Noctua NH-U12S Chromax Black.
Noctua NH-U12S Chromax Black.

Review CPU Cooler

Noctua NH-U12S Chromax Black, Tetap Mumpuni dengan Gaya Low Profile

Teknologi teknologi hardware review peripheral noctua
Cahyandaru Kuncorojati • 10 November 2020 19:27
Jakarta: Satu lagi produk sistem pendingin prosesor (CPU) dari Noctua yang dihadirkan ke dalam seri warna hitam yaitu NH-U12S Chromax Black. Sebelumnya, Medcom.id pernah mengulas NH-U12S versi orisinal dengan warna coklat khas Noctua.
 
Noctua NH-U12S Chromax Black masih sama seri seri lain dari varian warna ini. Bagian heatsink tower dan seluruh bagiannya diberikan coating warna hitam. Noctua mengklaim bahwa hal ini sama sekali tidak akan berpengaruh ke performa atau sistem pembuangan suhu panas.
 
Diketahui model Noctua NH-U12S hadir dengan satu buah fan atau kipas. Di versi Chromax Black seluruh permukaan kipas juga mendapatkan polesan warna hitam. Jadi tampilan dari Noctua NH-U12S lebih low-profile, tapi tetap menarik dibandingkan warna orisinal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyoal desainnya, Noctua NH-U12S Chromax Black masih punya desain yang sama dengan versi orisinal, termasuk kipasnya. Kipasnya menggunakan Noctua NF-F12 Chromax Black ukuran 120mm yang memiliki fitur PWM, yang berarti kecepatan putarnya bisa dikontrol.
 
Dimensi dari heatsink dan fan Noctua NH-U12S Chromax Black sama-sama ramping sehingga ukuran ketebalan keseluruhannya tidak akan memakan ruang slot RAM dan PCIe.
 
Noctua NH-U12S Chromax Black, Tetap Mumpuni dengan Gaya Low Profile
 
Fitur Focused Flow menandakan bahwa baling-baling kipas Noctua NF-F12 Chromax Black hanya akan membuang angin terpusat ke satu arah atau satu titik sehingga akan menciptakan aliran udara yang baik di dalam PC. aling kipasnya mampu berputar dengan kecepatan 300RPM-1500RPM.
 
Noctua NH-U12S Chromax Black, Tetap Mumpuni dengan Gaya Low Profile
 
Berdasarkan pengalaman Medcom.id menggunakan produk ini, Noctua NH-U12S Chromax Black bekerja dengan bunyi yang senyap bahwa mungkin hampir sama sekali tidak terdengar. Sistem pendingin ini juga cocok dengan beragam ukuran atau form factor motherboard.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
Motherboard ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Satu hal lagi yang membuat kami sangat puas menjajal sistem pendingin CPU dari Noctua adalah di setiap seri termasuk Noctua NH-U12S Chromax Black juga disediakan aksesori seperti obeng yang berukuran panjang, thermal paste khusus dari Noctua, dan braket untuk soket Intel maupun AMD.
 
Berdasarkan pemantauan suhu menggunakan software HW Monitor, suhu prosesor terendah di 34 derajat Celcius dan tertinggi menyentuh 63 derajat Celcius saat melakukan benchmark game Assassin's Creed Valhalla di kualitas grafis Ultra High.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id produk Noctua NH-U12S bisa jadi alternatif bagi pengguna lama maupun baru yang mencari sistem pendingin CPU tampilan low-profile tapi dari merek berkualitas. Harga produk ini dari pantauan Medcom.id dibanderol mulai dari Rp1,1 juta.
10
Noctua NH-U12S Chromax Black
Plus
  • Tampilan lebih menarik
  • Performa memuaskan
  • Paket penjualan lengkap
Minus
  • -

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif