ViewSonic VX2485-MHU
ViewSonic VX2485-MHU

Review Monitor

Menjajal Monitor ViewSonic VX2485-MHU, Harga Rp3 Juta

Teknologi teknologi hardware viewsonic review monitor
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 21 Januari 2021 14:03
Jakarta: Produk berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah monitor buatan ViewSonic VX2485-MHU. Tidak mengusung tema gaming, monitor ini dirancang untuk semua kalangan konsumen, dengan performa dan beberapa fitur yang mirip dengan monitor gaming.
 
Bisa dibilang ia merupakan alternatif untuk mereka yang punya dana terbatas. Alasannya, monitor gaming dipatok dengan rentang harga Rp3,5 juta atau lebih. ViewSonic VX2485-MHU merupakan monitor dengan tampilan sederhana tetapi punya beberapa kelebihan. Ini review selengkapnya dari Medcom.id.
 
Kelebihan pertama yang kami lihat pada ViewSonic VX2485-MHU adalah model layar bezel-less, yang berarti memberikan pengalaman visual lebih luas. Model ini punya peran penting karena ukuran layarnya 23,8 inci.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Porsi bingkai paling besar terlihat pada sisi bawah untuk memasang logo ViewSonic. Tombol pengaturan terpasang di belakang kanan, yang terdiri dari beberapa tombol untuk akses menu secara cepat. Bodi monitor ini tergolong tipis sehingga cocok untuk Anda yang ingin punya meja dengan konsep minimalis.
 
Di sisi lain, alasnya tergolong besar dan punya bobot yang cukup berat, walaupun masih punya aspek estetika yang tepat. Alas ini berbentuk lingkaran berwarna hitam, dengan ukuran sekitar 9 inci. Penyangga monitor terhubung alas lewat pengunci yang dapat dikencangkan atau dibuka dengan mudah. 
 
Menjajal Monitor ViewSonic VX2485-MHU, Harga Rp3 Juta
 
Kaki monitor ViewSonic VX2485-MHU punya desain yang tampil beda. Di tengah kaki ini terdapat sendi yang membuat monitor lebih fleksibel. Benar saja, sendi ini memberikan ruang gerak layar ke kanan atau kiri.
 
Sendi ini juga menyediakan lubang untuk jalur kabel agar lebih rapi. Selain bergerak ke kiri dan kanan, layar monitor ini juga bisa menghadap atas dan bawah, menyesuaikan kebutuhan pengguna.
 
Menjajal Monitor ViewSonic VX2485-MHU, Harga Rp3 Juta
 
Untuk antarmukanya, ViewSonic VX2485-MHU menyediakan satu port HDMI, D-Sub, USB-C, dan jack audio 3,5 mm. Pilihan port ini mungkin terasa minim, tetapi masih termasuk wajar untuk kelas ukuran layarnya. Sebagai monitor terkini, ia tetap mendukung port D-Sub, ditambah USB-C yang kini mulai diadopsi.
 
Port USB-C ini bisa dipakai untuk mengisi daya smartphone, menghubungkan speaker, serta proyeksi layar tambahan. Jika belum punya speaker sendiri, tak perlu khawatir karena monitor ini menyediakan speaker internal 3W.
 
Menjajal Monitor ViewSonic VX2485-MHU, Harga Rp3 Juta
 
Pengaturan profil warna dan kontras, serta fitur lainnya dapat diakses lewat tombol di bodi belakang. Satu tombol dirancang khusus untuk menggerakkan pilihan secara intuitif. Pilihan pengaturan cukup lengkap, mulai dari pencahayaan, profil warna, sampai fitur blue light filter. Monitor ini juga menyediakan profil bawaan, seperti untuk keperluan gaming.
 
Menjajal Monitor ViewSonic VX2485-MHU, Harga Rp3 Juta
 
Untuk performanya, ViewSonic VX2485-MHU menyematkan resolusi Full HD 1920 x 1080 berpanel IPS. Ia juga telah mendukung AMD FreeSync 75Hz, sudah memadai untuk mereka yang punya sedikit jiwa gamer dan ingin melihat performa visual lebih dari 60Hz.
 
Sepanjang penggunaan, monitor ini menampilkan profil warna yang lembut, tanpa mengurangi akurasi warnanya. Faktor pendukungnya adalah panel IPS yang dikenal memberikan tampilan nyaman. 
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga ViewSonic VX2485-MHU mulai dari Rp3 juta. Berdasarkan pantauan e-commerce di Tanah Air, monitor ini dipatok Rp3.050.000. Sebagian orang mungkin merasa harganya cukup mahal untuk sebuah monitor dengan layar kurang dari 25 inci. Di sisi lain, ia menawarkan beberapa kelebihan yang cukup unik. Kelebihan ini membuatnya bisa menyentuh beberapa konsumen gamer yang ingin mencoba monitor kasual dengan fitur gaming.  
 
 
8.5
ViewSonic VX-2485-MHU
Plus
  • Sudut layar
  • Port USB-C
  • Kualitas visual memuaskan
Minus
  • Harga
  • Bentuk kaki penyangga

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif