Corsair C275R Airflow.
Corsair C275R Airflow.

Review Casing

Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB

Teknologi teknologi hardware corsair review casing
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Juli 2020 19:42
Jakarta: Medcom.id kembali berkesempatan menjajal casing PC buatan Corsair. Kali ini kami kedatangan Corsair 275R Airflow. Casing ini hadir mengusung ukuran mid-tower alias sedang.
 
Casing mid-tower biasanya hadir dengan tinggi 18 inci yang cukup untuk memuat PC dengan spesifikasi terkini, berbeda dari full-tower yang tinggi bisa 22 inci atau lebih. Embel "airflow" di produk ini menandakan bawa Corsair menciptakannya untuk menyajikan performa sistem pendingin terbaik.
 
Jadi dipastikan casing Corsair 275R Airflow bisa mendukung penggunaan sistem pendingin jenis udara maupun air atau liquid cooler. Pertama kita akan membahas desainnya. Produk ini punya tampilan sederhana tapi menarik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Corsair 275R Airflow hadir dengan dua varian warna, hitam dan putih. Kami menjajal yang warna hitam tapi melihat di laman situs Corsair tampaknya varian warna putih jauh lebih menarik. Panel bagian depan dipenuhi lubang dengan potongan diagonal dan vertikal.
 
Desain tersebut menberikan lubang ventilasi bagi kipas pendingin yang berada di baliknya. Apabila panel ini dibuka akan terdapat filter yang mencegah gumpalan debu terhisap ke dalam.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Sementara salah satu panel sampingnya menggunakan material tempered glass tranparan yang bisa dilepas. Panel samping satu lagi menggunakan material metal yang dibuka dengan cara ditarik ke belakang. Panel bagian atas juga terdapat lubang ventilasi dengan lembaran filter.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Di bagian atas terdapat front I/O port yang terdiri dari dua port USB dan dua lubang audio jack untuk headset dan mikrofon serta tombol Power. Sayangnya, Corsair 275R Airflow tidak menyediakan port USB-C.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Tampilan luar dari casing Corsair 275R Airflow cukup menarik kini beralih ke bagian dalamnya. Casing ini menyediakan dua chamber. Bagian utama yang diakses lewat panel tempered glass transparan ditujukan sepenuhnya untuk motherboard dan komponen di atasnya.
 
Ada tiga kipas 120mm yang disediakan Corsair di dalam produk ini. Dua di panel depan dan satu di belakang. Sayangnya, kipas bawaan yang disediakan tidak mendukung RGB dan panel bagian depan sebenarnya memiliki ruang untuk tiga kipas sekaligus.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Kabar buruknya, penggemar RGB tidak akan bisa merasakan efek visual tersebut di sini. Di deskripsi fitur Corsair 275R Airflow disebutkan bahwa produk ini tidak ada dukungan RGB Corsair iCUE. Jadi efek RGB hanya bisa didapatkan pada komponen yang melekat di motherboard.
 
Menyoal instalasi sistem pendingin, panel bagian depan bisa dikonfigurasi pemasangan dua kipas pendingin 140mm atau tiga kipas 120mm, maupun sistem pendingin air dengan radiator ukuran 360mmatau 280mm.
 
Pilihan tersebut juga bisa ditemukan di panel bagian atas, tersedia opsi satu kipas 140mm, dua kipas 120mm, atau radiator ukuran 240mm. Beralih ke panel bagian belakang tersedia pilihan untuk mendukung satu kipas 120mm atau radiator 120mm.
 
Jadi Corsair C275R Airflow memberikan banyak pilihan konfigurasi untuk merakit sistem pendingin. Kembali ke soal chamber atau bagian dalam casing ini, Anda bisa melihat shorud panjang yang menutup bagian bawah termasuk PSU.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Ruang dari shroud tersebut bisa diakses dari chamber sisi panel metal Corsair 275R Airflow. Di sini ada akses untuk memasang PSU, HDD, dan SSD. Jalur kabel antara dua chamber dibatasi dengan lubang yang punya sirip penutup material karet. Tersedia lubang untuk mengikat cable tie.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Fitur dan desain tersebut membuat manajemen kabel komponen jadi lebih praktis dan rakitan terlihat rapi. Chamber tadi memberikan dukungan bracket removable dua HDD 3,5 inci dan empat SSD 2,5 inci. Kini beralih ke bagian belakang.
 
Corsair 275R Airflow, Desain Menarik Walau Tanpa RGB
 
Kami melihat lubang untuk I/O video atau VGA bisa dilengkapi dengan baut sehingga Anda bisa melepas atau menutupnya kembali tanpa merusak tampilannya. Menariknya di sebelahnya juga terdapat lubang untuk konfigurasi VGA berdiri yang tentunya harus ditambah VGA riser cable dan VGA mounting bracket.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id produk casing PC Corsair 275R Airflow punya tampilan menarik dengan fitur pendukung yang lengkap di dalamnya. Di tampilannya pengguna yang memilih produk ini harus rela tidak bisa memaksimalkan tampilan RGB.
 
Namun desan dan fitur pendukung komponen di dalamnya sudah sangat lengkap dan menjadi investasi bagi pengguna yang ingin merakit spesifikasi tinggi. Tidak heran apabila harganya cukup tinggi di pasar yaitu dibanderol mulai dari kisaran Rp1 juta.
9
Corsair 275R Airflow
Plus
  • Desain menarik
  • Manajemen kabel rapi dan desain dual-chamber
  • Konfigurasi sistem pendingin bervariasi
Minus
  • Tidak ada RGB
  • Tidak ada USB-C di front I/O


 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif