ASUS ROG Zephyrus S GX502GW.
ASUS ROG Zephyrus S GX502GW.

ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro

Teknologi games asus review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Juli 2019 15:49
Jakarta: Medcom.id mendapatkan kesempatan ekslusif menjajal lebih dulu satu laptop gaming yang dirilis di Indonesia. ASUS ROG S Zephyrus GX502 merupakan varian laptop gaming tipis.
 
Kami selau tertarik dengan keluarga ASUS ROG Zephyrus sejak pertama kali menjajalnya di 2017. Sejak saat itu, ASUS ROG menjadi satu merek yang sukses membuat laptop gaming tipis dengan spesifikasi tertinggi.
 
Sebelum berkenalan lebih jauh, pembaca perlu mencatat bahwa ASUS ROG Zephyrus memiliki beberapa silsilah. ROG Zephyrus S (GX) sebagai laptop gaming multi-lifestyle yang terlihat dari desainnya. Bagaimana desain ASUS ROG Zephyrus S GX502?

Desain Low Profile tapi Elegan

Laptop gaming multi-lifestyle yang dimaksud ASUS ROG adalah laptop gaming yang juga mendukung pengguna kalangan profesional atau kantoran. Biasanya, kalangan pengguna tersebut tidak begitu menggemari desain luar yang kental dengan gamer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ASUS ROG Zephyrus S GX502 memiliki desain low profile. Cover luar laptop gaming ini tidak terlalu mengesankan sebuah laptop gaming spesifikasi tinggi. Hanya terdapat desain logo ASUS ROG dan garis diagonal yang diberikan coating metal brush.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Bagi penggemar ASUS ROG desain tersebut masih sangat familier. Absennya aksen warna emas di pinggir bodi seperti yang ada di seri Zephyrus lainnya tetap membuat laptop ini elegan dan berkesan mewah.
 
Bicara ASUS ROG Zephyrus harus bicara dimensi bodinya. ASUS ROG Zephyrus S GX502 memiliki dimensi bodi 36 x 25,2cm dengan ketebalan 1,89cm dan bobot 1,9kg. Sayabisa menggenggamnya dengan satu tangan dan masih terasa ringan.
 
Sebetulnya seri ASUS ROG Zephyrus yang lebih tinggi memiliki ketebalan lebih tipis lagi. Namun ada alasan di balik ketebalannya kali ini. ASUS ROG mengembalikan port RJ45 yang selalu absen di laptop gaming tipis.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
ASUS ROG mendengar penggunanya yang lebih mengandalkan koneksi internet kabel via port RJ45 saat bermain game karena lebih stabil. Ke sisi belakang laptop ini, terdapat lubang ventilasi udara. Demikian juga di bagian bawahnya.
 
Kaki laptop ASUS ROG Zephryus S GX502 menggunakan permukaan bagian bawah yang akan terbuka sehingga menampilkan celah yang juga berfungsi sebagai ventilasi dari sistem pendinginnya. Desain ini menjadi sistem pendingin terbaik untuk laptop gaming tipis ASUS ROG.

Layar 15 Inci 144Hz, NVIDIA G-Sync, dan Pantone

Dari bodi yang ringan dan tipis tersebut, ASUS ROG Zephyrus S GX502 mengusung layar ukuran 15,6 inci IPS-level resolusi FHD (1920x1080) dengan referesh rate 144Hz dan response time 3ms.
 
Diketahui bahwa ASUS ROG Zephyrus S GX502 juga memiliki varian yang layarnya menawarkan refresh rate 240Hz dan response time 3ms. Jelas performa tersebut sudah memenuhi keinginan banyak gamer.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Layar ASUS ROG Zephyrus S GX502 memiliki rasio ke bodi 16:9 dengan Super Narrow Bezel sehingga ukuran layar dan bodinya masih lebih ramping dibandingkan laptop lain di pasar 15 inci. Konsekuensi dari bezel tipis tersebut adalah webcam yang absen.
 
Apabila merek lain memilih memindahkan webcam ke sisi bezel bawah layar, ASUS ROG Zephryus S GX502 memilih tidak sama sekali. Hal ini agak disayangkan, mengingat laptop ini menyasar profesional sekaligus gamer. Penggantinya, ASUS ROG sudah menyiapkan aksesori eksternal webcam.
 
Fitur layarnya yang lain adalah dukungan NVIDIA G-Sync yang meminimalisir screen tearing dan stuttering dengan mengurangi input lag. Kemudian layar ASUS ROG Zephyrus S GX502 juga telah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone. Artinya, kualitas warna dan ketajamannya sangat memenuhi standar desainer grafis atay penyuntingan video profesional.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Tidak ketinggalan, tersedia kalibrasi warna otomatis lewat preset yang sudah disediakan pada software ASUS ROG Armoury Crate. Kalibrasi warna yang disediakan sudah dioptimalkan sesuai jenis konten yang disajikan.

Keyboad Lebar dan Tetap Tactile

Keyboard dan trackpad ASUS ROG Zephyrus S GX502 terbilang lega sehingga sangat nyaman digunakan, dengan area wrist rest yang juga lega karena tidak adanya area Numpad. Keyboard ini memiliki switch yang tactile dengan dukungan backlit RGB per-key.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Pengguna yang tidak menyukai backlit RGB bisa langsung menggunakan tombol Arrow untuk menurunkan kecerahan cahaya. Bagi yang menggemariny,a tersedia juga akses cepat di tombol Arrow untuk mengganti pola efek cahaya. Kustomisasi lebih luas bisa dilakukan di ROG Armoury Crate.
 
Membuktikan dukungan penuh ke pengalaman gaming. Tombol Windows untuk Start Menu juga bisa dikunci (Windows key lock). Jadi tombol ini tidak akan tertekan jemari saat bermain game. Di bagian atas tersedia tombol dedicated untuk volume, mute microphone, dan akses ROG Armoury Crate.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro

Fitur dan I/O Port

Seperti yang sudah disebutkan bahwa ASUS ROG Zephyrus S GX502 masih memiliki dukungan ROG Armoury Crate yang juga mengkustomisasi performa laptop (sistem pendingin dan performa) untuk masing-masing aplikasi yang berjalan.
 
Di kualitas audionya, ASUS ROG Zephyrus S GX502 memiliki dukungan chipset DAC ESS dan Smart AMP yang membuat kualitas audio dari speakernya menurut Medcom.id tajam dan surround di volumer tertinggi.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Beralih ke I/O Port seperti yang dijelaskan di atas bahwa bodinya yang lebih tebal memungkinkan kembalinya fitur Ethernet Port RJ45. Port lainnya yang disediakan adalah dua USB 3.1 Gen1 Type-A, satu USB 3.1 Gen2 Type-C, satu USB 3.1 Gen2 Type-A dan audio jack. Konektivitasnta didukung Wi-Fi 5 (802.11ac) dan Bluetooth.

Bagaimana Performanya?

Perlu diingat bahwa ASUS ROG Zephyrus S GX502 memiliki dua varian yang sedikit berbeda. Medcom.id menjajal ASUS ROG Zephyrus S GX502GW yang di layarnya mengusung refresh rate 144Hz. Perbedaan lainnya juga terdapat di kartu grafis dan kapasitas RAM bawaan.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502GW memiliki SDRAM 32GB DDR4 2666MHz, varian lain kapasitasnya 16GB. Kemudian kartu grafis laptop ini menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2070 VRAM 8GB GDDR6 sementara varian lain GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6.
 
Artinya ASUS ROG Zephyrus S GX502GW yang dijajal Medcom.id merupkan varian spesifikasi tertinggi. Kemudian prosesor yang digunakan adalah Intel Generasi ke-9 Core i7-9750H dan storage yang digunakan M.2 NVMe PCIe SSD 512GB.
 
Pertama ASUS ROG Zephyrus S GX502GW diuji menggunakan PCMark 10 untuk mengetahui performanya untuk kegiatan komputasi yang akan dilakukan oleh kalangan profesional. Perlu dicatat bahwa pengujian ini dilakukan dengan mode performa Turbo dari ROG Armoury Crate.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Hasilnya diperoleh skor tergolong tinggi yaitu 5.704 poin. Masih dalam mode Turbo dilakukan pengujian 3DMark Fire Strike untuk melihat kemampuan kegiatan gaming di API DirectX 11, skornya mencapai 17.256 poin.
 
Dalam pengujian 3DMark Port Royal yang menentukan kemampuan kartu grafis yang digunakan untuk menyajikan kemampuan real-time ray tracing, ASUS ROG Zephyrus S GX502GW memperoleh skor yang juga terbilang tinggi untuk laptop gaming yaitu 4.533.
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
SKOR 5.704 17.256 421 2.939

Selanjutnya, masih dalam mode performa Turbo ASUS ROG Zephyrus S GX502GW diuji untuk memainkan tiga game di resolusi 1920 x 1080p kualitas grafis maksimal atau Ultra. Hasilnya ketiga game bisa berjalan di frame rate rata-rata melebihi 60fps. Performa ini sangat memuaskan selera gamer saat ini.
 
Masuk ke pengujian baterai. Medcom.id menggunakan dua skenario simulasi dari PCMark 10. Pertama adalah skenario Gaming dengan mode performa Turbo dan kecerahan layar 25 persen serta backlit RGB keyboard menyala maksimal. Tercatat laptop gaming ini mampu bertahan hingga 1 jam 11 menit.
 
ASUS ROG Zephyrus S GX502, Sempurna untuk Profesional dan Gamer Pro
 
Daya tahan tersebut masih terbilang bagus untuk laptop gaming. Umumnya laptop gaming digunakan bermain dengan kondisi tersambung ke sumber listrik untuk menghindari performanya menurun. Kini, beralih ke skenario pengujian Modern Office atau digunakan untuk browsing, mengolah dokumen teks, grafis, dan lain-lain.
 
Kondisi pengujian baterai kali ini dalam kondisi mode Silent, kecerahan layar di 15 persen dan backlit RGB non-aktif. ASUS ROG Zephyrus S GX502GW tercatat mampu bertahan hingga 2 jam 59 menit menurut pengujian PCMark 10 tersebut. Hasil ini termasuk sangat bagus untuk sebuah laptop gaming.
 
Kesimpulan
ASUS ROG Zephyrus S GX502GW dipastikan jadi pilihan pengguna yang ingin membawa laptop gaming sebagai temannya bekerja di kantor tapi juga bermain dengan performa tinggi di kelasnya. Desain tampilan laptop ini tidak memangkas performanya.
 
Kemampuan monitor yang sangat baik ditambah sertifikasi kalibrasi warna Pantone adalah perpaduan yang pas. Sayangnya, ASUS memutuskan menghilangkan webcam dari bezel tipis layarnya padahal masih lebih baik apabila dipindah ke bagian bawah layar.
 
Bodi ASUS ROG Zephyrus S GX502GW yang ringan dan tipis masih menjadi daya tarik utamanya. Meskipun lebih tebal dari seri ASUS ROG Zephyrus yang lain tapi kembalinya port Ethernet RJ45 adalah nilai plus. Tidak ketinggalan port Type-C yang dimiliki juga membuat laptop ini bisa mengisi daya menggunakan powerbank khusus dari ASUS ROG.
 
Melihat spesifikasi yang ditawarkan serta pengalaman menggunakannya, Medcom.id menilai wajar apabila ASUS ROG Zephyrus S GX502GW dibanderol mulai dari Rp35.999.000.
 
SPESIFIKASI ASUS ROG Zephyrus S GX502GW
Prosesor Intel Core i7-9750H
RAM 32GB DDR4 2666MHz
Memori Internal M.2 NVMe PCIe SSD 512GB
Layar 15,6 inci IPS-level FHD (1920x1080) 144Hz 3ms
GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6
Bobot 1,9 kg
Dimensi 36 x 25,2 x 1,89cm
Harga Mulai dari Rp35.999.000
9.5
ASUS ROG Zephyrus S GX502GW
Plus
  • Tampilan dan desain elegan pas untuk profesional
  • Layar 144Hz plus kalibrasi Pantone
  • Spesifkasi tinggi
  • Bodi tipis dan ringan
  • Kembali tersedia port Ethernet RJ45
Minus
  • Tidak ada webcam padahal bezel bawah layar masih luas.

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif