?ASUS ROG Swift PG27UQ
?ASUS ROG Swift PG27UQ

ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior

Teknologi asus hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Mei 2019 14:45
Jakarta: Monitor gaming sudah jadi barang mewah yang wajib dimiliki PC gamer untuk bisa memiliki pengalaman premium. Kini semakin banyak monitor gaming dengan harga tinggi yang hadir bersama spesifikasi superior atau tertinggi di kelasnya.
 
Gamer kini dihadapkan dengan dua pilihan, monitor gaming layar datar atau layar lengkung. Jenis layar datar mungkin tidak immersive seperti layar lengkung, tapi spesifikasinya masih tidak kalah.
 
Kali ini redaksi Medcom.id kedatangan ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor gaming layar datar berukuran 27 inci dengan rasio layar ke bodi 16:9 ini masih memiliki tampilan luar seperti seri RIG Swift yang sebelumnya kami bahas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ASUS ROG Swift PG27UQ memiliki bobot cukup berat dibalik bodinya yang kokok. Kaki penyangganya menggunakan tiga buah kaki dengan panjang ukuran sedang. Jadi tidak akan memakan banyak ruang saat diletakankan di meja cubicle kantoran atau meja yang tidak begitu lebar.
 
Dengan bodinya yang cukup besar dan berat, ASUS ROG Swift PG27UQ masih bisa diputar ke kanan dan kiri dan menunduk. Bahkan engsel penyangga monitor di belakangnya memungkinkan monitor ini berputar dan digunakan dalam posisi vertikal.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
ASUS ROG Swift PG27UQ juga masih memiliki fitur LED di bawah penyangga atau di antara tiga kaki penyangganya. LED tersebut hadir dengan cover material akrilik berlogo ASUS ROG. Dalam paket penjualannya tersedia dua cover akrilik polos yang bisa dibuat memiliki logo khusus.
 
Di bagian atasnya juga terdapat LED RGB yang sangat kuat menembakkan sinar bergambar logo ASUS ROG. Sakit kuatnya, sinar LED tersebut masih terlihat jelas langit ruangan yang ketinggiannya sekitar 3 meter.
 
Permukaan bodi belakang ASUS ROG Swift PG27UQ juga masing mengusung desain garis geometris khas ASUS ROG yang menampilkan kesan futuristik dan logo ASUS ROG yang tidak didukung LED. Di bagian bawah bodi belakangnya tersembunyi deretan I/O port yang dilengkapi cover.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
I/O Port tersebut terdiri dari port input HDMI dan DisplayPort 1.4. Tersedia juga opsi USB port upstream berupa USB 3.0 Type-B dan dua buah USB port downstream jenis USB 3.0 Type-A. Monitor gaming ASUS ROG Swift PG27UQ juga memiliki earphone jack 3,5mm.
 
Posisi I/O Port ini memang terhalang tiang penyangga monitor. Beruntung desain ASUS ROG Swift PG27UQ yang bisa diputar menjadi posisi vertikal (portrait) membuat deretan I/O Port sangat mudah di akses.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ juga masih setia meletakkan kontrol OSD di sisi kanan layar. Deretan kontrol tersebut terdiri dari sebuah joystick untuk mengakses menu lengkap pengaturan dan empat tombol shortcut ke fungsi atau fitur layar.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
Sebelum membicarakan fitur dari OSD yang berkaitan dengan performa layarnya, Medcom.id akan menjelaskan lebih detil daya tarik utama monitor gaming ini. ASUS ROG Swift PG27UQ hadir dengan dukungan resolusi hingga 4K UHD (3840x1260) dengan kemampuan refresh rate 144Hz.
 
Di resolusinya yang besar, refresh rate tinggi akan membuat kualitas gambar 4K tidak sekadar tajam tapi halus karena mampu menghasilkan frame rate lebih cepat. Dari pengalaman Medcom.id ASUS ROG Swift PG27UQ mampu menyajikan gambar dengan warna yang kaya dan serta resolusi tinggi tapi tanpa patah-patah.
 
Efek minimalisir stuttering dan screen tearing ini juga berasal dari dukungan NVIDIA G-Sync HDR. Teknologi NVIDIA G-Sync HDR berbeda dari versi tanpa HDR. Dukungan HDR membuat warna yang disajikan lebih kaya dan akurat termasuk pekat.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Misalnya, Medcom.id menemukan warna hitam yang sangat pekat saat bermain game di ASUS ROG Swift PG27UQ, bukan abu-abu gelap. Kemudian warna putih yang dihasilkan benar-benar cerah dan bukan kuning atau kebiruan. Tentu saja fitur HDR bisa diaktifkan maupun di nonaktifkan.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
Cara mengaktifkannya dengan masuk ke bagian Display pada halaman Control Panel atau Settings di komputer Anda. Nantinya akan tersedia pilihan menu bernama Windows HD Color. Di dalamnya akan tersedia opsi slide geser untuk mengaktifkan fitur HDR.
 
Saat diaktifkan kualitas warna yang disajikan memang jauh lebih kuat dan tajam. Disebutkan bahwa pengalaman HDR akan berlaku pada semua jenis konten, foto, video, maupun game. Artinya ASUS ROG Swift PG27UQ masih pas untuk kebutuhan selain gamer misalnya profesional yang mengerjakan video atau foto.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
Kemudian ada dua fitur yang bisa diakses dari tombol kontro OSD. Fitur ASUS GameVisual dan GamePlus. ASUS GameVisual menyediakan enam preset konfigurasi kualitas visual sesuai kebutuhan. Mulai dari FPS, RTS/RPG, Racing, Cinema, Scenery, dan sRGB. Satu lagi fitur yang bisa diakses dari tombol OSD adalah ASUS GamePlus.
 
Namun, opsi ASUS Game Visual tidak akan bisa digunakan saat mode HDR aktif. Hal ini bisa dipahami karena mode HDR sudah menyajikan kualitas warna yang sangat sempurna yang merata untuk semua jenis konten, game atau video.
 
ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Mewah dan Superior
 
ASUS GamePlus memiliki beberapa opsi fitur. Pertama menampilkan crosshair yang bisa membantu gamer membidik di dalam game FPS. Tersedia fitur timer yang disebut ASUS untuk mengejar target lewat durasi yang dibatasi.
 
Kemudian tersedia juga FPS Counter yang menampilkan jumlah frame per second sebuah game yang berjalan untuk enthusiast yang ingin mengetahui performa PC mereka/ Fitur terakhir yaitu Display Alignment yang memberikan garis panduan di tiap sisi monitor untuk memudahkan proses penggunaan lebih dari satu monitor.
 

Kesimpulan
ASUS ROG Swift PG27UQ masih tepat dimasukkan dalam kelas monitor gaming kelas high-end meskipun hanya mengusung layar ukuran 27 inci dan tidak lengkung. Penilaian ini berdasarkan spesifikasi dan kemampuan layar untuk menyajikan kualitas warna yang sangat baik.
 
Ditambah kehadiran resolusi 4K dan kualitas HDR. Membuat monitor ini tidak hanya cocok untuk bermain game tapi juga kebutuhan profesional video editing atau sekadar menonton Netflix di kualitas grafis 4K. Kemampuannya menyajikan kualitas 4K dengan refresh rate 144Hz adalah perpaduan sempurna.
 
Sebagai monitor gaming, ASUS ROG Swift PG27UQ masih memiliki desain yang kental dengan nuansa gaming meskipun tidak ada perbedaan dari seri sebelumnya. Termasuk kehadiran fitur ASUS GameVisual dan GamePlus.
 
Melihat seluruh kehebatannya, Medcom.id tidak heran apabila ASUS ROG Swift PG27UQ dibanderol mulai dari Rp38 jut. Harga yang tinggi dan masih pantas untuk kombinasi 4K, HDR, dan refresh rate 144Hz.
ASUS ROG Swift PG27UQ
Plus
  • Bodi kokoh
  • Engsel penyangga sangat fleksibel
  • Resolusi 4K refresh rate 144Hz
  • Mendukung kualitas HDR
Minus
  • Harga
  • Bobotnya lumayan berat

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif