NEWSTICKER
realme Buds Air.
realme Buds Air.

Review Earphone

Review realme Buds Air, Menarik dan Inovatif

Teknologi teknologi review peripheral realme
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Januari 2020 08:00
Jakarta: Di Indonesia realme tidak cuma memasarkan smartphone. Tahun lalu mereka mulai percaya diri merilis aksesori audio seperti earphone wireless.
 
Demi mengisi pasar earphone nirkabel, terbaru realme memperkenalkan produk Buds Air. Hal ini menambah keseriusan realme untuk menyajikan pengalaman penuh dari jajaran produk realme.
 
realme Buds Air hadir dengan balutan warna putih pada sepasang earphone nirkabel dan tempat penyimpanan atau housing dari perangkat tadi. Ya, sayangnya desainnya yang sangat mirip dengan produk kompetitor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di satu sisi, desain tersebut memang sudah mampu menyajikan kesan mewah. Namun di sisi lain menjadikan orang yang melihatkan mungkin sulit untuk mengenali bahwa earphone nirkabel ini adalah realme Buds Air tidak punya identitas khas. Satu penanda yang bisa ditemukan adalah tulisan kecil “Designed by realme” di housing.
 
Review realme Buds Air, Menarik dan Inovatif
 
Housing realme Buds Air juga berfungsi sebagai tempat pengisian daya maupun powerbank. Proses pengisian daya bisa dilakukan tidak hanya melalui kabel USB Type-C, juga wireless charging. Di bagian depan ada indikator LED yang berfungsi sebagai penanda proses pengisian.
 
Lampu ini juga akan menyala saat housing dibuka yang menandakan kedua earphone sudah aktif dan siap terhubung. Persis di bagian bawah terdapat tombol pairing. Apabila proses pairing sudah dilakukan maka earphone akan langsung aktif saat tutup housing dibuka alias open-up auto connection.
 
Cara ini masih lebih praktis dibandingkan earphone nirkabel merek lain yang harus menekan tombol pairing sebagai tombol untuk mengaktifkan kedua earphone. Proses pairing realme Buds Air juga sangat mudah karena sudah didukung teknologi koneksi Bluetooth 5.0.
 
Penggunaan chip realme R1 juga diklaim menyediakan koneksi latensi rendah. Efek ini akan membuat suara yang dihasilkan oleh perangkat pemutar yaitu smartphone bisa sampai ke earphone secara tepat waktu, misalnya suara musik yang diputar maupun audio dari momen bermain game.
 
Review realme Buds Air, Menarik dan Inovatif
 
Model in-ear dari earphone realme Buds Air juga termasuk nyaman dan melekat dengan kuat di lubang telinga. Bobotnya sangat ringan. Penggunaan jangka lama sama sekali tidak membuat telinga pegal atau merasa panas. Tidak cuma digunakan sepasang, earphone realme Buds Air juga bisa digunakan sebelah saja.
 
Soal notifikasi daya tahan baterainya, pengguna bisa melihat informasi tersebut dengan melihat indikator koneksi Bluetooth di smartphone masing-masing. Lebih baik lagi apabila indikator baterai bisa tampil di notification bar sehingga lebih mudah dipantau.
 
Kabar baiknya, realme Buds Air diklaim bisa bertahan hingga 17 jam.Setiap unit earphone realme Buds Air punya sensor wear detection yang mendukung auto play/pause.
 
Begini, earphone akan otomatis menghentikan audio yang diperdengarkan saat earphone dilepas dari telinga pengguna dan akan kembali diperdengarkan apabila terpasang lagi.
 
Sekilas fitur ini canggih sekali, sangat kekinian seperti kompetitornya. Sayangnya, Medcom.id menemukan sedikit kekurangan. Saat kedua earphone diletakan di permukaan rata ternyata audio yang tadi sudah berhenti kembali terdengar dan berhenti ketika earphone ini diangkat.
 
Review realme Buds Air, Menarik dan Inovatif
 
Earphone realme Buds Air punya mikorofon ganda (dual mic) dengan fitur Environment Noise Cancelation yang mampu meredam suara bising di sekitar pengguna saat menerima panggilan. Kualitas audio saat menerima panggilan melalui produk ini Medcom.id akui sangat memuaskan.
 
Di bagian punggung dari realme Buds Air terdapat area yang mendukung kontrol sentuh. Misalnya, ketuk dua kali untuk menerima panggilan maupun play/pause audio dari smartphone. Kemudian ketuk tiga kali untuk memutar audio selanjutnya.
 
Tidak ketinggalan dari kompetitornya, tekan salah satu area di satu unit realme Buds Air untuk mengaktifkan fitur asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon. Selain itu ada juga mode Gaming yaitu latensi audio akan sangat rendah sehingga suara yang dihasilkan di dalam game bisa lebih responsif atau real-time sampai ke telinga pengguna. Caranya tahan kedua area kontrol sentuh di kedua unit realme Buds Air.
 
Bagaimana kualitas audionya? Medcom.id menilai audio dari realme Buds Air patut diberi jempol. Fitur Dynamic Bass Boost Driver mampu menyajikan kualitas audio bass yang tajam di high maupun low bass tanpa terasa terlalu mendominasi.
 

Kesimpulan
Earphone nirkabel satu ini tidak bisa dianggap remeh meskipun berasal dari merek yang tergolong baru. Berdasarkan pengalaman Medcom.id, realme Buds Air punya fitur yang cukup lengkap meskipun butuh penyempurnaan terutama di sensor Wear Detection.
 
Sebagai tambahan mungkin sebaiknya realme Buds Air punya identitas pembeda dari kompetitor tidak hanya dari sisi pilihan warna mulai dari putih, hitam dan kuning. Hal ini akan membuat pengguna realme Buds Air bisa pamer kepada pengguna earphone yang lain saat ditempat umum.
 
Soal harga, realme Buds Air dibanderol di kisaran Rp1 juta, yang termasuk lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya.
realme Buds Air
Plus
  • Nyaman digunakan
  • Tersedia beragam pilihan warna
  • Kualitas audio memuaskan
  • Fitur dan kontrol mudah digunakan
  • Daya tahan baterai panjang
Minus
  • Desain mirip kompetitor
  • Indikator baterai kurang mudah dipantau
  • Sensor Wear Detection bekerja kurang sempurna

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif