Bulp, aplikasi penyampai aspirasi konsumen kepada perusahaan penyedia produk atau layanan jasa.
Bulp, aplikasi penyampai aspirasi konsumen kepada perusahaan penyedia produk atau layanan jasa.

Review Aplikasi

Bulp, Wadah Aspirasi Penyedia Produk dan Jasa

Teknologi review aplikasi
Lufthi Anggraeni • 22 Mei 2016 12:00
medcom.id, Jakarta: Aspirasi konsumen menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan oleh pengusaha, baik penyedia produk maupun layanan jasa. Penyampaian aspirasi juga terbantu berkat kemajuan teknologi yang kian pesat.
 
Kemajuan teknologi yang kian memudahkan konsumen ini hadir melalui Bulp, aplikasi penyampai aspirasi yang dikembangkan oleh Bulp Indonesia. Aplikasi ini mengusung tagline "Your Voice Matters" dan pesan, bahwa satu suara konsumen dapat memberikan perubahan besar bagi konsumen tersebut dan lingkungan mereka.
 
Mengakses aplikasi ini, pengguna akan disambut dengan penjelasan visi dan misi, serta fungsi aplikasi dengan tampilan menarik berupa foto pada setengah halaman, dan teks pada setengah lainnya. Penjelasan yang dapat dilewati ini terdiri dari lima halaman yang dapat diakses dengan mengusap layar dari kanan ke kiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, pengguna akan diminta untuk memasukan alamat email dan password, jika sudah pernah mendaftarkan diri sebelumnya, atau mengisi formulir untuk pengguna baru. Bulp kemudian akan mengirimkan tautan verifikasi ke alamat email. Setelah terverifikasi, pengguna akan diberikan kode referensi yang berguna untuk meningkatkan level dan mendapatkan bonus 100 Bulp Poin jika teman yang menggunakan kode ini telah melakukan verifikasi pada akunnya.
 
Setelah berhasil masuk, pengguna kembali disuguhi penjelasan terkait dengan fitur yang terdapat pada aplikasi ini, terdiri dari enam jendela yang dapat diakses juga dengan menggeser jendela dari kanan ke kiri.
 
Bulp, Wadah Aspirasi Penyedia Produk dan Jasa
 
Setelah selesai membaca penjelasan dan menekan tombol OK, pengguna akan disambut oleh timeline bernama Trending. Sementara fitur lain, yaitu Bulp dan Rank, dapat ditemukan mendampingi Trending di bagian bawah layar.
 
Fitur Trending berisi aspirasi, baik positif maupun keluhan terkait dengan merek yang tersedia di Indonesia. Pada timeline ini, komentar yang diunggah pengguna Bulp akan ditampilkan dengan urutan berdasarkan tanggal terbaru. Pengguna juga dapat mendukung apsirasi pengguna lain yang tampil di fitur Trending dengan menekan tombol Me Too! di bagian bawah aspirasi.
 
Melalui fitur Bulp, pengguna dapat menyampaikan aspirasinya terkait merek tertentu. Saat akan mengunggah komentar, pengguna diminta untuk mengisi formulir yang terdiri dari nama merchant, tipe bulp, sub-kategori, dan aspirasi yang ingin disampaikan. Pada kolom nama merek, aplikasi Bulp mengelompokan perusahaan ke dalam beberapa kategori, di antaranya asuransi, bank, barang konsumsi, dan layanan publik.
 
Setelah memilih nama perusahaan, pada kolom berikutnya, pengguna akan diminta untuk memilih kategori yang sesuai dengan aspirasi yang ingin disampaikan, yaitu keluhan, saran, permintaan, dan pujian. Sementara itu, setelah memilih kategori terkait merchant yang akan dikomentari pada kolom sub-kategori, pengguna dapat mengisi kolom dengan aspirasi yang ingin disampaikan.
 
Kemudian, aspirasi pengguna akan diproses oleh Bulp dan tidak akan langsung muncul di halaman timeline aplikasi. Pengguna juga dapat membagikan aspirasi tersebut ke media sosial mereka, dengan mengisi kolom judul yang disediakan oleh aplikasi ini. Proses aspirasi oleh Bulp ini tidak berlangsung lama. Dalam waktu sekitar lima menit, aplikasi Bulp akan memberikan tanggapan, aspirasi pengguna diterima atau ditolak, melalui jendela pop-up.
 
Bulp, Wadah Aspirasi Penyedia Produk dan Jasa
 
Aspirasi yang telah dikirimkan pengguna tersimpan pada fitur My Activity, yang dapat diakses melalui ikon pada sudut kanan atas layar. Dengan mengetuk aspirasi yang telah dikirim, Bulp akan menginformasikan pesan pengguna telah diterima oleh pihak Bulp dan dikirimkan kepada merchant bersangkutan. Pada fitur tersebut, pengguna juga dapat mengetahui poin Bulp yang telah dikumpulkannya.
 
Sementara itu, pengguna juga dapat mengetahui pertumbuhan komentar yang diunggah oleh pengguna Bulp pada merek tertentu melalui fitur Rank. Fitur ini menampilkan daftar nama perusahaan dan merek secara acak, dengan ikon tanda panah di sebelah kanannya.
 
Ikon ini akan mengarah ke atas dan berwarna hijau, jika banyak pengguna yang menyampaikan aspirasi terkait perusahaan atau merek tersebut. Sementara itu, ikon panah akan mengarah ke bawah dan berwarna merah pada kondisi sebaliknya, dan berikon garis datar jika tidak terjadi pertumbuhan terkait aspirasi yang disampaikan pengguna.
 
Tampilan aplikasi ini tergolong sederhana dan mudah dipahami, namun cenderung muram, akibat dominasi warna putih dan abu-abu pada garis dan tulisannya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Feed berisi artikel Blog terkait dengan pelanggan, seperti cara menghadapi pelanggan yang kecewa ataupun menjaga kepuasan pelanggan. Artikel blog ini sesuai bagi pengguna yang berminat untuk menambah pengetahuan terkait dengan pelanggan, serta memiliki dan menjalankan usahanya sendiri.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif