Nokia 3.1 Plus. (Medcom.id)
Nokia 3.1 Plus. (Medcom.id)

Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama

Teknologi nokia review gadget
Ellavie Ichlasa Amalia • 04 Juni 2019 15:44
Jakarta: Nokia meluncurkan Nokia 3.1 Plus pada Maret lalu. Dihargai Rp2 juta-an, smartphone terbaru Nokia ini masuk ke rentang kelas menengah. Sama seperti kebanyakan ponsel Nokia, Nokia 3.1 Plus tidak memodifikasi Android 9 Pie yang digunakan. Hal lain yang Nokia banggakan dari ponsel ini adalah daya tahan baterainya yang cukup awet.
 
Lalu, bagaimana performanya?
 

Desain

Dari segi desain, Nokia 3.1 Plus terlihat sederhana. Ia tidak menggunakan desain bezel tipis dan poni yang bisa ditemukan pada hampir semua smartphone. Karena itu, jangan heran jika bezel pada smartphone ini terlihat agak lebih tebal dan bodinya pun cukup tebal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nokia 3.1 Plus terlihat seperti smartphone model dua tahun lalu, ketika desain poni masih belum menjadi tren. Untungnya, bezel pada smartphone ini terbilang cukup tipis. Saya masih bisa menggenggam ponsel ini dengan cukup nyaman meski ia memiliki layar enam inci.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Ada tiga pilihan warna yang HMD Global sediakan untuk Nokia 3.1 Plus. Medcom.id kebagian untuk menguji varian berwarna abu-abu. Ini membuat ponsel terbaru Nokia itu terlihat elegan dan simpel. Ini kontras dengan kebanyakan smartphone sekarang yang menggunakan warna terang atau bahkan warna gradasi.
 
Jika Anda suka ponsel yang terlihat simpel, Nokia 3.1 Plus cocok untuk Anda. Namun, jika Anda suka ponsel yang terlihat lebih flashy, mungkin Anda harus mencari opsi lain. Satu nilai plus dari Nokia 3.1 Plus adalah bodinya yang terasa solid. Ponsel ini sudah menggunakan rangka aluminium dengan polikarbonat untuk bagian belakang.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Mengingat Nokia 3.1 Plus tidak menggunakan bahan kaca, Anda tidak perlu khawatir Anda akan memecahkannya ketika ia secara tidak sengaja jatuh. Mungkin smartphone ini tidak setangguh ponsel Nokia lama yang legendaris, tapi Nokia 3.1 Plus tetap cukup kokoh.
 
Nokia 3.1 Plus memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang terpasang secara vertikal dengan satu sama lain. Keduanya ada di bagian tengah punggung ponsel. Di bagian bawah kamera, Anda akan menemukan sensor sidik jari berbentuk bulat. Ini adalah desain khas ponsel Nokia.
 

Antarmuka

Nokia 3.1 Plus masuk ke dalam program Android One milik HMD. Kabar baiknya, itu berarti antarmuka yang Anda dapatkan adalah antarmuka Android tanpa modifikasi. Keunggulan lainnya adalah ponsel yang menjadi bagian dari program Android One biasanya akan selalu mendapatkan update Android dengan lebih cepat.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Di sisi lain, ini berarti, tidak banyak fitur unik pada ponsel Nokia 3.1 Plus. Satu fitur unik yang ada pada ponsel ini adalah Google Lens. Dengan menggunakan kamera, Anda bisa meminta ponsel untuk mengidentifikasi suatu barang. Anda cukup mengarahkan kamera ke objek yang Anda inginkan. Tergantung objek yang Anda gunakan, terkadang Anda akan dibawa ke situs e-commerce.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Satu fitur menarik lain yang ada pada Nokia 3.1 Plus adalah sensor NFC (Near-Field Communication). Biasanya, sensor NFC hanya ada pada ponsel menengah ke atas. Adanya NFC akan memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran contactless seperti Google Pay atau T-Cash.
 

Kamera

Nokia 3.1 Plus memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan. Dua kamera belakang itu menggunakan sensor 13MP dan 5MP. Sama seperti kebanyakan ponsel dengan dua lensa, ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur.
 
Hasil foto dari Nokia 3.1 Plus biasa saja saat digunakan untuk mengambil foto di siang hari. Gambar terlihat cukup tajam, warna yang dihasilkan sesuai dengan tampilan di dunia nyata, meski detail pada gambar biasanya tak tertangkap dengan sempurna.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Dua kamera belakang ponsel ini juga bekerja dengan cukup baik, memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek Bokeh bahkan ketika objek yang Anda foto bukanlah manusia.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Namun, jika dibandingkan dengan hasil jepretan kamera ponsel pesaing, seperti ASUS ZenFone Max M2, hasil foto Nokia 3.1 Plus tak terlihat istimewa.
 
Sayangnya, saat digunakan untuk mengambil foto di tempat gelap atau di malam hari, Nokia 3.1 Plus tak dapat menghasilkan foto yang memuaskan. Terutama kamera depannya. Foto yang diambil pada malam hari terlihat penuh dengan derau alias noise.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Foto yang diambil di dalam ruangan juga terlihat kurang bagus. Ada bagian dari foto yang terlihar blurry. Tidak hanya itu, jika tangan Anda sedikit gemetar atau objek sedikit bergoyang, maka foto yang dihasilkan akan terlihat tidak fokus.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Meskipun Nokia 3.1 Plus hanya memiliki satu kamera depan, Anda sudah bisa mengambil foto selfie dengan efek Bokeh. Anda bahkan bisa mengambil foto bersama dengan orang lain. Hanya saja, karena pengaburan latar belakang dilakukan oleh software, ada detail dari objek yang terkadang ikut mengabur. Seperti rambut. Biasanya, bagian ujung rambut juga terlihat mengabur.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Menariknya, Anda bisa menemukan fitur Slow Mode pada Nokia 3.1 Plus. Saya tak banyak berharap ketika mencoba untuk menggunakan fitur tersebtu. Namun, fitur itu bekerja dengan cukup baik.
 
Saat saya mencoba merekam video dari kendaraan yang tengah lalu lalang di jalan, kendaraan bisa terekam dalam keadaan slow motion. Hanya saja, video yang dihasilkan memiliki resolusi yang jauh lebih rendah.

Performa dan Baterai

HMD menggunakan prosesor MediaTek Helio P22, prosesor octa-core yang memiliki empat core dengan kecepatan 2GHz dan empat lainnya dengan kecepatan 1,5GHz. Prosesor ini memiliki GPU PowerVR GE8320.
 
Untuk pemakaian sehari-hari, performa ponsel terasa agak lambat, bahkan untuk tugas sehari-hari, seperti mengambil foto, menjelajah internet, dan membuka email. Berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain terkadang terasa tersendat. Meskipun begitu, Nokia 3.1 Plus cukup kuat untuk digunakan bermain PUBG Mobile, meski hanya pada pengaturan grafik paling rendah.
 
Seperti biasa, kami menggunakan PCMark dan 3DMark sebagai aplikasi benchmark. Dari segi skor, nilai Nokia 3.1 Plus tidak jauh berbeda dari para pesaingnya.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Untuk masalah baterai, ketika diuji dengan PCMark, Nokia 3.1 Plus bisa bertahan lebih dari delapan jam. Sementara untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini dapat bertahan hingga seharian dengan penggunaan wajar dan sesekali digunakan untuk bermain.
 
Menjajal Nokia 3.1 Plus yang Tahan Lama
 
Soal layar, Nokia 3.1 Plus memiliki layar 6 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel. Layar ponsel ini cukup besar untuk digunakan menonton. Resolusi layar pun tidak terlalu rendah sehingga gambar yang terlihat cukup baik selama Anda tidak terlalu mendekatkan ponsel dengan mata. Sayangnya, warna yang dihasilkan oleh ponsel kurang vibrant.
 
Selain itu, Anda mungkin juga agak kesulitan melihat tampilan layar ketika Anda berada di bawah terik matahari, bahkan setelah Anda menaikkan tingkat kecerahan hingga maksimal.

Kesimpulan

Jika Anda hanya menggunakan ponsel untuk menjelajah internet, mengetik email, dan sesekali menonton video, Nokia 3.1 Plus mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda adalah tipe orang yang sering menggunakan kamera ponsel untuk mengambil foto, ada baiknya Anda mencari alternatif lain.
 
Performa Nokia 3.1 Plus cukup baik, meski terkadang terasa lambat. Ia sudah bisa digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile. Baterainya pun dapat bertahan dengan cukup lama, sehingga Anda bisa bermain hingga puas.
 
Sayangnya, kamera dari ponsel ini, terutama ketika Anda mengambil foto di dalam ruangan atau di malam hari, terlihat kurang memuaskan.
Nokia 3.1 Plus
Prosesor Media Tek Helio P22
RAM 3GB
OS Android 8.1 Oreo + MIUI 9.6
GPU PowerVR GE8320
Memori Internal 32GB
Kamera 13MP + 5MP (belakang) + 8MP (depan)
Baterai 3.500 mAh
Layar 6 inci 720 x 1440 pixel
Harga Rp2.399.000
7.5
Nokia 3.1 Plus
Plus
  • Bodi terkesan kokoh
  • Baterai awet
Minus
  • Kamera kurang memuaskan
  • Performa tak konsisten

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif