Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover.
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover.

Review Notebook

Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover, Unik Berbalut Kain

Teknologi teknologi lenovo review laptop
Lufthi Anggraeni • 14 November 2020 11:56
Jakarta: Produk Lenovo berikutnya yang telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Lenovo Yoga Slim 7. Seri lenovo Yoga selama ini sudah dikenal sebagai laptop yang mengutamakan desain tipis dengan desain elegan, tak lupa dengan spesifikasi kelas atas.
 
Dilihat dari aspek spesifikasi, seri Yoga dan ThinkPad punya kemiripan, tetapi Yoga biasanya punya sentuhan khusus yang membuatnya cukup istimewa. Dengan begitu, ia cocok digunakan untuk berbagai kalangan.
 
Lenovo Yoga Slim 7 merupakan seri teranyar yang juga menawarkan spesifikasi terkini. Satu hal yang unik adalah penyematan kain pada bodi belakangnya, dan ini merupakan edisi spesial. Berikut review lengkapnya.

Desain

Seperti yang sudah dijelaskan, Lenovo Yoga Slim 7 yang kami uji menggunakan fabric cover. Lapisan kain menyelimuti bodi layar, dengan motif elegan unik. Lapisan ini menggunakan warna dasar abu-abu, yang juga sama dengan bodi utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lapisan kain ini punya tekstur yang kasar tetapi masih nyaman untuk dipandang. Pertanyaan berikutnya adalah apakah lapisan fabric cover ini berpengaruh terhadap sirkulasi panas laptop secara keseluruhan. Namun, pertanyaan itu akan kita jawab belakangan.
 
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover, Unik Berbalut Kain
 
Secara keseluruhan, bodi laptop ini dibungkus dengan warna abu-abu yang punya kesan elegan. Sebagai laptop premium, ia tentunya punya tampilan yang unik dan menarik, termasuk saat layarnya dibuka.
 
Anda akan langsung melihat layout laptop yang cukup berbeda karena kehadiran lubang speaker yang memanjang dan cukup luas, memanfaatkan tempat kosong yang biasa dijumpai laptop pada umumnya.
 
Desain keyboard Lenovo Yoga Slim 7 mirip dengan rumpun ThinkPad yang dikenal sangat nyaman. Bedanya, tingkat kedalaman dirancang lebih pendek, sehingga feedback perintah bisa lebih cepat, tak lupa dengan dukungan backlit LED putih yang berguna saat dipakai mengetik dalam ruangan yang cahayanya agak redup.
 
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover, Unik Berbalut Kain
 
Di bawah keyboard ini terdapat touchpad dengan ukuran yang proporsional. Saya tidak bisa mengatakan touchpad ini sangat luas, tetapi masih cukup untuk mendukung beberapa perintah cepat selain klik kiri dan kanan.
 
Kembali ke sisi layar, laptop ini mengusung layar 14 inci beresolusi Full HD, dilengkapi kamera di sisi atasnya. Berbobot 1,4 kg, Lenovo Yoga Slim 7 cukup ringan dan mudah untuk dibawa dengan satu tangan.
 
Antarmuka Lenovo Yoga Slim 7 terbilang lengkap. Ia menyediakan dua port USB 3.0 bersama tombol power dan slot MicroSD di pinggir kanan. Sementara di pinggir kiri terbenam dua port USB-C, HDMI, dan jack audio 3,5mm.
 
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover, Unik Berbalut Kain
 
Satu port USB-C bisa dipakai untuk pengisian daya, yang berarti juga mendukung kemampuan pengisian daya yang cepat. Kekurangannya, adapter pengisian daya laptop ini masih tergolong cukup besar dibandingkan beberapa pesaingnya.
 
Secara keseluruhan, Lenovo Yoga Slim 7 punya desain yang tetap mampu mempertahankan ciri khas premium rumpun Yoga, ditambah sentuhan baru yang unik. Sebenarnya, desain ini belum tentu disukai semua orang.

Fitur

Beberapa fitur yang ditawarkan Lenovo Yoga Slim 7 adalah sistem keamanan seperti Windows Hello yang dapat aktif lewat kamera di layarnya. Ditambah lagi, dua fitur tambahan seperti smart display, yang memungkinkan tampilan layar tertutup saat pengguna memalingkan mukanya selain ke layar.
 
Sedangkan Snap Windows memudahkan pengguna memindahkan konten dari layar ke monitor tambahan hanya dengan menoleh. Paket penjualannya sudah termasuk aplikasi manajemen dan bantuan konsumen Lenovo Vantage dan Microsoft Office 2019.
 
Sementara dari aspek hardware, Lenovo Yoga Slim 7 sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat Rapid Charge Pro. Klaim mereka adalah teknologi ini dapat mengisi baterai hingga 50 persen dalam waktu 30 menit, dan selama penggunaan, klaim ini masih sesuai.
 
Optimalisasi sistem pendingin dilakukan dengan fitur Lenovo Q-Control Intelligent Cooling, yang dapat menyesuaikan kecepatan putaran kipas agar meningkatkan efisiensi daya baterai. Teknologi ini diklaim dapat menambah efisiensi daya baterai hingga 20 persen.

Performa

Lenovo Yoga Slim 7 menggunakan prosesor generasi ke-10 Intel Core i7-1065G7, salah satu varian tertinggi untuk laptop yang beredar di pasar saat ini. Di dalamnya tersemat GPU Intel Iris Plus, dan satu GPU terpisah NVIDIA GeForce MX350 2GB untuk menjalankan berbagai aplikasi yang dipakai kreator konten.
 
Perlu diingat bahwa kartu grafis ini tak dirancang untuk bermain game kelas berat, mengingat spesifikasinya dirancang untuk melengkapi jajaran laptop premium kasual, bukan gaming. Spesifikasi berikutnya adalah RAM 16GB dan penyimpanan 1TB dengan modul SSD NVMe, tak lupa dengan jaringan Wi-Fi 6.
 
Hasil skor performa berdasarkan pengujian lewat beberapa aplikasi benchmark dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.
Pengujian PCMark 10 3DMark Sky Diver Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
Skor 4409 10.919 340 1565

Anda tak akan menemukan lag saat memutar video kualitas Full HD, bahkan 4K sekalipun. Spesifikasi yang terpasang sudah memadai untuk memutarnya pada kecepatan 60fps. Ia juga sudah dapat menjalankan beberapa aplikasi yang sering dipakai kreator konten atau kalangan profesional lainnya.
 
Sebut saja Adobe Premiere atau aplikasi sejenis lainnya. Jika pengguna masih ingin menggunakannya untuk bermain game, ia juga masih sanggup, walau tak disarankan untuk memainkan game AAA yang identik dengan spesifikasi yang menuntut GPU dengan VRAM lebih dari 2GB.
 
Daya tahan baterai Lenovo Yoga Slim 7 tergolong cukup baik. Pada pengujian PCMark, ia dapat bertahan hingga 8 jam. Ini berarti daya tahan yang dapat dicapai saat ia dipakai menjalankan aplikasi berat terus-menerus.
 
Sementara Lenovo mengklaim daya tahannya mencapai 14 jam, yang mungkin bisa terjadi tergantung skenario pemakaian. Bisa jadi Anda tak memakai laptop terus menerus, dan ia masuk dalam kondisi standby.
 
Seringkali pengguna juga menyelesaikan aktivitas mereka dengan laptop tanpa shutdown. Bisa dibilang, performa yang dimiliki Lenovo Yoga Slim 7 sudah mumpuni dan terkini, baik dari aspek spesifikasi sampai kualitas visual yang ditawarkan.
 
Kesimpulan
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover adalah laptop mewah dengan spesifikasi tepat dan fitur yang menarik. Ia hadir dengan desain spesial yang dapat mengundang perhatian orang. Selain itu, beberapa fitur yang ditawarkan mungkin tidak terlalu banyak, tetapi sudah dari cukup untuk melindungi privasi pemiliknya.
 
Untuk daya tahan baterai, ia punya kemampuan yang cukup baik untuk sebuah laptop yang punya GPU tambahan. Satu kekurangan yang kami lihat adalah ukuran adapter yang masih cukup besar, karena pengisian daya laptop ini telah mengadopsi USB-C.
Spesifikasi Lenovo Yoga SLim 7 Fabric Cover
Prosesor Intel Core i7-1065G7
RAM 16GB
Memori Internal SSD NVMe 1TB
GPU Intel Iris Plus + NVIDIA GeForce M350 2GB
Dimensi 320,6mm x 208,18mm x 14,9mm
Bobot 1,46 Kg
Harga Rp19.599.000
9.2
Lenovo Yoga Slim 7 Fabric Cover
Plus
  • Desain elegan
  • Baterai tergolong awet
  • Fitur keamanan wajah
Minus
  • Ukuran adapter cukup besar

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif