Asus Vivobook Pro 14 OLED.
Asus Vivobook Pro 14 OLED.

Review Laptop

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan

Cahyandaru Kuncorojati • 18 Agustus 2022 18:04
Jakarta: Asus kembali meluncurkan laptop anyar Vivobook Pro 14 OLED di Indonesia. Sebagai laptop berikutnya yang mengadopsi layar OLED, Asus menjanjikan kualitas visual mumpuni dari seri Vivobook ini.
 
Adopsi layar OLED memang telah dilakukan Asus terhadap jajaran laptopnya tak terkecuali Vivobook. Seri ini juga dikenal punya desain kekinian dilengkapi balutan warna muda atau cerah yang menarik mata.
 
Target pasar Vivobook pastinya berbeda dengan Zenbook. Ia mengincar konsumen yang lebih umum, tetapi tetap menawarkan sejumlah fitur memadai di kelasnya.  Vivobook Pro 14 OLED yang kami uji adalah laptop yang mengadopsi prosesor AMD. Berikut review redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Vivobook Pro 14 OLED mengusung layar 14 inci dengan konsep bezel lumayan tipis di keempat sisi layar. Layar ini tetap memberikan ruang untuk webcam pada sisi atasnya. Kamera ini juga telah dilengkapi penutup manual untuk aspek privasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan
 
Logo Asus Vivobook terlihat cukup jelas sisi bawah layar. Tak ada fitur Ergo Lift di laptop ini, terlihat dari bodi bawahnya yang punya desain meninggi. Namun, secara keseluruhan tetap membuatnya sebagai laptop yang mendukung mobilitas tinggi.
 
Vivobook Pro 14 OLED tetap menyediakan lubang untuk sirkulasi udara dalam jumlah yang memadai. Selain di bawah bodi laptop, ventilasi juga tersedia di antara engsel dan bodinya.
 
Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan
 
Layar berukuran 14 inci masih tergolong proporsional dan mendukung mobilitas. Penggunaan fungsi layar sentuh umumnya berimbas pada bobot layar, terlepas dari panel OLED yang dipakai. Hal ini juga berlaku untuk Vivobook Pro 14 OLED. Bobot bodi dan ukuran keseluruhan masih enak saat dipegang satu tangan.  
 
Desain keyboard Asus Vivobook Pro 14 OLED punya karakteristik ringkas dan punya travel distance yang tepat, tak lupa gaya tekan yang nyaman. Ini memberikan sugesti untuk mengetik lebih semangat atau cepat. Tombol power tersedia pada bagian atas keyboard ini. Tombol tersebut juga berguna sebagai alat pemindai sidik jari.
 
Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan
 
Beralih ke antarmuka, Asus Vivobook Pro 14 OLED menyediakan dua port USB 3.0 pada pinggir kiri, bersama indikator laptop dan slot MicroSD. Kemudian ada satu port USB 3.0 tambahan pada sisi sebaliknya, ditambah satu port HDMI, port charger, dan jack audio 3,5mm. Melihat port charger, ia tidak menggunakan kemampuan USB-C. Asus menyebut teknologi pengisian dayanya masih cukup cepat.
 

Fitur

Dari aspek software, Asus Vivobook Pro 14 OLED menawarkan aplikasi MyAsus. Fitur utama yang ditawarkan adalah sinkronisasi secara cepat antara laptop dan smartphone, dan menghadirkan fungsi yang dapat meningkatkan produktivitas.
 
Contohnya adalah transfer video dan foto, menjadikan smartphone sebagai layar tambahan, menjawab panggilan telepon di smartphone via laptop, hingga terhubung dengan layanan purna jual. 
 
Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan
 
Dukungan mikrofon yang memadai sekarang menjadi salah satu hal penting. Asus menggunakan fitur AI noise cancelling, yang diklaim bisa menyaring suara yang masuk saat pengguna memakai mikrofon bawaan ketika menggelar telekonferensi.
 
Penggunaan panel layar OLED sejatinya untuk memberikan kualitas visual yang lebih cerah dan tajam ketimbang LCD. Selain itu panel OLED juga memungkinkan response time yang lebih rendah dan elemen warna yang lebih akurat, terutama warna hitam. 
 
Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tampilan Menawan Spesifikasi Lumayan
 
Asus memastikan bahwa selain visual yang lebih tajam lewat dukungan Pantone Validated dan HDR, layar OLED mereka juga ramah untuk mata. Layar tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland. Ini berarti efisiensi warna biru tergolong cukup baik.
 
Kemudian speaker harman kardon yang terpasang di bodi bawah, memberikan pengalaman audio yang memadai di kelasnya. 
 

Performa

Asus Vivobook Pro 14 OLED yang kami uji menggunakan nama kode M3400QA. Ia menyematkan resolusi layar 2,8K atau disebut WQ+, dan prosesor AMD AMD Ryzen 5 5600H. Berduet dengan GPU terintegrasi AMD Radeon, prosesor ini memastikan performa yang ditawarkan dalam mendukung produktivitas penggunanya sehari-hari lebih dari cukup.
 
Asus mengklaim ini adalah laptop pertama berlayar 11 inci yang punya resolusi 2,8K di kelas harganya. Tak lupa dengan dukungan RAM 8GB dan penyimpanan SSD 512GB. Memori yang besar ini memastikan keseimbangan terhadap performa prosesor.
 
Untuk lebih jelas mengenai performanya, kami telah mengujinya dengan beberapa aplikasi standar benchmark, yang hasilnya secara angka bisa dilihat di bawah ini. 
 
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Night Raid Cinebench R23 (Multi/Single)
SKOR:  3080 10775 7779/543

 
Mengenai daya tahan baterai, Asus Vivobook Pro 14 OLED mengklaim bisa bertahan hingga 8 jam 13 menit. Penggunaan dengan mode yang hanya dipakai untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office atau Google Suite memungkinkan daya baterainya bisa bertahan mencapai 11 jam.
 
Berdasarkan pengalaman penggunaan, Asus Vivobook Pro 14 OLED akan menghasilkan panas ketika prosesor bekerja secara penuh. Namun, panas ini tidak akan mengganggu tangan berkat teknologi yang Asus sebut IceCool Plus.
 
Ketika bekerja di ruangan atau kafe yang menggunakan meja permukaan kayu atau yang lainnya, panas akan dibuang secara simultan lewat bawah bodi dan di sela engsel laptop. 
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga Asus Vivobook Pro 14 OLED versi yang kami uji adalah Rp11.299.000. Harganya termasuk menarik untuk sebuah laptop yang telah mengadopsi prosesor AMD generasi terkini. Selain itu, panel OLED membuatnya termasuk ke dalam salah satu laptop dengan kualitas visual apik.
 
Desain minimalis dan bobot ringan merupakan dua kelebihan yang layak dipertimbangkan, tak lupa dengan performa yang ditawarkan. Seandainya masih kurang, ia menawarkan daya baterai yang irit, ditambah pengisian daya cepat. Satu kekurangan untuk sebagian orang yang terlihat mungkin adalah ketiadaan port USB-C. Kami menilai hal ini wajar karena menggunakan prosesor AMD.
 
Selama penggunaan, kami menemukan laptop ini mampu mendukung produktivitas untuk kerja mobile, baik untuk telekonferensi maupun bermain berbagai game populer terkini. Jika Anda sedang mencari laptop yang bisa memenuhi kebutuhan secara umum, Asus Vivobook Pro 14 OLED bisa menjadi pertimbangan.
 
 
SPESIFIKASI Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400QA
Prosesor AMD Ryzen 5 5600H
RAM 8GB DDR4
Memori Internal 512GB SSD NVMe
Layar OLED 14 inci WQ+ (2880x1800)
GPU AMD Radeon Integrated
Bobot 1,4 kg
Dimensi 31,58 x 22,63 x 1,89 cm
Harga Rp11.299.000
 
8.8
Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400
Plus
  • Performa mantap
  • Pilihan warna kekinian
  • Pengisian baterai cepat
Minus
  • Tidak menyediakan Kensington Lock
  • Tak ada port USB-C

 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif