Samsung Galaxy M11 (Foto: Medcom.id)
Samsung Galaxy M11 (Foto: Medcom.id)

Review Smartphone

Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 20 Juni 2020 11:20
Jakarta: Samsung secara resmi merilis Galaxy M11 pada bulan Maret 2020 lalu, dan memboyongnya ke Indonesia pada akhir bulan Mei lalu. Perangkat yang ditawarkan dalam program flash sale ini mengunggulkan baterai dan performa kuat.
 
Keunggulan tersebut berkat dukungan baterai berkapasitas 5.000 mAh serta chipset Qualcomm Snapdragon 450. Penerus Galaxy M10 ini turut mengusung sejumlah perbaikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
 
Selain tersedia dalam opsi kombinasi RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal 32GB serta RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB, ponsel cerdas ini juga hadir dalam warna hitam, biru dan ungu. Lantas apa lagi yang ditawarkan smartphone Samsung ini?

Nyaman Digenggam

Menyoal desain, Samsung Galaxy M11 hadir dengan desain sedikit berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, setidaknya dalam hal desain layar. Samsung Galaxy M11 dengan ukuran layar 6,4 inci ini tidak mengusung desain poni layar bertajuk Infinity-V.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Desain ini berupa kamera depan yang tersemat di bagian tengah atas layar dalam desain poni yang menyerupai huruf V halus. Sedangkan Galaxy M11 mengusung desain Infinity-O, dengan kamera depan tersemat di sudut kiri atas layar.
 
Kamera ini hadir dalam lingkaran di layar seolah menciptakan kesan lubang pada layar. Hal ini menyebabkan pengalaman menikmati konten lebih menyenangkan karena layar yang terasa lebih lega, meski dikelilingi oleh bezel yang tidak terlalu tipis.
 
Sebagai informasi, layar Samsung Galaxy M11 menggunakan panel PLS TFT dengan resolusi HD+. Menyoal bodi, desain yang diusung Samsung Galaxy M11 juga serupa jika dibandingkan dengan Galaxy M10, dengan sudut bodi perangkat yang membulat.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Saat melihat perangkat, sekilas kami mendapati kesan tebal, meski hanya mengusung ketebalan 9 mm. Namun ketebalan tersebut mendukung kenyamanan saat menggenggam Samsung Galaxy M11. Selain berkat ketebalannya, kenyamanan saat menggenggam ponsel ini juga didukung oleh bobot yang diusung Samsung Galaxy M11.
 
Kombinasi ketebalan bodi dan bobot seberat 197 gram ini turut mendukung kenyamanan saat mengoperasikan Samsung Galaxy M11 dengan satu tangan. Kesan lebih elegan kami dapati pada perangkat ini berkat usungan warna tidak mengilat di bagian bodi belakang.
 
Mengusung warna matte atau tidak mengilat, Samsung Galaxy M11 ini tetap mampu menghadirkan kesan berkilau saat bodi perangkat tertimpa cah'aya, berkat tekstur yang terdapat pada warna bodi belakang perangkat ini.
 
Bekal pewarnaan tidak mengilat bertekstur cukup membantu dalam mempertahankan keindahan tampilan karena tidak rentan kotor akibat noda sidik jari, berbeda dari perangkat pendahulunya yaitu Galaxy M10 yang hadir dengan lapisan warna mengilat.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Sementara itu, Anda akan dapat menemukan tombol volume dan daya power di sisi kanan ponsel, serta serta slot untuk dua simcard dan satu microSD di sisi kiri bodi perangkat. Dan di sisi atas tersemat jack audio 3.5mm, fitur yang saat ini mulai cukup langka pada smartphone.
 
Di sisi bawah perangkat, Anda juga akan menemukan lubang speaker yang mendampingi port pengisian daya USB-C. Sedangkan di bagian belakang, tersemat tiga kamera yang tersusun vertikal di sudut kiri belakang, didampingi oleh lampu flash dan sensor pemindai sidik jari.

Antarmuka Pengguna Mulus Optimal

Saat ini, hampir seluruh smartphone keluaran terbaru Samsung menggunakan antarmuka pengguna yang sama yaitu OneUI. Hal ini ditujukan Samsung untuk menghadirkan pengalaman penggunaan dan interaksi antara pengguna dan perangkat mulus dan nyaman, terlepas dari seri perangkat yang digunakan.
 
Pada Galaxy M11, Samsung telah menyematkan antarmuka pengguna khas terbarunya, yaitu OneUI 2.0 berbasis Android 10. Selain hadir dengan tampilan penuh warna, antarmuka pengguna ini juga memanjakan mata berkat ukuran ikon aplikasi yang tergolong besar.
 
Tidak hanya memanjakan mata, ikon aplikasi berukuran lebih besar ini juga menghadirkan kemudahan saat mengakses aplikasi dalam penggunaan perangkat dengan satu tangan. Samsung juga membekali Galaxy M11 ini dengan berbagai fitur baru, tidak hanya khas Android tapi juga khas Samsung.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Sejumlah fitur tersebut adalah Dark Mode, berkemampuan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata cepat lelah saat menatap layar. Samsung Galaxy M11 juga berbekal aplikasi bawaan khas Samsung lainnya, seperti Samsung Pay, Smart Tutor, dan Samsung Notes.
 
Ada juga fitur Focus Mode dan Digital Wellbeing, serta Samsung Members, Galaxy Store, serta S Lime. Serupa perangkat Samsung lainnya, Galaxy M11 juga berbekal sejumlah aplikasi karya Microsoft termasuk Office Mobile, OneDrive, dan Outlook.
 
Hanya saja pada Galaxy M11, Samsung tak menghadirkan aplikasi dan fitur Bixby, ditujukan untuk menekan harga jual ponsel cerdas ini. Namun Samsung tetap membekalinya dengan fitur andalan yaitu Device care.
 
Fitur ini memungkinkan Anda melakukan optimalisasi terhadap sejumlah fungsi pada smartphone, termasuk dalam hal penggunaan daya baterai, media penyimpanan, memori, keamanan, konsumsi kuota data saat melakukan menggunakan akses internet.

Baik di Pencahayaan Cukup

Menyoal kamera, Samsung Galaxy M11 hadir dengan bekal tiga kamera terdiri dari sensor utama 13 MP, kamera ultra-wide 5 MP dan sensor kedalaman 2MP. Sedangkan untuk kamera depan, Samsung membekalinya dengan sensor beresolusi 8MP.
 
Di atas kertas, kamera yang membekali Samsung Galaxy M11 ini cukup mumpuni. Dan saat kami coba, hasil foto yang disajikan oleh kamera perangkat ini tergolong baik, meski tidak istimewa. Hasil foto akan tampil baik pada kondisi pencahayaan cukup, berbeda saat foto diambil dalam kondisi pencahayaan redup.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Pada hasil foto dengan kondisi pencahayaan cukup, Anda akan mendapati komposisi warna yang cukup baik. Namun tiga hal ini sedikit menurun pada kondisi pencahayaan redup, ditambah dengan kehadiran noise yang cukup terlihat.
 
Samsung menyuguhkan fitur zoom out pada kamera Galaxy M11, yang memungkinkan Anda memotret ruang bidang lebih luas dari pengaturan default. Hanya saja, pada hasil foto yang dipotret dengan fitur ini, Anda akan menemukan lengkungan di sisi kanan dan kiri gambar.
 
Lengkungan pada kedua sisi gambar ini serupa foto yang dipotret dengan lensa fisheye, meski tidak seagresif itu. Dan menggunakan fitur ini pada kondisi pencahayaan redup turut membantu mengurangi tingkat kecerahan pada gambar, serta menjadikan noise lebih kentara.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Meskipun demikian, Samsung kamera Galaxy M11 cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Sebab, respon kamera ponsel cerdas ini saat memotret tergolong cepat, terutama untuk perangkat di segmen menengah.
 
Hal tersebut tidak hanya kami temukan saat memotret dengan menggunakan kamera belakang, tapi juga saat menggunakan kamera depan. Sementara itu, pada aplikasi kamera bawaannya, Samsung membekali kamera dengan sejumlah mode pemotretan yaitu Panorama, Pro, Live Focus, Foto, dan Video.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Anda dapat menyesuaikan pengaturan Exposure, White Balance, dan ISO sesuai keinginan, layaknya kamera profesional pada mode Pro, meski memang tidak selengkap kamera sesungguhnya. Selain itu, Samsung Galaxy M11 juga belum didukung oleh fitur Night Mode.

Mulus Tanpa Gangguan

Samsung Galaxy M11 didukung Qualcomm Snapdragon 450 1.8GHz, serta RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal 32GB. namun, Anda dapat menambahkan kapasitas tersebut melalui microSD hingga 512GB.
 
Untuk penggunaan sehari-hari, Samsung Galaxy M11 mampu menghadirkan performa baik, dengan responsivitas baik dan transisi antar layar dan menu mulus. Sementara itu menyoal multitasking, smartphone ini cukup mampu menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan.
 
Sedangkan saat memainkan game Asphalt 9, kami menemukan lag meski tidak berlangsung lama dan sebanyak satu kali dari permainan selama 30 menit. Pengalaman mulus tanpa gangguan lag juga kami temukan saat memainkan game PUBG.
 
Saat memainkan PUBG, game secara otomatis menggunakan pengaturan grafis Smooth, dan pengaturan frame rate Medium. Memainkan game pada pengaturan frame rate lebih tinggi yaitu High, tetap memungkinkan Samsung Galaxy M11 menyuguhkan pengalaman bermain baik.
 
Demikian juga saat memainkan game pada pengaturan grafis Balanced. Hanya saja, pada pengaturan ini, game PUBG pada Samsung Galaxy M11 hanya menyediakan opsi pengaturan frame rate tertinggi pada pengaturan medium.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Sedangkan menurut pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark dan 3DMark, Samsung Galaxy M11 menyuguhkan nilai hasil pengujian tergolong standar. Pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, smartphone ini memperoleh nilai sebesar 438.
 
Sementara itu pada pengujian 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh nilai sebesar 829. Namun pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark dengan kategori Work 2.0, Samsung Galaxy M11 mampu memperoleh nilai 4.643.
 
Samsung Galaxy M11, Baterai Besar Harga Terjangkau
 
Mengunggulkan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000mAh, Samsung Galaxy M11 mampu bertahan selama satu setengah hari hingga dua hari dalam kondisi penggunaan normal. Sedangkan dalam pengujian yang melibatkan aplikasi, baterai smartphone ini mampu bertahan 17 jam dua menit.
 
Sebagai perangkat kelas menengah yang ditujukan bagi konsumen dengan mayoritas aktivitas jauh dari soket listrik, Samsung tidak lupa membekali Galaxy M11 dengan teknologi pengisian daya. Teknologi berdaya 15W ini diklaim mampu mengisi baterai hingga penuh selama kurang dari dua jam.
 
Kesimpulan
Keunggulan menyoal baterai dan performa Galaxy M11 yang digadang oleh Samsung kami rasakan selama proses pengujian, terutama di bidang daya tahan baterai. Pengalaman penggunaan yang menyenangkan juga ditunjang oleh desain bodi yang diusung ponsel cerdas ini.
 
Sayangnya, kamera yang disuguhkan Galaxy M11 ini tidak istimewa, meski juga tidak buruk. Dipasarkan dengan harga Rp2.099.000, Samsung Galaxy M11 ini sesuai untuk Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan membutuhkan perangkat dengan performa baik.
Spesifikasi Samsung Galaxy M11
Prosesor Qualcomm Snapdragon 450
GPU Adreno 506
OS Android 10 + OneUI 2.0
RAM 3GB
Memori Internal 32GB
Kamera Belakang 13MP+5MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 5.000 mAh
Layar 6,4 inci 720 x 1560 piksel
Harga Rp2.099.000
8.5
Samsung Galaxy M11
Plus
  • Nyaman digenggam
  • Baterai tahan lama
  • Layar lebar menyenangkan untuk menikmati konten multimedia
  • Kinerja mulus
  • Kamera baik pada kondisi pencahayaan cukup
Minus
  • Kamera kurang menyenangkan pada kondisi pencahayaan redup

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif