Garmin Instinct Solar.
Garmin Instinct Solar.

Review Smartwatch

Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat

Cahyandaru Kuncorojati • 03 Februari 2021 17:18
Jakarta: Di tengah tren jam tangan pintar dan gaya hidup sehat kehadiran smartwatch yang segmentasinya khusus untuk olahraga, bukan fesyen, masih memiliki pasar. Makanya Garmin masih konsisten merilis jam tangan terbaru dengan fitur pemantau kebugaran.
 
Beberapa waktu lalu Garmin di merilis produk Garmin Instinct Solar ke Indonesia, banderol harganya Rp5.999.000 yang memang bisa sekelas harga jam tangan pintar dari merek gadget ternama.
 
Seri Garmin Instinct ditujukan bagi pengguna yang menggemari kegiatan berolahraga. Sesuai namanya, Garmin Instinct Solar mengandalkan pengisian daya atau baterai tenaga matahari tapi masih ada fitur pengisian lewat charger.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apakah produk ini cukup menarik bagi mereka yang menggemari olahraga? Berikut ini ulasan lengkap Medcom.id.
 

Desain

Garmin Instinct Solar punya desain yang tidak terlihat seperti smartwatch buatan sejumlah merek gadget. Desainnya jelas seperti jam tangan digital yang memiliki sejumlah tombol di sisi luar bingkainya. Desainnya biasa saja karena banyak ditemukan di jam tangan merek outdoor ternama.
 
Desain yang terlihat maskulin menurut saya masih cocok digunakana oleh perempuan karena ukurannya yang tidak begitu besar di tangan. Bobotnya juga ringan dan tidak terasa tebal saat melekat di pergelangan tangan. Menurut Medcom.id Garmin Instinct Solar nyaman digunakan.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Panel layarnya tidak begitu besar dengan menggunakan tampilan monokrom. Opsi monokrom memang dinilai lebih baik, selain menghemat konsumsi baterai juga lebih mudah dilihat saat di bawah cahaya matahari yang terik.
 
Ada pilihan untuk mengaktifkan cahaya latar dari panel layar. Namun penggunaan panel monokrom memang kurang nyaman untuk membalas pesan yang masuk. Ya, Garmin Instinct Solar memiliki fungsi sederhana dari smartwatch, fitur ini akan kami bahas di bagian lain.
 
Di balikya terdapat sensor untuk memantau kebugaran pengguna serta sebuah soket yang dipasang dengan kabel charger bawaan untuk mengisi baterainya.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Di situs resminya, Garmin Instinct Solar disebut sebagai rugged GPS smartwatch yang berarti jam tangan pintar ini punya daya tahan kuat dan punya sistem GPS yang sangat akurat. Garmin mengklaim sudah lulus uji standar militer Amerika Serikat dan tahan hingga kedalaman air 100 meter.
 

Antarmuka

Garmin Solar Instinct punya tiga lima tombol yang berfungsi untuk mengakses menu dan navigasi menu. Menurut kami penggunaan atau proses navigasinya tergolong mudah namun butuh adaptasi karena layarnya warna monokrom.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Beragam fitur yang ditampilkan di layarnya masih bisa diakses dengan mudah. Di sini juga ada indikator daya tahan baterai dengan hitungan hari. Sedikit kekurangan mungkin terletak saat menerima notifikasi yang terintegrasi ke smartphone.
 
Contohnya, saat menerima pesan masuk di WhatsApp. Teks dari WhatsApp bisa dibaca di sini meskipun terpotong dan Anda harus menggesernya ke bawah. Garmin juga memiliki fitur untuk membuat balasan cepat yang sudah dikustomisasi lewat aplikasi Garmin Connect di smartphone.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Jujur saja, saya malah kurang nyaman menggunakan fitur pesan WhatsApp yang masuk dan lebih memilih tidak mengaktifkannya atau mengecek langsung ke smartphone.
 

Aplikasi Pendamping

Proses pairing atau terintegrasi ke smartphone dilakukan menggunakan aplikasi Garmin Connect. Menurut saya proses pairing Garmin Instinct Solar sangat mudah karena juga mengandalkan Bluetooth. Aplikasi ini mendukung integrasi dengan smartphone Android dan iOS.
 
Antarmuka aplikasi Garmin Connect mudah dipahami dan menyediakan informasi real-time yang lengkap terkait kebugaran atau mode olahraga. Pengguna bisa mengisi informasi seperti jenis kelamin, tinggi, dan berat badan untuk memudahkan monitoring kebugaran serta beragam mode olahraga.
 
Sama seperti kebanyakan aplikasi smartwatch pemantau kebugaran, di sini disajikan informasi yang sangat lengkap termasuk fitur untuk membuat target aktivitas atau olahraga. Garmin bisa membuat laporan seperti aktivitas atau kebugaran penggua per hari, per minggu, dan per bulan.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Mengingat Garmin lebih unggul soal teknologi GPS dan pemantau kebugaran maka fitur tersebut sangat diacungi jempol. Ada indikator kecepatan sekaligus jarak tempuh kegiatan jogging serta bersepeda yang bisa disajikan dengan serta detak jantung yang rasanya cukup akurat.
 
Di dalam aplikasi Garmin Connect juga terdapat sejumlah mode yang menyediakan panduan olahraga dan yang targetnya bisa dikustomisasi atau otomatis menyesuaikan dengan informasi data diri maupun performa pengguna.
 
Apabila Garmin Connect menyediakan fitur yang menyajikan informasi lengkap kebugaran atau performa olahraga pengguna, maka Garmin Instinct Solar mendukungnya lewat sensor yang lengkap.
 

Fitur Jam Tangan Pintar dan Baterai Tahan Lama

Di bagian awal sudah dijelaskan bahwa Garmin Instinct Solar punya desain layar yang kecil dan jenis tampilan monokrom yang kurang nyaman untuk fitur membalas pesan. Namun hal ini tetap tidak mengurangi fitur jam tangan pintar atau smartwatch yang bisa dihadirkan.
 
Di aplikasi Garmin Connect bisa dikustomisasi pesan singkat yang digunakan untuk membalas pesan masuk, misalnya WhatsApp, dari Garmin Instinct Solar. Soal kemampuan GPS , produk ini menyediakan dua jenis mode GPS yang paling akurat dan menghemat baterai.
 
Garmin Instinct Solar, Cocok Buat Penggemar Olahraga dan Anti Lowbat
 
Baterai Garmin Instinct Solar diklaim bisa menyala hingga 38 jam dengan kondisi GPS aktif dan paling akurat. Garmin Instinct Solar menyediakan beberapa pilihan mode GPS yang akan membuat daya tahan baterainya semakin panjang. Jadi memang didesain untuk mendukung kegiatan outdoor.
 
Apabila mode GPS dinonaktfikan dan fitur smartwatch aktif maka baterainya bisa bertahan hingga 30 hari. Soal pengisiannya yang canggih yaitu lewat panel tenaga surya di balik layarnya, fitur ini menjadi hal yang paling menarik. Garmin mengklaim fitur ini akan secara otomatis nonaktif saat baterai penuh atau suhu dari paparan cahaya matahari sangat panas demi menjaga baterai aman.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id smartwatch Garmin Instinct Solar sangat menarik bagi pengguna yang berfokus kepada fitur monitoring kebugaran dan gemar melakukan kegiatan outdoor tapi enggan pusing memikirkan daya tahan baterainya.
 
 
9
Garmin Instinct Solar
Plus
  • Bobotnya ringan dan nyaman digunakan
  • Navigasi mudah
  • Fitur dan sensor lengkap
  • Aplikasi pendamping bagus
  • Daya tahan baterai jadi unggulan
Minus
  • Harganya cukup mahal

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif