Tampilan dari HP 14 - AF115AU. (MTVN/LAVIE)
Tampilan dari HP 14 - AF115AU. (MTVN/LAVIE)

HP 14 - AF115AU, Notebook Menengah untuk Pelajar

Teknologi review laptop
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 Februari 2016 10:35
medcom.id, Jakarta:Saat ini, perangkat mobile memang semakin banyak digunakan. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti keberadaan laptop telah terlupakan sama sekali. Karena, meski perangkat mobile seperti smartphone dan tablet memang lebih ringkas, tetap ada beberapa pekerjaan yang lebih mudah untuk dikerjakan di laptop.
 
HP merupakan salah satu produsen laptop. Pada bulan Desember lalu, HP meluncurkan sebuah laptop kelas pemula yaitu HP 14 - AF115AU. Bekerja sama dengan AMD, HP berusaha untuk menarik kalangan para pelajar dengan laptop yang berharga terjangkau ini.
 

Desain

HP 14 - AF115AU memiliki bagian belakang layar warna perak bertekstur. Ia memiliki bezel berwarna hitam yang tebal. Beratnya berbanding lurus dengan ukurannya yang bongsor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan berat mulai dari 1,94 kg, HP 14 - AF115AU terasa cukup berat saya tidak dapat mengangkatnya dengan satu tangan. Ia juga cukup tebal. Karena itulah, ia tidak cocok untuk Anda yang sering berpergian.
 
HP 14 - AF115AU, Notebook Menengah untuk Pelajar
Untuk masalah keyboard, HP menggunakan island-style keyboard, yaitu keyboard dengan bagian yang melengkung di sisi-sisinya. HP membekali laptop ini dengan konektivitas yang cukup lengkap. Ia menyediakan 1 port USB 3.0, 2 port USB 2.0, port HDMI, port RJ45, port earphone, dan card reader. Ia bahkan dilengkapi dengan sebuah optical drive, sesuatu yang sudah jarang ditemui pada laptop sekarang ini.
 

Performa

Untuk menghadirkan HP 14 - AF115AU yang memiliki harga terjangkau, HP bekerja sama dengan AMD. Pada laptop ini, HP menggunakan AMD APU A6-5200 sebagai prosesornya, dilengkapi dengan Radeon HD 8400 Graphics dan RAM 2GB.
 
Dengan layar sebesar 14 inci dan resolusi1366 x 768, laptop ini cukup memuaskan untuk digunakan untuk menonton film. Baterainya yang tahan lama juga berarti Anda tidak perlu khawatir ia akan mati saat Anda sedang menonton film.
 
Saat saya menggunakan 3DMark Cloud Gate untuk menguji performa dari laptop ini, ia berhasil mendapatkan skor yang cukup tinggi yaitu 2066. Sementara saat ia diuji menggunakan PCMark, ia berhasil mendapatkan skor 1323.Jika dibandingkan dengan laptop mungil buatan ASUS, X205TA, laptop buatan HP ini memiliki nilai yang lebih tinggi.
 
HP 14 - AF115AU, Notebook Menengah untuk Pelajar
HP 14 - AF115AU, Notebook Menengah untuk Pelajar
Meskipun begitu, selama saya memakai laptop ini, saya sering merasa frustasi. Saya menggunakan laptop ini untuk bekerja. Sama seperti pelajar, program-program yang saya perlukan untuk bekerja bukanlah program khusus yang berat. Untuk bekerja, saya hanya sering menggunakan peramban internet Chrome, Notepad, Microsoft Word, Paint dan PDF Reader.
 
Namun, saat saya berganti dari satu program ke program lain, atau pada Chrome, dari satu tab ke tab lain, saya harus bersabar menghadapi lag.
 
Untungnya, keyboard dari laptop buatan HP ini cukup nyaman untuk dibuat mengetik. Keyboard dari HP 14 - AF115AU memang tidak dilengkapi dengan numerical keyboard, tetapi setidaknya ia sudahdilengkapi dengan satu kolom ekstra yang berisi tombol seperti Home dan End. Touchpad dari laptop ini juga cukup responsif. Tombol klik kanan dan kiri terlihat jelas pada bagian touchpad, dan kedua tombol tersebut terasa nyata saat ditekan.
 
Satu kelebihan dari laptop ini adalah baterainya yang tahan lama. Saat mengukur menggunakan Power Mark, ia berhasil mendapatkan waktu selama 5 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir harus sering-sering mengisi baterainya saat berada di luar.
 
HP 14 - AF115AU, Notebook Menengah untuk Pelajar
 

Fitur

Mengingat HP berusaha untuk menyasar kalangan pelajar dengan laptop berharga terjangkau, maka mereka juga tidak melengkapiHP 14 - AF115AU dengan fitur-fitur khusus, baik dari segi hardware maupun software. Meskipun begitu, setidaknya ia sudah dilengkapi denganWindows 10.
 
Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli sistem operasi. Karena sistem operasi yang tertanam sudah yang terbaru, Anda juga tidak perlu lagi bingung tentang bagaimana cara memperbarui sistem operasi komputer.
 

Kesimpulan

HP 14 – AF115AU memang memiliki harga yang terjangkau. Meskipun begitu, performanya kurang memuaskan. Selain itu, ia memiliki bodi yang besar dan berat. Karena itu, ia tidak cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering berada di luar rumah. Ia juga tidak memiliki fitur-fitur khusus yang membuatnya tampil menonjol dari pesaingnya.
HP 14 – AF115AU
Ukuran Layar 14 inci (1366 x 768)
Prosesor AMD APU A6-5200 @2.0GHz Quad-Core
GPU AMD Radeon HD 8400 Graphics
RAM 2GB
Penyimpanan 500GB 5400 rpm SATA
Dimensi 34.54 x 24.15 x 2.39 cm
Bobot Mulai 1,94 kg
Baterai 4-cell, 41 Wh Li-ion
Harga Rp3.999.000

HP 14 - AF115AU

7

  • Baterai yang tahan lama
  • Harga terjangkau
  • Bodi besar dan berat
  • Performa kurang memuaskan
  • Tidak ada fitur khusus

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif