Lenovo IdeaPad S340.
Lenovo IdeaPad S340.

Review Notebook

Menjajal Lenovo IdeaPad S340

Teknologi teknologi lenovo amd hardware review laptop ryzen amd ryzen
Cahyandaru Kuncorojati • 15 April 2020 14:00
Jakarta: Mencari laptop untuk kebutuhan sehari-hari mungkin lebih membingungkan dibandingkan laptop gaming. Beragam merek menawarkan harga yang sama-sama terjangkau tapi mana yang menarik dan berkualitas?
 
Redaksi Teknologi Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu laptop Lenovo yang baru dirilis untuk segmen consumer atau penggunaan sehari-hari. Lenovo merilis seri IdeaPad S340 dengan seri S340-14API.
 
Lenovo IdeaPad S340-14API menggunakan prosesor AMD Ryzen 3000 Series. Di situs resminya laptop ini hadir dnegan varian spesifikasi AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7. Namun yang kami jajal hadir dengan AMD Ryzen 3 yang merupakan seri paling bawah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apakah dengan kemampuan tersebut laptop ini yang asal murah? Menurut ulasan Medcom.id berikut ini justru Lenovo IdeaPad S340-14API masih sangat bisa diandalkan dan pantas dilirik saat mempertimbangkan membeli laptop baru.

Desain Sederhana tapi Elegan dan Ramping

Tim dari Medcom.id pernah ada yang menggunakan LEnovo IdeaPad seri terdahulu. Saat menggunakan Lenovo IdeaPad S340-14API menurutnya desain kali ini jauh lebih baik. Kesan laptop harga terjangkau tidak terlalu terlihat.
 
Menjajal Lenovo IdeaPad S340
 
Lebih tepatnya Lenovo IdeaPad S340-14API punya desain sederhana yang elegan. Hal ini diperkuat dengan desain bodi yang ramping dan ringan. Mengusung layar ukuran 14 inci resolusi FHD ketebalan bodinya 17,9 mm dengan bobot hanya 1,55kg.
 
Layarnya tergolong cukup luas dengan bobot ringan sudah jadi perpaduan yang menarik. Meksipun dari sisi desain memang tidak ada yang unik dari tampilan Lenovo IdeaPad S340-14API. FInishing bagian permukaannya memang menjadi minus karena bekas sidik jari atau minyak dengan mudah tertinggal.
 
Di bagian atas bezel layar terdapat webcam yang punya slider atau tombol geser. Fungsinya untuk menyediakan penutup webcam yang bisa dibuka dan ditutup. Fitur penjaga privasi ini biasanya sangat dibutuhkan oleh kalangan profesional.
 
Menjajal Lenovo IdeaPad S340
 
Beralih ke bagian keyboard, Lenovo IdeaPad S340-14API punya ukuran keyboard yang cukup luas tanpa area tombol numerik terpisah. Bagi mereka yang menginginkan keyboard dengan backlit, perangkat ini sudah menyediakan fitur tersebut.
 
Bagi pengguna yang selalu mengeluh dengan desain tombol Power yang menyatu dengan area keyboard, Lenovo IdeaPad S340-14API sudah memisahkan hal tersebut. Jadi tidak perlu takut tidak sengaja menekan tombol Power padahal bertujuan ke tombol Delete.
 
Menjajal Lenovo IdeaPad S340

Konektivitas I/O Port Lengkap di Bodi Ramping

Memiliki bodi ramping tidak membuat Lenovo IdeaPad S340-14API kehilangan I/O port yang biasa dibutuhkan pengguna. Di sini tersedia dua port USB-A 3.0 dan satu USB-C. Kemudian ada combo audio jack dan port HDMI.
 
Lebih lengkap lagi, laptop ini juga punya slot SD card reader jadi memudahkan pengguna yang ingin memindahkan foto dari smartphone atau kamera via SD card. Beralih ke konektivitas nirkabel disediakan Bluetooth 4.1 dan WiFi 802.11a/b/g/n/ac.
 
Menjajal Lenovo IdeaPad S340
 
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Lenovo IdeaPad S340-14API punya webcam dengan slider untuk menutupnya. Webcam tersebut memiliki dukungan resolusi 720p yang mencukupi untuk kebutuhan video conference.

Bagaimana Performanya?

Lenovo IdeaPad S340-14API didukung oleh AMD Ryzen 3 3200U yang terintegrasi dengan kartu grafis Radeon Vega 3 Mobile. Melihat kartu grafisnya yang menggunakan model integrated maka laptop ini tidak disarankan untuk bermain game berat.
 
Kemudian dapur pacunya dilengkapi RAM 8GB DDR4 dan memori penyimpanan 512GB SSD. Kapasitas memori keduanya menurut Medcom.id sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. Penggunaan SSD juga jauh lebih kencang dibandingkan HDD.
 
Kami menguji dapur pacunya dengan simulasi pengujian dari software PCMark 10. Hasilnya, Lenovo IdeaPad S340-14API bisa mengantongi skor 2586 poin. Skor ini cukup baik untuk laptop di kelas harga terjangkau dengan spesifikasi yang serupa di pasar.
 
Berdasarkan skor ini menandakan bahwa Lenovo IdeaPad S340-14API sudah cukup bisa mendukung kegiatan komputasi sehari-hari penggunanya. Jadi, AMD Ryzen 3 yang digunakan tidak bisa dianggap buruk.
 
Menyoal daya tahan baterai, Medcom.id mengujinya dengan simulasi Modern Office di PCMark 10. Lenovo IdeaPad S340-14API berhasil bertahan hingga 6 jam 37 menit. Artinya, daya tahan laptop ini akan sangat bisa diandalkan untuk bekerja di luar rumah.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id laptop Lenovo IdeaPad S340-14API punya kemampuan yang sangat memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Berbekal AMD Ryzen 3 yang performanya cukup baik dan daya tahan baterai yang lama sudah jadi modal lengkap untuk bekerja di mana saja.
 
Dukungan kapasitas RAM yang besar dan memori berbasis SSD membuat laptop ini cukup ngebut saat digunakan. Lenovo IdeaPad S340-14API dibanderol mulai dari kisaran harga Rp6 juta menurut penelusuran Medcom.id di internet.
SPESIFIKASI Lenovo IdeaPad S340 (14API)
Prosesor AMD Ryzen 3 3200U
RAM 8GB DDR4
Memori Internal 512GB SSD
Layar 14 inci FHD
GPU Radeon Vega 3 Mobile
Bobot 1,55 kg
Dimensi 323,6 x 228 x 17,9mm
Harga Mulai dari kisaran Rp6 juta.
9
Lenovo IdeaPad S340-14API
Plus
  • Bodi tipis dan ringan
  • Kapasitas RAM besar
  • Memori menggunakan jenis SSD
  • Daya tahan baterai panjang
Minus
  • Finishing permukaan meninggalkan sidik jari atau bercak minyak

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif