Samsung Galaxy A01
Samsung Galaxy A01

Review Smartphone

Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01

Teknologi teknologi samsung review gadget
Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni • 23 April 2020 19:48
Jakarta: Untuk segmen kelas terjangkau, Samsung biasanya terdengar kurang “berminat”. Sebenarnya, mereka sudah merangkul konsumen di kelas tersebut dalam tiga tahun terakhir. Kehadiran Galaxy J yang kemudian diteruskan oleh Galaxy M menjadi bukti Samsung tetap membidik kelas terjangkau.
 
Kini, langkah baru yang mereka lakukan adalah menyediakan rumpun Galaxy A dengan harga yang ramah kantong. Tahun ini, mereka meluncurkan Galaxy A01, yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 juta.
 
Samsung Galaxy A01 telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id, dan kami pun tidak sabar untuk langsung menjajalnya. Bagaimana kemampuan smartphone ini di hadapan ponsel pintar buatan Tiongkok yang sudah lama menghuni kelas ini? Berikut ulasan kami.

Desain

Layaknya smartphone murah, Samsung Galaxy A01 punya bodi yang tidak terlalu mewah. Langsung terlihat bodi plastik dengan balutan warna hitam matte, yang teksturnya cukup mulus. Di sisi lain, ukurannya yang tergolong mungil cukup nyaman digenggam satu tangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Smartphone ini mengusung layar TFT 5,7 inci, yang memang lebih kecil dari smartphone kelas menengah yang sudah menyentuh ukuran 6 inci. Kekurangan panel ini adalah tak terlihat saat terkena cahaya yang cukup silau. Sisi positifnya, genggaman Anda bisa lebih kuat, dan mudah mengoperasikan ketika tidak bisa menggunakan dua tangan.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Secara tampilan, Samsung Galaxy A01 mencoba memperlihatkan bodi belakang yang bagus. Ia sudah mengadopsi dua kamera belakang, sehingga Anda bisa melihat bingkai kamera yang dilengkapi LED flash. Selebihnya, ada logo Samsung dengan warna yang sama dengan bodi, dan hanya terlihat saat terkena cahaya. Pada sisi bawah terdapat speaker yang suaranya memadai.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Sedangkan untuk tampilan depan, Samsung Galaxy A01 masih menyisakan bezel yang cukup terlihat di semua sisi. Porsi terbesar ada di bawah, dan sisi atasnya dilengkapi dengan poni untuk menyimpan kamera depan. Untuk antarmuka, smartphone ini masih menggunakan port micro USB. slot kartu SIM dan tombol volume berada di pinggir kiri, dan tombol power terpisah berada di pinggir kanan.

Antarmuka

Samsung Galaxy A01 mengadopsi Android 10 yang dibungkus antarmuka One UI 2. Pada awalnya, kami menganggap banyak fitur yang dipangkas karena kelasnya yang terjangkau. Untuk memberikan sentuhan yang lebih personal, salah satu fitur yang ditonjolkan adalah akses beragam tema, yang biasa tersedia untuk ponsel kelas premium.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Tema antarmuka ini mengingatkan kami pada MIUI, tetapi ternyata Samsung berhasil memberikan kesan yang cukup berbeda. Beberapa tema yang ditawarkan punya elemen warna dan visual yang menarik, dan tak lupa memanjakan mata.
 
Fitur yang cukup menarik berikutnya adalah sistem pengunci dengan pindah wajah. Secara teori, fitur pengaman ini sama dengan pada ponsel kelas menengah, yang memanfaatkan wajah untuk mengamankan akses ke dalam smartphone. Secara praktek, Samsung Galaxy A01 memanfaatkan pemindai wajah untuk memudahkan pembukaan kunci, tetapi tak langsung terbuka.
 
Dalam keadaan standby, layar akan memindai wajah, yang tidak langsung membuka ponsel masuk ke dalam halaman utama. Anda masih harus menekan tombol power, yang sejatinya dikunci oleh fungsi keamanan lain, seperti kunci pola. Dengan pemindai wajah, konsumen tak lagi harus memasukkan PIN atau pola kunci, hanya perlu menekan tombol power.
 
Selebihnya, antarmuka ini menawarkan fitur esensial Samsung, tak lupa dengan beberapa aplikasi bawaan untuk memenuhi TKDN. Jumlah bloatware ini bisa dibilang cukup banyak.

Kamera

Samsung Galaxy A01 memiliki kamera belakang 13MP dan 2MP. Kamera 13MP punya diameter 28mm, dengan bukaan f/2.2. Sementara kamera 2MP punya bukaan f/2.4 dengan fokus depth. Hasil foto yang diambil pada kondisi pencahayaan terang dan terik seperti luar ruangan cukup baik. Kekurangannya terdapat pada pengambilan elemen warna yang tidak sepenuhnya akurat. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01

 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Untuk pengaturan foto, fitur yang tersedia cukup lengkap. Anda masih bisa memberikan efek tambahan yang mengubah nuansa foto. Meski terbatas, hasil kualitas foto secara keseluruhan cukup bersaing di kelasnya. Kualitas bokeh yang tersedia juga cukup baik
 
Sementara untuk kamera depannya, Samsung Galaxy A01 punya kemampuan yang mencukupi, baik untuk melakukan panggilan video, mengunggah video dari kamera depan ke media sosial, sampai merekam foto biasa. Faktor pendukung yang paling penting adalah pencahayaan yang mencukupi, termasuk di dalam ruangan.

 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01

Performa dan Baterai

Kini saatnya membicarakan performa. Samsung Galaxy A01 versi Indonesia menggunakan prosesor Snapdragon 439. Masuk segmen entry-level, pengguna biasanya punya ekspektasi tersendiri terhadap performanya. Mungkin karena mereka melihat produk buatan Qualcomm yang dikenal punya kemampuan tinggi dibandingkan kompetitor.
 
Pada grafis di bawah ini Anda dapat melihat hasil benchmark dengan PCMark dan 3DMark cukup bersaing dengan produk lainnya. Sebagai referensi, kami membandingkannya dengan beberapa smartphone di kelas harga yang mirip. Sebagian dari smartphone ini juga telah meluncur tahun lalu.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Sementara untuk kemampuan bermain game, Samsung Galaxy A01 dapat menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth tanpa fitur HDR. Dengan pengaturan tersebut Anda bisa bermain dengan lancar, tetapi frame rate tak akan mencapai 60 fps. Panas yang ditimbulkan setelah kami mencobanya sekitar 60 menit juga masih termasuk wajar, tidak mengganggu kenyamanan tangan.
 
Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy A01
 
Sementara untuk daya baterai, Samsung Galaxy A01 terbilang awet. Dalam pengujian PCMark, ia terbukti mampu bertahan hingga 16 jam. Padahal, dayanya hanya 3.000 mAh. Ini berarti ia punya kemampuan efisiensi daya yang baik.
 
Dalam skenario penggunaan lain, seperti intensitas mengakses media sosial dan bermain game yang cukup tinggi, ia terbilang masih cukup dalam menemani produktivitas Anda. Setidaknya, dalam satu hari Anda tidak perlu repot membawa adapter pengisi daya dan mencari kontak listrik.
 

Kesimpulan
Cukup menarik, Samsung Galaxy A01 menawarkan performa dan pengalaman penggunaan yang tepat untuk segmen harganya. Selain antarmuka yang personal dan ringan, ia juga sudah dilengkapi sistem keamanan pemindai wajah. Tak lupa dengan tema yang tersedia agar antarmuka terasa lebih personal.
 
Bodinya yang terbilang kecil juga punya ergonomis yang baik, ditambah dengan balutan warna pada bodi plastik yang lumayan menarik. Beberapa kekurangan yang pada Samsung Galaxy A01 bisa dibilang masih wajar di kelas harganya. Apabila Anda pengguna pemula dan penasaran dengan kualitas smartphone Samsung, Galaxy A01 bisa jadi pertimbangan.
Spesifikasi Samsung Galaxy A01
Prosesor Qualcomm Snapdragon 439
GPU Adreno 505
OS Android 10/One UI 2
RAM 2GB
Memori Internal 16GB
Kamera Belakang 13MP+2MP
Depan 5MP
Baterai 3.000 mAh
Layar TFT 5,7 inci 720 x 1520 pixel
Harga Rp1.499.000
7.8
Samsung Galaxy A01
Plus
  • Pemindai wajah
  • Baterai awet
  • Antarmuka personal
Minus
  • Kamera belakang
  • Masih pakai Micro USB

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif