Corsair Crystal 680X RGB.
Corsair Crystal 680X RGB.

Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah

Teknologi hardware review peripheral corsair
Cahyandaru Kuncorojati • 19 April 2019 20:18
Jakarta: Saat berencana merakit PC, casing juga jadi faktor penentu. Mengapa? Selain motherboard dan hardware lainnya, casing juga menentukan ketangguhan PC yang Anda miliki.
 
Casing PC menunjang jenis komponen yang bisa dimiliki sebuah PC. Corsair adalah satu vendor yang sejak lama memproduksi beragam kelas casing PC.
 
Terbaru dari Corsair adalah Corsair Crystal 680X RGB. Casing rumpun Crystal Series ini bisa dibilang mengutamakan tampilan yang mewah dan elegan, dengan kapasitas yang besar. Casing PC ini mendukung motherboard ATX.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari luar tampilannya cukup elegan, meskipun bodinya lebar. Hal ini disebabkan desain Dual Chamber yang sebetulnya memiliki banyak benefit dan akan Medcom.id jelaskan.
 
Bagian atas Corsair Crystal 680X RGB juga menggunakan panel tempered glass dengan lubang yang bisa ditutup menggunakan penyaring debu. Fungsi lubang tersebut adalah sistem pendingin. Panel tempered glass juga untuk menyediakan dukungan visual dari bagian dalam komponen yang menyala dengan efek RGB.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
 
Persis di sebelah panel atas tadi terdapat deretan front I/O port seperti dua port USB Type-A dan saut port USB Type-C, serta lubang audio jack. Tidak ketinggalan juga tombol Power dan Reset. Pemilihan posisi front I/O port di atas rasanya demi membuat tampilan depan casing ini menjadi elegan.
 
Medcom.id menjajal casing CorsairCrystal 680X RGB warna hitam, dan warna putih menurut kami jauh lebih menarik. Selanjutnya, panel sisi kanan dari wajahnya menggunakan material besi. Panel sisi kiri menggunakan tempered glass, jadi komponen dan efek RGB di dalamnya bisa menarik perhatian dari luar.
 
Sistem pemasangan tool-less adalah fitur pertama yang ditawarkan Corsair Crystal 680X RGB. Panel sisi kanannya bisa dikunci menggunakan baut yang bisa diputar menggunakan tangan atau obeng bahkan uang logam. Begitu juga dengan baut yang mengunci panel bagian atas.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
 
Namun, untuk membuka panel tempered glass di sisi kiri sama sekali tidak membutuhkan alat atau baut. Panel menggunakan sistem engsel atau hinge sehingga bisa dibuka. Saat ditutup, panel tersebut menggunakan perekat berupa magnet.
 
Melihat ke bagian dalam, Corsair Crystal 680X RGB mengusung desain Dual Chamber. Jadi beberapa fitur untuk memasang komponen terbagi di chamber utama yang menggunakan panel tempered glass dan chamber kedua dengan akses lewat panel besi.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Di bagian dalam chamber pertama Corsair memberikan kipas pendingin bawaan yaitu tiga buah kipas PWM Corsair LL120 RGB di panel depan dan satu kipas Corsair SP120 di panel belakang. Ketiga kipas di depannya terhubung dengan kabel ke Corsair Lighting Node PRO di chamber kedua.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
 
Fungsi Corsair Lighting Node PRO adalah mendukung kustomisasi efek RGB yang ditampilkan menggunakan software Corsair iCUE. Jadi warna efek RGB di seluruh komponen hardware bisa disinkronkan termasuk penambahan aksesoris light strip.
 
Chamber utama yang lega ini juga memungkinkan pemasangan sistem pendingan cair atau liquid cooler dengan radiator. Di bagian bawah mendukung opsi radiator ukuran 240mm atau 280mm, demikian juga dengan panel bagian atas.
 
Di panel bagian depan mendukung radiator ukuran 280mm atau 360mm sementara di panel belakangnya tersedia opsi ukuran 120mm atau 140mm. Selain itu, di panel belakang tersedia beberapa slot lubang horizontal untuk port dari VGA yang terpasang.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
 
Umumnya VGA terpasang dalam posisi horizontal mengikuti posisi motherboard. Bagi konsumen yang ingin VGA dipasang vertikal biasanya menggunakan aksesoris kabel dengan interface PCIe dan bracket. Namun, mereka harus sedikit merusak panel belakang casing.
 
Panel belakang casing Corsair Crystal 680X RGB menyedia slot lubang vertikal untuk VGA. Jadi penggunanya tidak perlu merusak untuk membuat lubang vertikal bagi port output display dari VGA.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
 
Beralih ke chamber kedua, tersedia bracket yang berfungsi untuk menaruh PSU. Di sini terdapat sebuah penyangga yang bautnya bisa dilepas dan dipasang di lubang tergantung ukuran PSU. Fitur slot HDD dan SSD juga tersedia di chamber ini.
 
HDD maupun SSD bisa dipasang pada tray yang tidak membutuhkan alat, kecuali untuk mengencangkan baut pada tray. Dari percobaan, tray tersebut sudah cukup kencang meskipun tanpa baut.
 
Corsair Crystal 680X RGB, Casing PC Mewah
Tersedia tiga slot HDD 3,5 inci dan empat slot SSD 2,5 inci. Khusus untk tray SSD setiap slot tray bisa dilepas alias removeable. Tidak lupa terdapat lubang untuk memasang cable tie yang mengikat kabel sehingga manajemen kabel menjadi lebih mudah dan rapi.
 
Kesimpulan
Dari percobaan Medcom.id merakit PC dengan casing Corsair Crystal 680X RGB tidak ada kesulitan yang berarti. Ukurannya yang lebar menyediakan ruang atau chamber yang nyaman saat memasang komponen.
 
Chamber yang lega dan terpisah ini juga memberikan benefit bagi pengguna untuk memaksimalkan hardware yang bisa dipasang tanpa pusing memikirkan ukurannya.
 
Di sisi lain Corsair juga menyadari bahwa Dual Chamber bisa menyediakan sistem pendingin yang baik untuk spesifikasi PC yang mumpuni. Pengguna disediakan pilihan menggunakan sistem pendingan kipas atau liquid cooler dengan beragam opsi ukuran.
 
Tampilan luarnya yang terlihat biasa mengesankan kesan elegan. Melihat fitur yang ditawarkan, Corsair Crystal 680X RGB dibanderol USD250 atau senilai 3,5 juta di situs resminya.
Corsair Crystal 680X RGB
Plus
  • Dual Chamber
  • Pemasangan mudah dan tool-less
  • Mendukung berbagai sistem pendingin dalam jumlah banyak
  • Manajemen kabel mudah
Minus
  • Harga


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif