D-Link AC1200 WiFi Range Extender.
D-Link AC1200 WiFi Range Extender.

D-Link AC1200 WiFi Range Extender, Canggih Dukung Dual Band

Teknologi review peripheral
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Mei 2019 20:33
Jakarta: Bicara perangkat pendukung koneksi atau jaringan WiFi tidak cuma modem. satu lagi perangkat tambahan yang fungsinya akan sangat dibutuhkan adalah WiFi Range Extender.
 
Sesuai namanya, WiFi Range Extender berfungsi memperluas jangkauan WiFi. Umumnya perangkat ini hadir sebagai dukungan tambahan dari router yang sudah ada. Solusi ini jadi alternatif bagi konsumen yang enggan membeli router tambahan karena harganya lebih mahal.
 
D-Link adalah salah satu merek yang terkenal di produk perangkat jaringan. Medcom.id beberapa waktu lalu berkesempatan menjajal produk terbaru WiFi Range Extender mereka, D-Link AC1200.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


D-Link AC1200 WiFi Range Extender memiliki bentuk yang rasanya masih serupa dengan produk sejenis di pasar. Ukurannya sebesar genggaman tangan dengan dua buah antena di bagian atas.
 
Jenis antena perangkat ini mengusung model lipat sehingga ukurannya lebih praktis dan membuatnya bisa dibawa tanpa takut antenanya patah.
 
D-Link AC1200 WiFi Range Extender, Canggih Dukung Dual Band
 
Di bagian belakang terdapat kepala steker atau colokan listrik. Jadi untuk menggunakannya, D-Link AC1200 WiFi Range Extender harus melekat langsung ke colokan. Di tahap ini pengguna mungkin akan menemukan kesulitan pertama.
 
Kesulitan ini adalah menemukan lokasi sumber listrik yang lokasinya tidak terlalu jauh di luar jangkauan sinyal router utama. Perlu diingat fungsi WiFi Range Extender, memperluas jangkauan WiFi dari router yang sudah ada. Tentu saja posisinya masih harus dalam jangkau optimal sinyal WiFi router.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Ada dua interface yang tersedia di D-Link AC1200 WiFi Range Extender. Di bagian depan ada lampu LED indikator WPS dan kekuatan sinyal. Untuk menghubungkan D-Link AC1200 WiFi Range Extender denagn router utama tombol WPS di masing-masing perangkat harus ditekan.
 
Saat koneksi berhasil terjadi maka LED indikator akan berwana hijau dan tidak berkedip. LED indikator sinyal juga akan menyala. Namun, saat Medcom.id mengujinya ternyata cara menghubungkan tersebut cukup sulit meskipun jarak perangkat dan router sudah dekat.
 
D-Link AC1200 WiFi Range Extender, Canggih Dukung Dual Band
 
Medcom.id justru menemukan proses koneksi antara D-Link AC1200 WiFi Range Extender dan router utama jauh lebih mudah menggunakan aplikasi D-Link QRS Mobile di smartphone.
 
Pertama kami cukup masuk ke perangkat WiFi Range Extender lewat aplikasi. Kemudian aplikasi akan menawarkan opsi fungsi, menjadikan D-Link AC1200 sebagai WiFi Repeater atau sama dengan Range Extender dan opsi kedua sebagai Access Point.
 
Opsi kedua artinya pengguna bisa menggunakan D-Link AC1200 WiFi Range Extender sebagai router biasa. Medcom.id menemukan bahwa di bagian bawah perangkat ternyata terdapat satu port RJ45 untuk koneksi kabel internet.
 
D-Link menyebut port ini sudah didukung fitur Gigabit Ethernet. Meskipun demikian, jumlah port yang hanya satu tentu saja tidak akan menyediakan fleksibilitas seperti router biasa yang memiliki banyak port sehingga koneksi atau jaringan internet atau WiFi bisa lebih luas lagi.
 
D-Link AC1200 WiFi Range Extender, Canggih Dukung Dual Band
 
Sesuai fungsinya, maka Medcom.id memiliih opsi pertama yaitu menggunakannya sebagai WiFi Range Extender. Setelah itu dengan mudah, kami hanya diminta untuk menghubungkannya ke sinyal WiFi dari router utama yang terpasang dan membuat password WiFi.
 
D-Link AC1200 WiFi Range Extender siap digunakan. LED indikator kekuatan sinyal akan menyala. Apabila sinyal rendah maka pengguna harus membuat jarak perangkat ini dengan router utama lebih dekat lagi.
 
Mau tak mau, pengguna harus mencabut D-Link AC1200 WiFi Range Extender dari colokan listrik posisi awal. Saat sudah terpasang dan menyala, perangkat ini akan langsung mencoba terhubung dengan router utama yang sudah tersimpan di konfigurasi awal.
 
D-Link AC1200 WiFi Range Extender, Canggih Dukung Dual Band
 
Medcom.id menemukan bahwa proses koneksi ulang ini terkadang memakan waktu cukup lama. Beberapa kali Medcom.id memilih mencabutnya lalu mencolokkan lagi ke sumber listrik. Cara ini sebenarnya tidak disarankan tapi beberapa kali terbukti koneksi ulang WiFi lebih cepat tersambung lagi.
 
Kode AC1200 yang melekat menandakan perangkat ini bisa menyediakan bandwidth 1200Mbps atau 1,2Gbps. Canggihnya, D-Link AC1200 WiFi Range Extender mendukung fitur koneksi Dual Band yaitu 2,4GHz yang menyajikan jangkauan luas dan 5GHz untuk koneksi lebih cepat.
 
Artinya, D-Link AC1200 WiFi Range Extender bisa memfasilitasi router yang juga memiliki kemampuan Dual Band. Misalnya router D-Link AC1200 (DIR-842) yang juga Medcom.id pernah uji dan cocok untuk rumahan.
 
Pengalaman Medcom.id menguji D-Link AC1200 WiFi Range Extender, kualitas koneksinya masih cukup bagus untuk rumah dengan dua lantai. Kami mengujinya dengan mengakses koneksi dari WiFi D-Link AC1200 WiFi Range Extender di lantai satu, sementara perangkat beserta router utama di lantai 2.
 
Kualitas sinyal di smartphone terpantu berada di tiga bar atau dua bar dengan kecepatan yang dirasakan masih cukup cepat. Harus diakui fungsi D-Link AC1200 WiFi Range Extender akan lebih pas untuk menjangkau luas rumah satu lantai ketimbang menembuh hingga dua lantai.
 

Kesimpulan
D-Link AC1200 WiFi Range Extender adalah solusi alternatif yang patut dilirik apabila Anda enggan membeli modem baru untuk memperluas jangkau WiFi di rumah. Namun, di sisi bandwidth jangan harapkan kemampuannya bisa setara seperti modem.
 
Beruntung masih ada fitur dari modem yang bisa ditemukan diD-Link AC1200 WiFi Range Extender. Fitur Dual Band membuat produk ini bisa menyediakan dua jenis jaringan, 2,4GHz dan 5GHz. Bandwidth sebesar 1200Mbps juga masih lumayan mengingat banyak router yang juga mengusung bandwidth tersebut.
 
Dari pantauan kami, hargaD-Link AC1200 WiFi Range Extender di beberapa ecommerce dibanderol mulai dari Rp700 ribu.
D-Link AC1200 WiFi Range Extender
Plus
  • Desain ringkat
  • Indikator LED untuk sinyal dan koneksi
  • Dukungan Dual-Band
  • Bisa berfungsi seperti router atau Access Point
Minus
  • Proses koneksi awal dengan router kadang lambat


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif