realme C25Y.
realme C25Y.

Review Smartphone

review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah

Teknologi gadget review gadget realme
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Desember 2021 15:20
Jakarta: Begitu banyak produk yang dirilis realme rupanya mereka masih tidak melupakan varian smartphone di kelas harga terjangkau atau entry-level yaitu realme C Series. Tidak cuma merilis realme 8i beberapa minggu lalu, di momen yang sama juga dirilis realme C25Y. 
 
Kehadiran smartphone entry-level dinilai masih sangat relevan, terlepas dari hadirnya koneksi 5G di Indonesia namun masih banyak masyarakat yang ingin melakukan upgrade ke smartphone 4G dengan sistem operasi dan spesifikasi terbaru tanpa membuat isi dompet mereka terkuras.
 
Medcom.id berkesempatan untuk menjajal realme C25Y yang dibanderol Rp2.099.000, berikut ulasan kami.
 

Desain

realme C25Y menurut kami memiliki desain yang biasa saja dan justru kurang menarik dibandingkan desain glossy yang kini masih diadopsi sejumlah perangkat di segmen lebih tinggi. Padahal desain tersebut bisa membuat realme C25Y terlihat lebih mewah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Meskipun begitu desain permukaan bertekstur garis cukup membantu perangkat ini tidak licin di genggaman tangan. Pada bagian bodi belakang juga terdapat pemindai sidik jari alias fingerprint yang tentu saja masih akan lebih cepat kinerjanya dibandingkan model di atas layar (fingerprint in-display).
 
Di bagian layar ada ukuran 6,5 inci yang sudah cukup lega untuk kebutuhan menonton maupun bermain game mobile. Disini ditawarkan resolusi HD+ dengan panel IPS. Layarnya memiliki poni kecil yang memuat kamera depan.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Bodinya yang ramping dan ringan masih menyediakan lubang audiojack untuk headset serta port Micro USB. Fitur barusan menurut kami masih sah digunakan melihat segmen pengguna yang dituju.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Pada bagian sisi kiri tersedia slot Dual SIM dan MicroSD yang terpisah. Jadi pengguna realme C25Y tidak akan kecewa karena MicroSD dari smartphone lama tetap masih bisa digunakan. Tidak ketinggalan, realme C25Y juga mengantongi sertifikasi lulus uji daya tahan TUV Rheinland yang membuat perangkat awet dan bisa diandalkan untuk keseharian.
 

Antarmuka dan Fitur

realme C25Y hadir dengan sistem operasi Android 11 yang dipoles menjadi realme UI. Di sini antarmuka yang disajikan masih serupa dengan seri smartphone realme lain. Tidak ada perbedaan dan tetap memiliki navigasi yang mudah serta nyama nyaman dilihat.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Pemindai sidik jari di belakang bodinya menurut kami bisa dijangkau dengan mudah dan memiliki kinerja yang cepat. Di sini tersedia dukungan untuk MicroSD hingga kapasitas 256GB jadi realme C25Y tetap menyediakan kapasitas memori yang besar.
 
Pada bagian baterainya, realme C25Y punya fitur OTG reverse charging yang membuat smartphone ini bisa menjadi powerbank untuk mengisi baterai perangkat lain. Jadi tidak cuma cocok untuk daily driver atau smartphone utama, realme C25Y bisa jadi perangkat kedua berkat fitur tersebut.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 

Kamera

Dulu ada anggapan bahwa smartphone kelas entry-level memiliki kemampuan kamera yang biasa saja bahkan tidak bisa diharapkan. realme C25Y membantah anggapan tersebut dengan menawarkan kemampuan kamera belakang dengan resolusi tinggi.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Di banderol harga yang ditawarkan, realme C25Y menawarkan tiga kamera belakang sehingga penggunanya tidak merasa ketinggalan zaman dan mengeksplorasi kemampuan fotografinya.
 
realme C25Y punya tiga kamera belakang dengan kemampuan utama 50MP yang bisa digunakan dengan mengaktifkan mode tersebut terlebih dulu, kamera macro  2MP, dan kamera sensor depth 2MP untuk efek bokeh. Di bagian depannya ada kamera 8MP lensa lebar atau wide-angle.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Di sini kami mendapatkan kualitas foto dari kamera realme C25Y sangat memuaskan untuk kelas entry-level dan harga yang ditawarkan. Warna foto cukup cerah dan tajam. Hal ini membuat realme C25Y bisa jadi model untuk mengeksplorasi kemampuna fotografi penggunanya.
 

Performa dan Baterai

realme  C25Y menggunakan chipset Unisoc T610 berbasis fabrikasi 12nm dengan arsitektur octa-core yang mumpuni. Di sini disediakan RAM 4GB dengan memori internal 64GB.
 
Meskipun nama chipset ini kurang populer bagi orang awam namun bagi penggemar gadget Unisoc adalah pemain yang lama di industri chipset smartphone jadi performanya tidak bisa dianggap remeh.
 
Medcom.id menguji performa realme C25Y menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark untuk Android buatan UL Benchmarks. Kami juga membandingkannya dengan smartphone lain di kelas dan harga yang sejajar namun cukup sulit karena di tahun ini dominasi oleh smartphone kelas menengah (mid) dan high-end.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Hal tersebut memang menguntungkan posisi realme C25Y ditambahkan skor pengujian membuktikan smartphone satu ini punya performa mumpuni. Di sisi daya tahan baterainya pengujian menggunakan simulasi PCMark for Android mendapatkan durasi di kisaran hampir 16 jam.
 
review realme C25Y, Kasih Fitur Bagus di Harga Murah
 
Pada performa gaming, realme C25Y cukup bisa diandalkan untuk bermain game mobile populer saat ini, misalnya Mobile Legends: Bang Bang maupun Arena of Valor dan PUBG Mobile. Kami menguji game PUBG Mobile di grafis tertinggi HD dan frame rate High, di sini realme C25Y mampu memainkan game dengan mulus.
 
Kesimpulan
realme C25Y menurt Medcom.id merupakan smartphone entry-level yang cocok untuk kebutuhan saat ini. Kemampuan kameranya bisa diandalkan untuk fotografi, daya tahan baterainya panjang untuk mendampingi keseharian, dan performanya masih kuat diajak bermain game.
 
Spesifikasi  realme C25Y
Prosesor Unisoc T610
GPU Mali-G52
OS Android 11/realme UI
RAM  4GB
Memori Internal 64GB + MicroSD 256GB
Kamera Belakang 50MP+2MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 5.000 mAh + fast charge 18W
Layar  6,5 inci HD Plus
Harga Rp2.099.000
 
 
8.5
realme C25Y
Plus
  • Harga terjangkau
  • Kemampuan kamera sangat memuaskan di harga dan spesifikasinya
  • Mampu untuk diajak bermain game mobile populer
  • Slot MicroSD terpisah  dari Dual SIM
Minus
  • Desain luar kurang menarik

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif