing model metal brush dan di sisi bagian samping dipasang material kain (fabric) seperti bahan kanvas di sepatu.
 
Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021
 
Di sisi bagian atas atau antarmuka akan ditemukan port USB-C dengan LED yang akan menyala di sampingnya saat terhubung ke laptop atau PC. Desain yang ringan dan mungil ini membuatnya bisa digunakan dan dibawa ke mana saja.
 

Kapasitas dan Fitur

Seagate OneTouch SSD hadir dengan pilihan kapasitas 500GB, 1TB, dan 2TB yang dibanderol masing-masing mulai dari Rp1,9 juta, Rp2,9 juta, dan Rp6,9 juta. Medcom.id berkesempatan menjajal yang varian kapasitas 1TB.
 
Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021
 
Di dalam paket penjualannya tersedia dua jenis kabel data, pertama adalah USB-C to USB-C dan kedua USB-C to USB-A. Tentu saja perbedaan keduanya juga terletak pada dukungan kecepatan transfer data. Ketersediaan dua jenis kabel data ini juga memungkinkan penggunaan Seagate OneTouch SSD terhubung ke USB-C pada smartphone.
 
Di platform PC atau laptop, Seagate OneTouch SSD disebut bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac. Fitur lain yang disediakan di dalamnya adalah software Seagate Toolkit yang membantu proses backup dalam mengatur jadwal backup otomatis saat terhubung ke perangkat yang dikenali.
 

Performa

Seagate OneTouch SSD 1TB diklaim punya kecepatan transfer hingga 1.030MBps alias 1GB. Harus dicatat bahwa ini bukan standar umum, hanya kecepatan tertinggi yang mungkin bisa tercapai. Hal tersebut juga akan bergantung pada jenis perangkat yang digunakan.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Medcom.id menjajalnya pada laptop Asus ROG Zephyrus G14 versi 2020 dengan spesifikasi AMD Ryzen 7 4800HS. Benchmark yang dilakukan menemukan perbedaan kecepatan pada koneksi port yang berbeda.
 
Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021
 
Pertama di port USB 3.2 Gen2 Type-C diperoleh kecepatan baca (read) sekuensial mencapai 912 MBps sementara pada koneksi USB 3.2 Gen1 Type-A hanya diperoleh kecepatan baca pada 402 MBps dengan pengujian CrystalDiskMark 8.0 test size 1GiB dan test count lima kali.
 
Review SSD Eksternal Seagate OneTouch SSD 1TB 2021
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id kecepatan yang ditawarkan Seagate OneTouch SSD masih sangat kencang dan dengan ukuran atau desain perangkat yang ditawarkan maka SSD eksternal ini sangat bisa diandalkan. Harga yang dipasang menurut kami tergolong wajar mengingat bukan cuma kecepatan yang ditawarkan tapi juga ukuran yang sangat ringkas.
 
9
Seagate OneTouch SSD
Plus
  • Desain sangat ringkas
  • Performa sangat cepat
  • Tersedia dua kabel koneksi yang berbeda
  • Bisa digunakan di smartphone
Minus
  • Ukuran kabel sangat pendek

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif