Samsung Galaxy S20 Ultra cosmic black.
Samsung Galaxy S20 Ultra cosmic black.

Review Smartphone

Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 08 Mei 2020 20:38
Jakarta: Samsung menjadi salah satu produsen smartphone yang gencar menghadirkan produk terbaru karyanya, dengan dukungan berbagai teknologi canggih dan inovatif, tidak terkecuali pada smartphone unggulan terbarunya, lini Galaxy S20.
 
Samsung meluncurkan tiga model di lini Galaxy S20 pada bulan Februari lalu, terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20+ dan Galaxy S20 Ultra. Dan pada Galaxy S20 Ultra, Samsung menargetkan ponsel ini untuk konsumen yang ingin melakukan lebih banyak hal dari smartphone mereka.
 
Salah satu fitur yang diunggulkan Galaxy S20 Ultra adalah kemampuan pada kameranya, termasuk kemampuan merekam video hingga resolusi 8K dan resolusi foto maksimum 108MP. Lantas apa lagi yang ditawarkan Samsung Galaxy S20 Ultra? Simak ulasannya berikut ini.

Sudut Bulat, Ukuran Besar

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan desain tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan perangkat pendahulunya, yaitu Galaxy S10 dan Galaxy Note 10. Namun, bagian sudut bodi Galaxy S20 Ultra dengan desain lebih membulat jika dibandingkan dengan kedua perangkat tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Kehadiran desain dengan sudut lebih membulat ini menghadirkan kenyamanan saat disimpan di saku, meski ukurannya yang tergolong terlalu besar untuk disimpan di saku celana.
 
Bagi pengguna bertangan besar, menggenggam Samsung Galaxy S20 Ultra mungkin terasa mantap, namun untuk pengguna bertangan kecil, menggenggam perangkat ini sedikit menyebabkan kewalahan.
 
Selain itu, desain bagian lokasi penyematan kamera belakang yang sedikit menonjol menjadi salah satu hal yang menimbulkan rasa riskan saat menyimpan ponsel di saku celana atau saku khusus smartphone yang umum tersedia di bagian dalam tas punggung.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Desain lokasi penyematan kamera belakang ini yang berukuran lebih lebar dari desain perangkat pendahulunya tersebut juga menimbulkan ketidaknyamanan akibat sisa ruang bagi jemari untuk menggenggam ponsel dengan leluasa saat menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon.
 
Sisa ruang terbatas di bagian belakang ini juga mengakibatkan jemari kerap menyentuh bagian kamera tersebut sehingga menyebabkan bagian kamera rentan kotor oleh noda sidik jari. Tidak hanya bagian kamera, bodi belakang secara keseluruhan juga rentan kotor akibat noda sidik jari akibat bahan mengkilat dengan warna hitam.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Mungkin hal berbeda akan Anda dapati jika menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra dalam warna lainnya. Menyoal bobot, Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan bobot yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Galaxy S9 Plus.
 
Layar ponsel cerdas ini hadir dengan bezel berketebalan sangat tipis, sehingga layar tampak mendominasi bagian depan ponsel. Layar Samsung Galaxy S20 Ultra juga hanya hadir dengan lubang untuk kamera depan.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Mungkin Anda akan bertanya-tanya lokasi penyematan speaker depan serta sensor lainnya. Namun jika diperhatikan dengan seksama, terlebih saat menggunakan sasis silikon yang tersedia di kotak kemasan, speaker dan sensor tetap tersemat di bagian tengah atas layar, tepat di atas kamera, meski dengan ketebalan lebih tipis.

One UI 2.0

Samsung Galaxy S20 Ultra telah menggunakan tampilan antarmuka One UI 2.1 berbasis Android 10 saat pertama kali diaktifkan setelah dikeluarkan dari kotak kemasan penjualan. Serupa dengan pendahulunya, antarmuka khas Samsung ini menghadirkan kemudahan saat digunakan.
 
Salah satu pengalaman penggunaan menyenangkan terasa saat harus mengakses menu di layar dengan satu tangan. Hadir layar besar, mengakses menu pada layar Samsung Galaxy S20 Ultra tergolong mudah, berkat ukuran ikon default tergolong besar dan peletakan ikon yang praktis.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra juga hadir dengan dua fitur biometrik berupa autentikasi sidik jari dan teknologi pengenalan wajah. Menggunakan sensor pemindai sidik jari yang terletak di dalam layar lebih memudahkan proses pembukaan kunci layar.
 
Secara pribadi, kami lebih memilih untuk menggunakan teknologi pengenalan wajah. Fitur ini mengingatkan kami pada fitur serupa pada iPhone X yang diiklankan di sejumlah media. Untuk membuka kunci layar dengan fitur ini, Anda perlu menekan tombol daya untuk menyalakan layar, dan mengarahkan kamera depan ke wajah.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Setelah ikon gembok di bagian atas latar mengindikasikan kunci telah terbuka, Anda hanya perlu mengusap lockscreen dari bawah ke atas hingga homescreen menyambut Anda. Pada dasarnya, tampilan antarmuka (UI) Samsung Galaxy S20 Ultra serupa dengan seluruh perangkat dengan UI ini.
 
Samsung menyematkan tuas geser untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar di bagian bawah menu pull-down. Menariknya, Anda juga dapat menyesuaikan menu Edge Lighting, fitur yang menimbulkan garis cahaya berwarna biru di seluruh sisi layar smartphone unggulan Samsung saat menerima notifikasi dalam kondisi layar terkunci.
 
Pada Galaxy S20 Ultra, Samsung memungkinkan pengguna mengubah efek pendaran cahaya biru ini, termasuk efek gelombang, gelembung, multiwarna, hati, kembang api, gerhana, dan echo. Sayangnya, kami sempat mengalami kebingungan saat pertama kali ingin menonaktifkan ponsel dengan menekan tombol daya selama beberapa saat.
 
Bagi Anda yang belum pernah menggunakan Galaxy Note 10, mungkin tidak mengetahui bahwa melakukan hal tersebut akan memunculkan Bixby, alih-alih opsi untuk menonaktifkan ponsel. Opsi untuk menonaktifkan ponsel ini dapat Anda temukan pada menu pull-down yang muncul saat layar diusap dari atas ke bawah, terletak di sebelah ikon gerigi Settings.
 
Anda dapat mengganti menggantinya lewat menu Settings, bersamaan dengan opsi penekanan ganda dan opsi menekan dan menahan tombol selama beberapa saat dengan fungsi yang diinginkan. Fitur yang juga menjadi bagian dari One UI 2.0 termasuk perekam layar terintegrasi.
 
Dengan fitur ini, Anda tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga, serta Edge shortcut dan Mode Fokus untuk mengatur aplikasi yang dapat Anda diakses selama mode aktif, sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi.
 
Selain itu, One UI 2.0 pada Samsung Galaxy S20 Ultra juga memungkinkan Anda melakukan aktivitas multitasking berkat ketersediaan opsi tambahan pop-up view, yang mendampingi opsi split screen. Sebagai informasi, Galaxy S20 Ultra dan model lainnya di lini tidak dilengkapi dengan jack headphone 3,5mm.

Teknologi Kamera Tercanggih versi Samsung

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan satu-satunya model di lini Galaxy S20 yang didukung oleh kemampuan zoom hingga 100 kali. Hasil foto dengan zoom 100 kali ini mungkin tidak terlalu detail namun cukup mengesankan mengingat fitur ini dapat menjangkau obyek dengan jarak sangat jauh.
 
Namun, Anda perlu menggunakan tripod saat memotret dengan fitur ini, sebab kami kesulitan menjaga stabilitas perangkat dan pembidik foto saat memotret dengan zoom 100 kali. Sementara itu, tampilan antarmuka aplikasi kamera ponsel ini tergolong mudah untuk dipahami.
 
Samsung juga menyediakan sejumlah mode, selain mode foto, video dan mode, yaitu panorama, night mode sampai pro video. Samsung juga menghadirkan satu fitur baru bernama Single Take, yang dapat ditemukan di sebelah kiri mode foto.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Pada mode ini, Samsung mengunggulkan kemampuan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan menekan tombol shutter, Galaxy S20 Ultra akan mengabadikan momen selama 10 detik menggunakan berbagai fungsi kamera yang tersedia dalam perangkat ini.
 
Dengan demikian, dengan satu kali pengambilan gambar, Anda akan memperoleh video pendek, video dengan efek serupa Boomerang, serta foto dengan berbagai efek termasuk time-lapse. Pada Galaxy S20 Ultra, Samsung juga mengunggulkan kamera dengan resolusi tertinggi sepanjang riwayatnya di industri smartphone yaitu 108MP.
 
Kamera ini menyuguhkan hasil foto dengan detail dan fokus baik, tidak hanya saat foto dilihat secara langsung, juga saat foto di perbesar. Hal ini terbukti saat kami mencoba kamera beresolusi 108MP ini untuk memotret pada pencahayaan cukup dan redup.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Pada kondisi pencahayaan cukup, detail dan fokus tetap terjaga meski Anda memperbesar hasil gambar hingga kemampuan maksimalnya. Tidak hanya detail dan fokus, reproduksi warna pada hasil gambar ini juga tetap terjaga meski diperbesar secara maksimal.

Performa Mulus tanpa Lag

Samsung Galaxy S20 hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 865 dan Samsung Exynos 990, dan yang dipasarkan di Indonesia didukung chipset Exynos 990. Sebagai informasi, Samsung Exynos 990 punya arsitektur CPU octa-core 2×2,73 GHz Mongoose M5 dan 2×2,50 GHz Cortex-A76 serta 4×2,0 GHz Cortex-A55, didampingi GPU Mali-G77 MP11.
 
Dukungan spesifikasi tersebut menghadirkan pengalaman penggunaan yang mulus dan cepat, terasa saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Pengalaman serupa juga kami nikmati saat memainkan game PUBG.
 
Tidak hanya menyoal performa mulus saat memainkan game yang pada awal permainan secara default terpasang dalam pengaturan grafik default HD dan frame rate HD. Selama memainkan game dalam pengaturan tersebut, kami mendapati suguhan permainan dengan tampilan mulus dan tanpa gangguan lag.
 
Sementara itu saat pengaturan grafik kami ubah ke tingkat tertinggi, yaitu grafik HDR dan frame rate Ultra, game juga tetap mampu disuguhkan dengan tampilan mulus tanpa kendala. Namun pada pengaturan ini, suhu pada bodi perangkat tergolong lebih cepat panas, serta penurunan daya baterai juga tergolong lebih cepat, sekitar 3 persen per 10 menit permainan.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Pada hasil pengujian via aplikasi benchmark 3DMark, Samsung Galaxy S20 Ultra memperoleh nilai sebesar 6792 pada pengujian Slingshot Extreme OpenGL dan sebesar 8203 pada pengujian Slingshot.
 
Sedangkan pada pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark Work, Samsung Galaxy S20 Ultra memperoleh nilai sebesar 10.569. Menyoal baterai, Samsung Galaxy S20 Ultra berbekal baterai dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh.
 
Samsung Galaxy S20 Ultra, Inovasi Tercanggih Samsung
 
Baterai ponsel cerdas ini mampu bertahan selama 13 jam 38 menit saat diuji menggunakan aplikasi benchmark. Sedangkan pada penggunaan sehari-hari, Samsung Galaxy S20 Ultra mampu bertahan sekitar 15 jam jika digunakan di lingkungan dengan konektivitas lebih stabil seperti Wi-Fi, dan sekitar 14 jam saat digunakan di jaringan seluler.
 
Kesimpulan
Dengan berbagai fitur dan kemampuan yang ditawarkannya, Samsung Galaxy S20 Ultra akan sesuai untuk Anda yang kreatif, berkat dukungan kemampuan kamera yang baik, layar 120Hz yang mampu menampilkan gambar yang baik.
 
Selain itu, baterai dengan kapasitas besar yang mendukungnya juga memungkinkan Anda memanfaatkan perangkat ini dalam jangka waktu lama. Sayangnya, memanfaatkan refresh rate layar 120Hz berperan dalam menguras daya baterai perangkat ini.
Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra
Prosesor Exynos 990
GPU Mali-G77 MP11
OS Android 10 + One UI 2
RAM 12GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 108MP, Telephoto 48MP, Ultrawide 12MP, Sensor ToF
Depan 40MP
Baterai 5.000mAh
Layar 6,9 inci QHD+ (1440x3200 piksel) refresh rate 120Hz
Harga Rp18.499.000
9.0
Samsung Galaxy S20 Ultra
Plus
  • Layar 120Hz dengan tampilan cerah
  • Baterai 5.000 mAh
  • Kemampuan kamera baik
Minus
  • Konsumsi daya tergolong boros pada layar dengan refresh rate 120Hz
  • Hasil foto dengan zoom 100 kali kurang detail dan tajam
  • Ukuran bodi menyebabkan kewalahan bagi pengguna bertangan kecil

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif