Lexar NM620.
Lexar NM620.

Review SSD

Lexar NM620 1TB, Performa Mumpuni Kapasitas Besar

Teknologi hardware lexar review storage
Cahyandaru Kuncorojati • 15 September 2021 11:49
Jakarta: Komponen penyimpanan data SSD dengan port M.2, atau yang konsumen juga sering sebut SSD NVMe, kini menjadi perangkat wajib untuk laptop dan PC. Selain ukurannya yang mungil, ia juga menyediakan kecepatan yang jauh lebih tinggi ketimbang SSD yang masih menggunakan port lama.
 
Lexar termasuk salah satu yang menyediakan perangkat storage untuk kategori tersebut. Lexar NM620 1TB telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id. Untuk Indonesia, jajaran produk Lexar didistribusikan oleh Astrindo Senayasa. Hadir dalam beberapa macam kapasitas, unit yang kami uji punya ruang 1TB. Begini performa yang ditawarkan.
 
Lexar NM620 1TB mengusung form factor 2280, yang berarti berukuran cukup panjang mengisi slot ruang M.2 pada umumnya. Papan panel sirkuit berwarna hitam memberi kesan ia menawarkan performa tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lexar NM620 1TB, Performa Mumpuni Kapasitas Besar
 
Melihat komposisi hardware, SSD NVMe ini memasang semua chip flash di satu sisi, yang kemudian ditutup oleh stiker berisi informasi penting seperti nomor seri dan keterangan kapasitas sekaligus form factor yang didukung. Pada stiker ini juga tertera informasi unit telah mendukung teknologi PCIe Gen3x4 NVMe 1.4. 
 
Membicarakan target pasar, Lexar NM620 ingin merangkul mereka yang menggunakan PC atau laptop untuk keperluan desain, gaming, dan video editing. Penggunaan penyimpanan jenis NVMe juga membantu mengurangi konsumsi daya, terutama untuk perangkat yang menggunakan baterai seperti laptop. Satu hal yang mungkin menjadi poin kekurangannya adalah kurangnya bonus seperti aplikasi gratis, atau fitur-fitur khusus korporasi.
 
Kini saatnya membahas performa. Standar pengujian kami untuk Lexar NM620 1TB menggunakan aplikasi CrystalDiskMark. Lexar mengklaim untuk varian 1TB, kecepatan baca yang ditawarkan mencapai 3.300MB per detik dan 3.000MB per detik untuk menulis. 
 
Lexar NM620 1TB, Performa Mumpuni Kapasitas Besar
 
Saat pengujian, klaim tersebut bisa dibilang tepat, bahkan melebihi ekspektasi. Pada grafik di bawah ini dapat dilihat angka 3.378MB untuk read speed dan memiliki write speed 2.972MB. Performa yang ditawarkan cukup berimbang, yang berarti ia cocok untuk menemani konsumen yang telah menjadi target pasarnya.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kesimpulan
Di Indonesia, harga Lexar NM620 1TB mulai dari Rp2.200.000. Harga yang dipatok terbilang kompetitif dengan produk lainnya di kapasitas yang sama. Jika membandingkan kualitasnya, produk SSD Lexar sudah memiliki jam terbang cukup tinggi, ditambah dengan performa yang ditawarkan semakin baik untuk setiap generasinya. Oleh karena itu, mereka yang sedang mencari SSD NVMe dengan kapasitas yang besar, produk ini layak menjadi pertimbangan.
 
 
 
9.3
Lexar NM620 1TB
Plus
  • Harga kompetitif
  • Performa mumpuni
Minus
  • Aplikasi pendukung

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif