Samsung Galaxy M30 kembali hadir dengan mengunggulkan baterai berkapasitas besar.
Samsung Galaxy M30 kembali hadir dengan mengunggulkan baterai berkapasitas besar.

Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal

Teknologi teknologi gadget samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 04 November 2019 08:38
Jakarta: Samsung merupakan salah satu nama besar di industri smartphone dan merek smartphone yang memiliki banyak penggemar, terutama di Indonesia. Mengusung prinsip untuk menghadirkan produk pemenuh kebutuhan pengguna, Samsung turut menyadari peningkatan mobilitas masyarakat yang kian tinggi.
 
Peningkatan mobilitas ini memunculkan kebutuhan akan perangkat berdaya baterai besar, sebab mobilitas tinggi artinya pengguna smartphone akan lebih sulit untuk menemukan stop kontak dan menunggu ponsel hingga baterai terisi penuh.
 
Menyadari hal tersebut, Samsung menghadirkan seri Galaxy M yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap daya tahan baterai berdurasi lama ini. Salah satunya dihadirkan via Galaxy M30.

Desain

Konsumen dengan kebutuhan baterai berdaya tahan lama tidak melulu berasal dari generasi muda atau milenial. Namun hal ini tidak menghentikan langkah Samsung dalam menghadirkan Galaxy M30 dengan desain menarik, salah satunya melalui varian warna yang disuguhkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung Galaxy M30 hadir dengan dua varian warna yaitu Gradation Blue dan Gradation Black, mengombinasikan warna gradasi hitam dan abu-abu. Perangkat ini juga hadir dengan sudut membulat, menjadikan pengalaman penggunaan lebih menyenangkan.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Pengalaman menyenangkan ini dihadirkan oleh kenyamanan saat menggenggam perangkat, dan menyimpannya baik di saku kemeja atau di saku celana. Selain sudut membulat, pengalaman ini juga didukung oleh ukuran smartphone yang tergolong ringkas dan bobot ringan.
 
Seperti perangkat berbahan plastik lain, Samsung Galaxy M30 juga hadir dengan bodi mengkilat, mendukung keindahan desain perangkat ini. Namun, serupa sejumlah perangkat mengkilat lain, bodi Galaxy M30 ini juga rentan terhadap noda sidik jari.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Selain itu, Samsung turut mengikuti tren yang masih beredar di kalangan produsen smartphone, yaitu layar berdesain poni. Namun, Samsung memilih untuk membekali layar perangkat berukuran 6,4 inci dan resolusi 1080x2340 piksel ini dengan desain poni tetes air.
 
Poni layar ini menjadi lokasi penyematan kamera depan, dan di bagian atasnya terdapat speaker depan. Desain ini menjadikan layar Galaxy M30 cukup luas sehingga mendukung pengalaman menikmati konten hiburan yang menyenangkan.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Sementara itu di sisi kanan bodi terdapat tombol volume dan tombol daya, sedangkan di bagian bawah tersemat speaker dan jack headphone 3.5mm, mengapit port USB-C. Dan di sisi kiri perangkat slot untuk nano SIM dan microSD.
 
Di bagian belakang, Anda akan menemukan tiga kamera yang tersusun secara vertikal, didampingi lampu flash di bagian bawahnya. Di sebelah kamera dan sedikit ke tengah, terdapat bagian berbentuk oval, merupakan sensor pemindai sidik jari.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Sementara itu, jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Galaxy M20, perbedaan paling mencolok antara keduanya terletak pada penggunaan desain poni layar berbentuk U, disebut Samsung sebagai Infinity-U.
 
Selain itu, Galaxy M30 juga dibekali dengan tiga lensa kamera belakang, sedangkan Galaxy M20 hanya berbekal dua kamera belakang.

Antarmuka & Software

Serupa smartphone terbaru Samsung, Galaxy M30 juga menggunakan antarmuka pengguna khas yaitu One UI, berbasis Android 9.0. Versi One UI ini berbekal fitur Always on Display, dengan opsi untuk hanya menampilkan notifikasi saat Anda mengetuk layar sebanyak dua kali.
 
Serupa perangkat One UI lain, ponsel cerdas ini juga hadir dengan ikon berwarna cerah dan berukuran besar. Selain itu, menu drop down juga memudahkan untuk diakses, merupakan salah satu fitur utama One UI.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie, Samsung juga menawarkan navigasi dengan memanfaatkan gestur. Tombol menu utama konvensional digantikan oleh gestur usap dari bagian bawah ke atas.
 
Samsung juga mengimplementasikan Night mode, mengubah elemen antarmuka pengguna menjadi warna gelap, seperti hitam atau abu-abu gelap. Mode ini juga berfungsi pengaturan dan notifikasi, serta aplikasi bawaan seperti Galeri dan peramban Samsung.
 
Sayangnya mode gelap ini tidak tersedia untuk aplikasi Google, seperti Play Store. Sehingga Anda perlu menunggu update ke Android Q, karena Google mengimplementasikan mode gelap ini pada sistem operasi tersebut.
 
Selain itu, aplikasi pada antarmuka pengguna ini juga dapat dimasukkan dalam folder dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan drag-and-drop, kemudian menentukan namanya. Dan untuk mempersingkat waktu pencarian, Anda juga bisa mengetikkan aplikasi yang ingin dibuka via kolom pencarian.

Kamera

Menyoal kamera, Samsung membekali Galaxy M30 dengan tiga kamera belakang, sensor utamanya mengusung resolusi 13MP f/1.9, sedangkan sensor 12 mm ultra-wide beresolusi 5MP f/2.2, dan sensor kedalaman beresolusi 5MP f/2.2.
 
Untuk kamera depan, ponsel ini hadir dengan kamera beresolusi 16MP f/ 2.0. Serupa ponsel karya Samsung lainnya, Galaxy M30 ini dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti, Panorama, Pro, Live Focus, Photo, Video, dan Continuous Shot.
 
Sedangkan pada kamera depan terdapat fitur Photo, Live Focus dan Video. Pada fitur Live Fokus, keburaman pada hasil gambar dengan mode ini cukup terasa meski sedikit kurang rapi. Hal ini terlihat pada batas antara fokus dan keburaman yang terlihat kentara dan tidak halus.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Anda juga bisa memilih ukuran gambar sesuai keinginan melalui pengaturan di menu kamera, serta ukuran gambar atau Picture Size yang terdiri dari empat pilihan, yaitu 4:3 dengan 13MP, 16:9 dengan 9,6 MP, 19,5:9 dengan 7,9 MP dan 1:1 dengan 12 MP. Ukuran video pun sudah bisa diatur hingga Full HD.
 
Penggemar aktivitas fotografi mungkin tidak hanya puas dengan hasil foto dari mode default. Jika Anda termasuk penggemar aktivitas fotografi, Anda dapat memanfaatkan mode Pro untuk dapat berkreasi sesuai keinginan.
 
Merupakan perangkat karya Samsung, tidak heran jika Galaxy M30 mampu menghasilkan foto dengan akurasi warna yang baik pada kondisi pencahayaan cukup, meski perangkat ini bukanlah perangkat segmen premium.
 
Namun pada kondisi pencahayaan redup, noise pada hasil foto masih terlihat meski tidak mengganggu tampilan foto secara keseluruhan. Hasil serupa juga dapat Anda temukan pada hasil foto kamera depan.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Kamera belakang Galaxy M30 juga didukung oleh dua mode yaitu dengan cakupan tangkapan kamera luas dan standar. Saat kami coba pada kondisi pencahayaan redup, salah satu foto menampilkan warna berbeda saat dipotret dengan cakupan tangkapan kamera luas, jika dibandingkan dengan cakupan tangkapan kamera standar.

Performa

Samsung Galaxy M30 disenjatai dengan chip prosesor karya Samsung yaitu Exynos 7904, berbekal delapan inti dengan kecepatan hingga 1,8 GHz. Chip ini serupa seri M pendahulunya, Galaxy M20, yang juga didukung GPU Mali-G71 MP2.
 
Galaxy M30 memiliki kapasitas RAM dan ruang penyimpanan internal lebih besar, yaitu 4GB dan 64GB. Dukungan spesifikasi ini mampu menyuguhkan pengalaman memainkan game PUBG, yang disuguhkan tanpa kendala.
 
Selain itu, game ini ditampilkan dengan gambar berwarna cerah dan gerakan cukup halus namun detail yang kurang memuaskan. Hal ini tidak mengherankan, sebab di awal permainan, secara standar, aplikasi ini mengatur permainan pada frame rate medium dan grafis balanced.
 
Mengganti pengaturan ke level tertinggi, Galaxy M30 tetap mampu menyuguhkan permainan yang mulus tanpa gangguan lag berarti. Hanya saja, ketidaknyamanan saat memainkan game akan sedikit terasa bagi Anda yang memainkan dengan menggunakan earphone yang dipasangkan via jack audio 3.5mm.
 
Terpasangnya earphone ini pada jack audio ini menyebabkan Anda akan merasa sedikit tidak nyaman saat menggenggam ponsel. Sebagai solusinya, mungkin lebih baik Anda menggunakan earphone Bluetooth saat memainkan game.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Sementara itu berdasarkan hasil pengujian performa menggunakan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark, Galaxy M30 memperoleh nilai baik. Pada pengujian 3DMark Sling Shot Extreme Open GL, Galaxy M30 memperoleh nilai sebesar 384.
 
Sedangkan pada pengujian 3DMark Sling Shot, Galaxy M30 memperoleh nilai 516. Dan pada pengujian PCMark Work 2.0 Performance, Galaxy M30 memperoleh skor 5403. Menyoal baterai, Samsung Galaxy M30 mampu membuktikan bahwa kapasitas baterainya tidak hanya sekadar besar.
 
Samsung Galaxy M30, Ponsel Berbaterai Andal
 
Pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Life, Samsung Galaxy M30 mampu bertahan selama 14 jam 6 menit. Sedangkan dalam penggunaan sehari-hari, Galaxy M30 bertahan sekitar dua jam lebih lama, atau 16 jam.
 
Mengusung kapasitas baterai sama besar dengan pendahulunya, Galaxy M20, yaitu 5.000 mAh, Galaxy M30 menyuguhkan hasil uji daya tahan baterai lebih singkat yaitu sekitar dua jam. Meskipun demikian, daya tahan ini tetap mampu mendukung penggunaan harian dalam kurun waktu cukup lama, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan baterai habis saat dibutuhkan.
 
Kesimpulan
Sesuai dengan janjinya, Samsung Galaxy M30 mampu menyuguhkan daya tahan baterai berjangka waktu lama, sesuai untuk Anda dengan tingkat mobilitas tinggi. Selain itu, performa baik juga disuguhkan oleh perangkat ini, didukung oleh bekal layar luas.
 
Merupakan perangkat segmen menengah, kamera ponsel cerdas ini mampu menyuguhkan hasil foto yang baik, terutama di kondisi pencahayaan cukup. Hanya saja, bodi yang terbalut bahan plastik mengkilat rentan terhadap noda sidik jari.
Samsung Galaxy M30
Prosesor Exynos 7904 1,8GHz
GPU Mali-G71 MP2
OS Android 9.0 Pie
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Kamera Belakang 13MP + 5MP + 5MP, Depan 16MP
Layar 6,4 inci, 1080 x 2340 piksel
Harga Rp3.399.000
8.5
Samsung Galaxy M30
Plus
  • Layar luas
  • Baterai tahan lama
  • Kamera baik
Minus
  • Bodi plastik mudah kotor oleh noda sidik jari

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif