Mouse gaming wireless Dareu EM901.
Mouse gaming wireless Dareu EM901.

Review Mouse

Dareu EM901, Mouse Gaming Wireless Harga Rp400 Ribu

Teknologi teknologi hardware review mouse dareu
Cahyandaru Kuncorojati • 22 November 2020 11:58
Jakarta: Gamer pasti sangat akrab dengan anggapan bahwa mouse gaming nirkabel atau wireless rentan memiliki respon yang telat saat bermain game kompetitif. Makanya pro player esports lebih memilih mouse gaming kabel.
 
Meksipun begitu mouse gaming wireless tetap digemari oleh mereka yang bermain game dengan laptop gaming dan menyukai bermain di mana dan kapan saja. Mengingat ukuran meja di kafe mungkin tidak luas maka mouse gaming nirkabel lebih praktis.
 
Sayangnya, mouse gaming wireless justru dibanderol lebih mahal dari yang kabel. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang membuat latensi tetap rendah sehingga responsif meskipun digunakan tanpa kabel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabar baiknya, Dareu kini merilis mouse gaming wireless dengan harga bersahabat, mulai dari harga kisaran Rp400 ribu. Produk Dareu yang kami jajal saat ini adalah Dareu EM901, menawarkan alternatif bagi gamer yang mencari mouse gaming wireless harga ramah kantong.
 
Dareu EM901, Mouse Gaming Wireless Harga Rp400 Ribu
 
Mouse gaming wireless Dareu EM901 tidak sepenuhnya nirkabel dengan USB dongle 2,4GHz. Di paket penjualannya tersedia kabel konektor yang bisa digunakan sekaligus untuk mengisi baterainya. Di sini kami menemukan sedikit kekurangan.
 
Port yang terdapat di perangkat mouse adalah jenis USB-C, namun dari uji coba Medcom.id ternyata hanya kabel bawaan Dareu EM901 yang bisa berfungsi sepenuhnya untuk mengisi daya sekaligus terkoneksi. Jadi pastikan Anda tidak menghilangkan kabel ini.
 
Menyoal desainnya, Dareu EM901 punya tampilan yang biasa saja. Di harga yang ditawarkan memang pengguna seharusnya tidak mengharapkan desain mewah tapi lebih ke fungsi esensialnya sebagai mouse gaming. Kami menjajal perangkat ini bersama testbed PC gaming yang Medcom.id miliki.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
Motherboard ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Bagian grip yang terdapat tombol forwad/back tidak digunakan material khusus hanya permukaan bertekstur dengan bentuk segitiga. Semua tombol yang bisa diklik bisa dikustomisasi dan mendukung fitur makro. Proses kustomisasi dilakukan lewat driver yang bisa diunduh di situs resmi Dareu.
 
Di bagian tengahnya ada tombol geser ke atas dan ke bawah untuk mengatur DPI atau kecepatan respon atau kursor. Hal ini sedikit unik karena berbeda dari kebanyakan mouse gaming yang hanya menerapkan tombol klik berukuran kecil.
 
Dareu EM901, Mouse Gaming Wireless Harga Rp400 Ribu
 
Rentang DPI yang dimiliki mouse gaming wireless Dareu EM901 adalah mulai dari 600 hingga 6000. Di software kustomisasi tersedia enam profile DPI yang bisa diatur dengan fleksibel. Mulai dari sini perang efek RGB di bodinya tidak hanya jadi penghias.
 
LED RGB yang melingkari tepi bawah Dareu EM901 memang menjadi hiasan saja yang bisa dikustomisasi efek dan warnanya. Namun RGB di bagian logo berfungsi sebagai indikator dari profil DPI yang aktif. Meskipun posisinya akan tertutup tangan saat digunakan, tapi ini memudahkan pengguna pemula.
 
Dareu EM901, Mouse Gaming Wireless Harga Rp400 Ribu
 
Di software driver Dareu EM901 kecepatan dan sensitivitasnya bisa dikustomisasi sebebas mungkin. Hal ini menjadi nilai lebih bagi Dareu EM901.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id mouse gaming wireless Dareu EM901 pantas untuk dilirik apabila pengguna lebih memprioritaskan fungsinya yang sekelas mouse gaming high-end ketimbang tampilannya. Di banderol mulai dari kisaran harga Rp400 ribu, menurut kami mouse gaming Dareu EM901 pantasi diacungi dua jempol.
8.5
Dareu EM901
Plus
  • Harga sangat terjangkau
  • Punya fungsi esensial mouse gaming
  • Wireless via USB dongle dan dilengkapi kabel
Minus
  • Hanya mendukung kabel bawaan
  • Tampilannya biasa saja
  • Sofware kustomisasi tidak dipoles lebih menarik

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif