Samsung Galaxy M20 hadir dengan daya tahan baterai yang panjang.
Samsung Galaxy M20 hadir dengan daya tahan baterai yang panjang.

Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa

Teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 09 Maret 2019 12:13
Jakarta: Samsung memang tengah sibuk dengan euforia smartphone unggulan terbarunya, Galaxy S10 dan Galaxy Fold. Produk terbaru Samsung ini menyapa pasar dengan dukungan fitur yang diklaim menjadi terobosan di ranah smartphone.
 
Meskipun demikian, hal ini tidak menjadikan Samsung melupakan segmen pasar kelas low-end. Hal ini dibuktikan lewat melalui kehadiran Galaxy M20, sebagai salah satu senjata barunya dalam menaklukan hati konsumen di pasar tersebut.
 
Bukan sekadar ada, Samsung mengunggulkan fitur yang diklaim menjadi kebutuhan terpenting konsumen, yaitu daya baterai yang tahan lama. Hanya baterai? Simak ulasan kami lebih lanjut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang diusung ponsel cerdas ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Samsung Galaxy M20 hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan Galaxy A9 ataupun Galaxy A7. Perbedaan yang cukup terlihat dari ponsel ini terletak pada bagian layar, dengan Galaxy M20 mengusung layar berbingkai tipis, serta berdesain poni tetes air sebagai lokasi penyematan kamera depan.
 
Tidak hanya bezel tipis di kedua sisi dan bagian atas, namun sedikit lebih tebal di bagian bawah layar, usungan desain poni tetes air turut mendukung kesan luas pada layar perangkat ini. Sementara itu, bodi Galaxy M20 berbalut bahan serupa plastik.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Kesan nyaman saat digenggam tidak hanya berkat bahan, tetapi juga berkat lekukan pada sisi bodi bagian belakang. Sayangnya, seperti bahan mengkilat pada umumnya, bahan bodi Galaxy M20 juga tergolong mudah kotor oleh noda sidik jari. Penggunaan bahan mengkilat ini juga menimbulkan kekhawatiran bahwa bodi akan mudah tergores.
 
Menyoal bodi bagian belakang, Anda juga akan mendapati kamera ganda yang tersusun secara vertikal tersemat di sisi kiri dengan lampu flash LED di bawahnya, dan didampingi oleh sensor pemindai sidik jari di tengah atas, tidak jauh dari logo Samsung. Penempatan sensor pemindai sidik jari ini juga mendukung kenyamanan penggunaan, sebab mudah untuk dijangkau.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Mengusung baterai berkapasitas besar umumnya identik dengan bodi tebal. Hal ini tidak terasa pada Samsung Galaxy M20, yang hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Perangkat ini tergolong ramping dan tidak berat, sehingga tidak menyebabkan tangan cepat lelah saat digunakan dalam jangka waktu lama.
 
Sementara itu, selain poni tetes air di bagian layar, Anda juga akan menemukan tombol volume dan tombol daya di sisi kanan bodi, slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri, serta jack headphone 3,5mm, port USB-C dan lubang speaker di sisi bawah.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 

Antarmuka Pengguna & Software

Samsung mungkin tengah mempopulerkan antarmuka pengguna terbaru karyanya, bertajuk One UI pada sejumlah perangkat unggulan. Sayangnya, pengguna Galaxy M20 belum dapat mencicipi antarmuka pengguna terbaru Samsung tersebut saat membeli ponsel cerdas ini.
 
Samsung Galaxy M20 ini masih hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 8.1, didukung oleh antarmuka pengguna karya Samsung lainnya, yaitu Samsung Experience 9.5. Jika dibandingkan dengan antarmuka Samsung bertajuk TouchWiz, Samsung Experience 9.5 ini hadir dengan garis desain lebih sederhana.
 
Meskipun demikian, Anda telah dapat memanfaatkan fitur dual-split multitasking pada Galaxy M20 ini. Namun untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus mengaktifkan fitur terlebih dahulu melalui menu Multi Windows di Settings Advanced Features, serta memastikan bahwa ponsel menggunakan tombol navigasi, dan bukan navigasi gestur.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Serupa dengan ponsel Samsung pada umumnya, Galaxy M20 berbekal sejumlah aplikasi khas Samsung, seperti Galaxy Store, Smart Tutor, Samsung Members, S Lime dan sebagainya, serta aplikasi Microsoft seperti OneDrive dan Office Mobile.
 
Bukan perangkat kelas premium, Samsung tidak ketinggalan membekali Galaxy M20 dengan dukungan fitur Face Unlock. Bertugas membuka kunci perangkat dengan deteksi wajah, respons yang disuguhkan fitur ini tergolong cukup cepat, termasuk pada kondisi pencahayaan redup. Namun, Anda hanya dapat mendaftarkan satu wajah pada fitur ini.
 
Demikian juga dengan sensor pemindai sidik jari yang dapat menyuguhkan respon secara cepat. Hanya saja saat disentuh, sensor dan bodi terkesan menggunakan bahan yang sama, dan desain pembatas antara sensor dan bodi tergolong kurang menghadirkan ketinggian berbeda.
 
Hal ini menyebabkan kami sempat beberapa kali terkecoh saat akan mengakses sensor ini, terutama dalam kondisi terburu-buru.
 

Kamera

Sejalan dengan strategi yang tengah diusung Samsung dan sejumlah produsen smartphone lainnya, Galaxy M20 turut hadir dengan dukungan kamera belakang berjumlah lebih dari satu, atau kamera ganda.
 
Pada Galaxy M20, Samsung membekalinya dengan dua kamera di bagian belakang, yaitu kamera utama beresolusi 13MP dengan aperture f/1.9 dan kamera sekunder beresolusi 5MP dengan aperture f/2.2, lensa wide-angle.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 

Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Samsung juga menghadirkan salah satu fitur unggulannya pada Galaxy M20 yaitu Live Focus, memungkinkan Anda untuk menciptakan foto dengan efek buram di latar belakang atau lebih dikenal dengan istilah Bokeh. Sayangnya, fitur ini tidak dapat diaplikasikan saat memotret obyek tanpa wajah.
 
Menyoal kemampuan kamera, serupa kamera smartphone di segmen low-end pada umumnya, hasil foto kamera belakang Galaxy M20 pada kondisi pencahayaan redup tetap dihiasi oleh noise. Hal ini menyebabkan garis di tepian obyek yang memisahkannya dengan latar belakang tampil kurang tegas.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Sementara itu saat memanfaatkan lensa wide angle dalam kondisi pencahayaan redup, jika diperhatikan dengan seksama, gangguan noise akan lebih terlihat. Namun hal berbeda kami dapati pada hasil foto dalam kondisi pencahayaan terang, dengan tampilan warna cerah dan tajam.
 
Hal tidak jauh berbeda kami dapati pada hasil foto kamera depan dan belakang dalam kedua kondisi pencahayaan tersebut. Pada kamera depan, Samsung juga menghadirkan fitur Live Focus, serta Stiker yang memungkinkan Anda memotret diri dengan hiasan beragam stiker.
 

Performa dan Baterai

Menggunakan prosesor Exynos 7904 Octa-core 1,8 GHz 14nm dan GPU Mali-G71 MP2, Samsung mengklaim Galaxy M20 mampu menjalankan aplikasi atau game sehari-hari dengan mulus tanpa gangguan berarti.
 
Hal ini cukup terbukti saat menggunakannya untuk sekadar mengakses Facebook, menjelajah di peramban, atau sekadar membuka galeri dengan banyak isi. Sementara itu, saat kami gunakan untuk memainkan game PUBG Mobile, pengaturan grafik game di Samsung Galaxy M20 secara otomatis diatur pada Medium.
 
Saat pengaturan grafik diganti menjadi High dengan kualitas HD, permainan masih dapat berjalan tanpa gangguan lag berarti. Nilai uji benchmark pada aplikasi 3DMark Slingshot Extreme OpenGL ponsel cerdas ini tidak mencapai angka ribuan, hanya mencapai 583.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Sedangkan pada uji benchmark PCMark Work 2.0, Samsung Galaxy M20 memperoleh nilai sebesar 5297. Menyoal baterai, hasil pengujian melalui aplikasi benchmark yang kami lakukan mampu membuktikan klaim Samsung terkait daya tahan lama yang diusung baterai Galaxy M20.
 
Pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery, Samsung Galaxy M20 mampu bertahan selama 16 jam 55 menit. Sedangkan dalam penggunaan sehari-hari, Galaxy M20 bertahan sekitar 2 jam lebih lama, atau 18 jam.
 
Samsung Galaxy M20, Si Pemula yang Baterainya Luar Biasa
 
Saat tidak digunakan atau dalam kondisi siaga, ponsel ini mampu bertahan setidaknya selama sekitar 3 hari.
 

Kesimpulan
Samsung Galaxy M20 memang bukan perangkat yang ditawarkan Samsung untuk konsumen kelas atas. Meskipun demikian, Samsung Galaxy M20 cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan, dengan tampilan layar jernih dan tajam, serta performa mulus di sejumlah kesempatan.
 
Pengalaman menyenangkan juga didukung oleh baterai yang mampu bertahan dalam jangka waktu lama dalam satu kali pengisian daya. Hanya saja, bodi mengkilat berbahan serupa plastik cukup mengurangi keindahan tampilan karena mudah kotor dengan noda sidik jari.
 
Selain itu, letak sensor sidik jari yang seringkali mengecoh serta hasil foto yang kurang optimal pada kondisi pencahayaan redup sedikit mengurangi kesenangan kami saat menggunakan perangkat terbaru Samsung ini.
Samsung Galaxy M20
Prosesor Exynos 7904 1,8 GHz
GPU GPU Mali-G71 MP2
OS Android 8.1 Oreo
RAM 3GB
Memori Internal 32GB
Kamera Belakang 13MP+5MP, Depan 8MP
Baterai 5.000mAh
Layar 6,3 inci Full HD+ 2340 x 1080 piksel
Harga Rp2.799.000
8
Samsung Galaxy S7
Plus
  • Daya tahan baterai lama
  • Performa baik
  • Layar jernih dan tajam
Minus
  • Bodi mengkilat mudah kotor oleh noda sidik jari
  • Letak sensor pemindai sidik jari sering mengecoh
  • Hasil foto di pencahayaan redup kurang optimal

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi