ASUS ZenFone Live L2. (Medcom.id)
ASUS ZenFone Live L2. (Medcom.id)

ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi

Teknologi asus review gadget
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Juli 2019 20:23
Jakarta: Pada April lalu, ASUS diam-diam meluncurkan ZenFone Live L2. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dijagokan di kelas pemula alias entry-level dengan harga Rp1 jutaan.
 
Ponsel kelas pemula biasanya ditujukan untuk orang-orang yang baru pertama kali menggunakan smartphone. Dengan harga yang relatif lebih terjangkau, biasanya ponsel itu akan memiliki fitur yang lebih terbatas.
 
Begini pengalaman menggunakan ZenFone Live L2.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Warna gradasi menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan. Pada awalnya, desain ini hanya dapat ditemukan pada smartphone premium. Namun, belakangan, semakin banyak perusahaan smartphone yang menyediakannya untuk smartphone kelas menengah, bahkan kelas pemula.
 
Inilah yang ASUS lakukan dengan ZenFone Live L2. Perusahaan asal Taiwan itu menyediakan dua opsi warna untuk Live L2, yaitu Cosmic Blue dan Rocket Red. Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk menguji varian Cosmic Blue.
 
Di sini, ASUS menggabungkan warna biru dengan biru gelap. Ini membuat tampilan Live L2 terlihat cukup menarik. Karena bagian belakang Live L2 masih terbuat dari polikarbonat, ia terlihat layaknya plastik.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Live L2 memiliki layar 5,5 inci. Kali ini, ASUS tidak menggunakan layar dengan desain poni. Bezel bagian atas dan bawah dari ponsel ini memang terlihat cukup tebal. Namun, ponsel tersebut sudah menggunakan layar dengan rasio 18:9 dan tidak lagi 16:9. Ini akan membuat layar terasa lebih lega ketika Anda menonton video atau memainkan game.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Live L2 memiliki tombol power pada sebelah kanan. Di bagian atas tombol power, terdapat tombol volume. Sementara pada bagian bawah, Anda akan menemukan port USB-A yang diapit oleh speaker. Kamera depan tersemat pada bezel bagian atas. Kamera belakang Live L2 terdapat pada sudut kiri atas. Jackphone bisa Anda temukan pada bagian kiri atas.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
ASUS tidak memasang sensor sidik jari pada Live L2. Alasannya karena mereka sudah menggantinya dengan fitur Face Unlock, memungkinkan Anda membuka kunci ponsel dengan menampilkan wajah.

Antarmuka Pengguna

Meskipun ditujukan untuk pemula, ASUS sudah memasang Android 8 Oreo pada Live L2. Sistem operasi ini meluncur pada akhir 2017. Namun, seperti biasa, adopsi OS Android memang terbilang cukup lambat.
 
ASUS melapisi Android dengan antarmuka buatannya, ZenUI. Di sini, Anda akan melihat versi kustomisasi ikon dari ASUS. Selain itu, ASUS juga menambahkan fitur lain, seperti Game Genie. Di sini, Anda bisa menggunakan fitur seperti No Alerts.
 
Seperti namanya, fitur ini berfungsi agar sesi bermain Anda tidak terganggu oleh notifikasi. Melalui Game Genie, Anda juga bisa merekam sesi permainan Anda atau mengunci layar dengan Lock Mode.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Mengingat Live L2 sudah menggunakan Oreo, ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur multitasking. Untuk melakukan itu, Anda cukup mengakses bagian Recent Apps dan melakukan drop-and-drag pada satu aplikasi dan memilih satu aplikasi lainnya. Satu hal yang harus diingat, tidak semua aplikasi kompatibel dengan fitur ini.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Sebagai pengganti sensor sidik jari, ASUS menggunakan fitur pengenalan wajah alias Face Unlock. Proses untuk memasukkan data wajah Anda cukup sebentar.
 
Dengan fitur ini, proses membuka kunci ponsel juga berlangsung cepat, meski sesekali ponsel tidak mendeteksi wajah. Saat mencobanya, ponsel masih bisa mengenali wajah saya bahkan ketika saya menggunakan aksesori seperti headphone.
 

Kamera

ASUS melengkapi ZenFone Live L2 dengan satu kamera belakang dengan lensa beresolusi 13MP. Lensa itu memiliki aperture f/2.0. Kamera belakang Live L2 juga sudah dilengkapi dengan PDAF (Phase Detection Autofocus), yang berfungsi untuk membuat kamera dapat fokus pada objek dengan lebih cepat.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Ketika saya mencoba untuk menggunakan kamera belakang Live L2, hasil foto terlihat cukup baik. Warna pada foto sesuai dengan warna asli. Foto juga terlihat cukup tajam, baik yang diambil di dalam ruangan atau di luar ruangan.
 
Hanya saja, jika ada cahaya terang dan bagian berbayang pada satu foto, ada kemungkinan cahaya menjadi terlihat terlalu terang atau hilangnya detail pada kawasan berbayang.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Meskipun Live L2 hanya memiliki satu kamera belakang, ASUS sudah melengkapi kamera ponsel ini dengan fitur Portrait. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek latar belakang mengabur alias bokeh berkat bantuan software.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Sayangnya, selama saya menguji fitur ini, fitur Portrait tidak selamanya menghasilkan foto Bokeh yang jelas. Terkadang, tidak ada perbedaan antara foto yang diambil ketika mode Portrait berada dalam keadaan aktif dan non-aktif.
 
Untuk kamera depan, Live L2 memiliki kamera dengan lensa beresolusi 5MP. Sama seperti kamera belakang, meski kamera depan Live L2 hanya memiliki satu lensa, ia dapat mengambil foto dengan efek Bokeh.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Kali ini, efek latar belakang yang mengabur terlihat jauh lebih jelas. Hanya saja, untuk bagian detail seperti rambut, justru terlihat agak mengabur.
 
Satu kelemahan lainnya adalah ketika Anda mengambil foto di tempat yang tidak terlalu terang, foto terlihat tidak terlalu tajam.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 

Performa

ASUS menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 sebagai prosesor dan Adreno 505 sebagai GPU. Sementara terkait RAM dan memori, ASUS memadankan RAM 2GB dengan memori internal 16GB. Kabar baiknya, ASUS tidak menggunakan slot kartu SIM hibrida. Sebagai gantinya, ASUS memasang tiga slot, yaitu dua slot untuk kartu SIM dan satu untuk kartu microSD.
 
Dengan spesifikasinya, Live L2 sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game seperti PUBG, meski hanya pada pengaturan yang rendah.
 
Ponsel ini memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi HD+. Tanpa poni, ponsel ini memiliki bezel pada bagian atas dan bawah yang cukup tebal. Namun, ini merupakan kabar baik bagi Anda yang memang tidak suka dengan desain berponi.
 
Anda bisa melihat perbandingan performa benchmark ASUS ZenFone Live L2 dengan smartphone lain di harga yang serupa.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Untuk masalah baterai, smartphone ini memiliki baterai yang dapat bertahan cukup lama. Ketika baterai berada dalam keadaan penuh, dengan pemakaian wajar, Anda bisa mengisi baterainya pada malam hari.
 
Gambar di bawah menunjukkan perbandingan daya tahan baterai Live L2 dengan pesaingnya.
 
ASUS ZenFone Live L2, Kelas Pemula Berdesain Trendi
 
Realme C1 memiliki baterai yang bertahan jauh lebih lama. Namun, harganya juga lebih tinggi. Ponsel itu dihargai Rp1,4 juta.
 
Kesimpulan
 
Jika Anda ingin mengganti feature phone Anda dengan smartphone, ASUS ZenFone Live L2 bisa jadi salah satu ponsel yang Anda pertimbangkan. Dengan harga Rp1 juta, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan performa yang cukup baik di kelasnya dan desain yang cukup trendi.
 
Anda masih bisa memainkan game seperti PUBG, meski pada pengaturan grafis rendah. ASUS juga sudah mendukung para pemain game dengan fitur Game Genie. Sistem operasinya cukup baru dan Live L2 memiliki fitur yang cukup baru, seperti Face Unlock.
 
Kameranya dapat menghasilkan gambar yang cukup baik di kelasnya, meski tidak banyak fitur yang tersedia di dalamnya. Baterai ponsel ini juga dapat bertahan cukup lama sementara layarnya cukup besar sehingga Anda bisa menonton dan bermain game dengan cukup nyaman.
ASUS ZenFone Live L2
Prosesor Qualcomm Snapdragon 430
GPU Adreno 505
OS Android 8 Oreo + ZenUI
RAM 2GB
Memori Internal 16GB
Kamera belakang: 13MP (f/2.0), depan: 5MP (f/2.4)
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci HD+ (1440 x 720 pixel)
Harga Rp1.199.000
7.5
ASUS ZenFone Live L2
Plus
  • Performa dan baterai cukup baik
  • Desain cukup trendi
Minus
  • Kamera yang kurang memuaskan

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif