Plantronics BackBeat GO 810.
Plantronics BackBeat GO 810.

Plantronic BackBeat GO 810, Kualitasnya Tak Biasa

Teknologi plantronics review headset
Cahyandaru Kuncorojati • 12 April 2019 08:31
Jakarta: Medcom.id menjajal salah satu produk dari Plantronics, BackBeat GO 810. Melihat dari deskripsi Plantronics, seri BackBeat sebagai headphone untuk menemani perjalanan penggunanya.
 
Sementara Plantronic BackBeat GO 810 sendiri berada di posisi teratas dari seri BackBeat GO. Produk ini diperkenalkan di Indonesia pada bulan November 2018. Medcom.id sendiri sudah mengulas beberapa keluarga Plantronics BackBeat GO, terakhir adalah BackBeat GO 600.
 
Melihat desainnya, BackBeat GO 810 masih mengusung desain headphone dengan earcup over-ear seperti seri GO 600. Namun, melihat desainnya, BackBeat GO 810 masih lebih mewah meskipun terlihat biasa saja tapi elegan. Medcom.id menjajal varian warna biru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Earcup Plantronics BackBeat GO 810 disebut menggunakan jenis memory foam sehingga posisinya akan nyaman. Dari pengalaman Medcom.id, memory foam tersebut akan mengikuti bentuk daun telinga penggunanya.
 
Jadi memberikan kerapatan yang cukup meredam suara di sekitar tapi tidak menekan daun telinga yang justru bisa mengakibatkan rasa pegal. Ukuran diameter earcup tersebut juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan terasa berat atau menggantung di kepala saat digunakan.
 
Bagian tangkai earcup menggunakan material metal yang lentur tapi cukup kokoh. Terdapat bantalan busa dengan material kulit sehingga nyaman saat dikalungkan di leher. Tangkai leher earcup bisa diatur panjangnya dan tidak mudah merosot saat diguncangkan.
 
Mengingat Plantronics BackBeat Go 810 ditujukan sebagai headphone untuk menemani perjalanan, kedua earcup bisa diputar 180 derajat untuk menghemat ruang saat menyimpannya.
 
Plantronic BackBeat GO 810, Kualitasnya Tak Biasa
 
Dalam paket penjualan, Plantronics BackBeat Go 810 hadir dengan sebuah pouch yang dilengkapi dengan kabel audio jack 3,5mm. Perlu diketahui bahwa headphone ini sebetulnya dihadirkan di segmen headphone nirkabel dengan koneksi Bluetooth 5.0.
 
Pengisian daya baterainya dibutuhkan kabel MicroUSB. Di atas kertas, Plantronics mengklaim produknya bisa bertahan hingga 20 jam, dari pengalaman Medcom.id untuk digunakan seharian, baterai memiliki daya tahan yang tergolong sangat cukup
 
Durasi untuk pengisiannya dari pantauan Medcom.id sekitar dua jam untuk sudah terisi penuh baterainya. Menggunakan Plantronics BackBeat Go 810 juga tergolong mudah. Cukup melakukan pairing sekali saja, sehingga setiap Bluetooth di smartphone atau perangkat lain dan headphone menyala maka akan otomatis tersambung.
 
Di sisi luar earcup sebelah kiri terdapat tiga tombol fungsi yaitu Play, Next, dan Previous. Di sisi bagian bawanya terdapat tombol untuk memperbesar dan memperkecil volume suara.
 
Plantronic BackBeat GO 810, Kualitasnya Tak Biasa
 
Kini masuk ke pengalaman audionya. Sebelumnya Plantronics BackBeat Go 810 diaktifkan earcup yang digunakan sudah sangat meredam suara di sekitar. Saat sudah diaktifkan, mode Active Noise Canceling di headphone ini tampaknya sudah aktif.
 
Plantronics menyebut produknya memiliki fitur Dual Mode Active Noise Canceling, High dan Low. Opsi High untuk lingkungan dengan tingkat kebisingan yang tinggi sementara opsi Low untuk tingkat kebisingan yang lebih rendah.
 
Soal kualitas audionya, Plantronics BackBeat Go 810 mampu menyajikan suara yang bulat dengan bass yang detil. Namun, di sisi lain kualitas bass yang ditawarkan agak meredam bunyi yang lain. Beruntung headphone ini mendukung fitur EQ Preset yang bisa dikustomisasi.
 
Caranya dengan melakukan pengaturan EQ Preset di aplikasi pendamping di smartphone. Kemudian nanti bisa diakses lewat tombol fisik sisi luar earcup sebelah kanan.
 
Plantronic BackBeat GO 810, Kualitasnya Tak Biasa
 
Karena smartphone dan aplikasi bisa terhubung otomatis dengan headphone selama masih dalam keadaanya menyala atau sleep. Aplikasi BackBeat bisa membantu menemukan headphone dengan mengirimkan nada yang akan berbunyi dari headset.
 

Kesimpulan
Plantronics BackBeat GO 810 yang dibanderol Rp2,6 juta bisa dibilang sebagai headphone kelas menengah dari merek premium yang cukup menarik. Headphone nirkabel ini hadir dengan desain ringkas, sederhana namun masih terasa mewah.
 
Fitur ANC yang ditawarkan sebagai pendukung headphone nirkabel juga sangat terasa meskipun nilai lebih ini membuat kualitas audionya mungkin sedikit terabaikan. Kualitas audio yang bulat dengan bass yang detil masih menyisakan beberapa nada atau instrumen yang tidak tertangkap.
 
Tersedianya aplikasi pendamping Plantronics BackBeat GO 810 di satu sisinya juga memudahkan headphone ini memiliki fitur lainnya. Jadi harga banderolnya tergolong masih sesuai dengan fitur yang ditawarkan.
9
Plantronics BackBeat GO 810
Plus
  • Desain compact dan masih terlihat mewah
  • Tombol fungsi yang mudah diakses
  • Fitur Active Noise Canceling yang baik
  • Terhubung ke aplikasi pendamping di smartphone
Minus
  • Kualitas audio kurang tajam

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif