TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD
TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD

Review SSD

Begini Performa TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD 512GB

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 08 Desember 2020 15:50
Jakarta: TeamGroup dikenal sebagai produsen perangkat memori atau RAM. Bekal pengalaman inilah membuat mereka bisa memproduksi tempat penyimpanan SSD, dan mereka juga telah merambah pasar M.2 dalam beberapa tahun terakhir.
 
Mereka mengeluarkan varian produk flash storage yang cukup banyak, dan berusaha memikat hati konsumen dengan harga yang menarik. Satu produk storage SSD M.2 mereka yang redaksi teknologi Medcom.id jajal adalah TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD.
 
TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD yang kami uji menyediakan kapasitas 512GB. Seperti review storage yang sudah terbit, kami tidak akan membahas terlalu teknis. Ini karena jajaran produk M.2 yang sudah beredar di pasar saat ini menyediakan banyak fitur yang semakin mudah untuk dijelaskan, dan perkembangan teknologinya setiap tahun memudahkan konsumen dalam menentukan jenis storage yang ingin dipilih. Selain itu, harganya perlahan semakin terjangkau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begini Performa TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD 512GB
 
Mengusung PCB warna biru, TeamGroup MP33 memasang semua chip storage di bawah stiker berisi sejumlah informasi penting. Lebih mengutamakan tema kasual, ia tak dilengkapi dengan heatsink tambahan, yang biasanya tersedia pada produk kelas gaming atau high-end.
 
TeamGroup tampaknya mencoba menyediakan alternatif storage dengan harga yang lebih terjangkau tetapi punya performa yang tak kalah kencang. TeamGroup MP33 menggunakan controller Silicon Motion SM2263XT, berbeda dari generasi sebelumnya yang menyematkan Phison sebagai controller.
 
Dari aspek fitur, TeamGroup mengklaim SSD M.2 ini telah mendukung S.M.A.R.T seperti HDD, dan mekanisme algoritma khusu seperti GC atau Garbage Collection dan TRIM untuk meningkatkan efisiensi dan memperpanjang usia pakai SSD.
 
Ia juga dapat meminimalisir Error Correction Code, sehingga bisa meningkatkan akurasi transfer data, begitu juga dengan umur SSD tersebut. Untuk ketahanannya, produk ini dapat dipakai hingga siklus 600TB.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Saatnya membicarakan performa. TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD diklaim menyediakan kecepatan baca 1.700MB per detik dan kecepatan tulis 1.400MB per detik untuk versi 512GB. Pengujian kami dengan CrystalDiskMark membuktikan nilai yang berbeda, tetapi di saat yang sama cukup unik.
 
Pada gambar di bawah ini Anda bisa melihat bahwa ternyata kecepatan tulisnya mengalahkan read speed. Ia mampu menghasilkan kecepatan tulis 1.700MB per detik dan kecepatan baca 1.500MB per detik. 
 
Begini Performa TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD 512GB
 
Perlu diingat bahwa hasil performa bisa berbeda untuk setiap pengguna. Namun, pada dasarnya angka performa tersebut akan terpaut tipis dari klaim produsen. Jika angkanya tepat atau terpaut tipis, ini berarti komponen lainnya dapat menjalankan SSD dengan maksimal.
 
Jika terpaut jauh, Anda mungkin bisa memeriksa kompatibilitas atau software yang terpasang pada PC. Kabar baiknya, kompatibilitas saat ini sudah tak lagi menjadi hal yang umum.
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD 512GB adalah Rp1.050.000, cukup menarik dan kompetitif. Beberapa pesaingnya yang menawarkan kecepatan mirip dipatok dengan harga yang cenderung lebih mahal.
 
Artinya, ini bisa menjadi alternatif untuk konsumen yang ingin menambah kapasitas penyimpanan PC mereka, atau mereka yang baru pertama kali ingin berpindah dari SSD SATA atau HDD ke penyimpanan M.2. Pilihan yang manapun, tak ada salahnya untuk menggunakan setidaknya satu unit SSD M.2 di PC saat ini.
 
 
9.5
TeamGroup MP33 M.2 PCIe SSD
Plus
  • Performa kencang
  • Kompatibilitas tinggi
  • Harga kompetitif
Minus
  • Paket penjualan sekali buang

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif