Ayaneo Geek
Ayaneo Geek

Review Konsol Handheld

Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…

Medcom • 18 September 2023 16:15
Jakarta: Gaming handheld sudah menjadi sebuah trend yang belakangan cukup memberikan banyak dampak pada industri game. Salah satunya adalah Ayaneo Geek, brand tersebut juga bisa terbilang menjadi yang pertama dalam menyulap PC menjadi gaming handheld setelah Steam Deck.
 
Redaksi teknologi Medcom.id juga mendapatkan kesempatan dalam menjajal platform handheld tersebut. Kami mendapatkan varian yang berwarna hitam, mengingat bahwa Ayaneo Geek menyediakan beberapa varian warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan para konsumen.

Desain

Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Jika membahas tentang desain, maka Ayaneo Geek sendiri memang mempunyai desain yang cukup sederhana. Menampilkan layar dan beberapa key button yang bisa digunakan untuk bermain game. Bisa dikatakan, desain seperti ini memang sudah diadopsi oleh Playstation Portable pada 2005 silam. Kemudian, desain ini juga digunakan oleh Nintendo Switch.
Maka dari itu, desain dari Ayaneo Geek memang tidak terlihat terlalu asing. Kemudian, untuk berbagai key button yang digunakan adalah A,X,B,Y. Mengingatkan dengan salah satu joystick dari Microsoft, yakni Xbox. Button yang diberikan juga cukup nyaman digunakan, karena terasa seperti Nintendo Switch atau beberapa konsol handheld yang ada.
 
Jika membahas tentang layar, Ayaneo Geek sudah dibekali dengan layar sentuh yang memudahkan para pengguna untuk melakukan scrolling dan juga pengoperasian. Kemudian, touch screen tersebut juga akan mempermudah para pengguna dalam menggunakan virtual keyboard.
 
Layar dari Ayaneo Geek sudah mempunyai kemampuan 60Hz dalam segi refresh rate, sehingga angka tersebut memperlihatkan bahwa cukup nyaman jika digunakan untuk bermain game. Mengingat bahwa sebagian besar game dari Steam mempunyai preset kualitas Steam Deck yang kurang lebih mirip dengan Ayaneo Geek.
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Layaknya sebuah konsol handheld, mereka juga menyediakan arrow button yang memudahkan para pengguna untuk memilih pada saat dibagian Menus. Kembali lagi, Ayaneo Geek sendiri memang mengadopsi apa yang sudah ada dalam konsol handheld.
 
Kemudian, analog juga tersedia pada bagian kiri dan kanan. Hal ini ditujukan agar para pemain mampu untuk lebih mudah menggerakkan permainan layaknya menggunakan joystick. Maka dari itu, analog menjadi salah satu hal yang cukup krusial dalam konsol handheld.
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Pada bagian belakang terlihat adanya logo dari Ayaneo Geek dan juga saluran pembuangan udara panas saat digunakan bermain. Kemudian, saluran udara juga bisa keluar pada bagian atas konsol tersebut. Jadi, bisa dikatakan saluran pembuangan udara juga tersedia cukup lengkap. 
 
Pada bagian atas juga tersedia port Type-C yang bisa digunakan untuk pengisian daya, dan juga tombol yang digunakan untuk volume media. Selain itu, pada bagian tersebut juga terdapat power button yang berfungsi untuk menghidupkan konsol dan juga mematikan layar.
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Pada bagian bawah juga menyediakan port untuk type-c yang bisa digunakan untuk mengisi daya. Kemudian, terdapat port untuk audio jack 3.5mm yang memungkinkan para pengguna menggunakan headset gaming yang mereka miliki sembari bermain game melalui Ayaneo Geek.

Performa

Kami menggunakan kurang lebih dua minggu pemakaian Ayaneo Geek ini, dan kami merasakan baterai yang cukup awet. Seperti yang diketahui, bahwa PC Handheld memang diperuntukkan dalam aspek portabilitas, sehingga baterai menjadi sebuah aspek yang krusial. Terkhusus Ayaneo Geek merupakan sebuah PC Gaming portable, sehingga para pengguna akan menggunakan perangkat tersebut dalam melakukan gaming di luar rumah.
 
Kami juga menggunakan Ayaneo Geek ini untuk bermain beberapa game dengan kualitas AAA. Mulai dari Forza Horizon 5 hingga Cyberounk 2077. Selain itu, kami juga memainkan game FPS seperti Left 4Dead 2.
 
Saat kami bermain Cyberpunk 2077, kami merasakan sensasi perangkat yang cukup hangat. Kemudian, suara kipas yang dihasilkan juga cukup mengganggu ketika kami bermain dengan menghadirkan banyak efek tembakan atau ledakkan. Saluran pembuangan udara panas tersebut juga diperlihatkan sangat berguna agar mampu mengoptimalkan kinerja dan suhu dari perangkat.
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Kemudian, saat kami bermain Forza Horizon 5 juga cukup lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu. Yang mengganggu adalah suara kipas dan sensasi hangat yang menyebabkan telapak tangan berkeringat lebih cepat. Namun, untuk segi grafis juga cukup mampu mengangkat kualitas grafis dari game Forza Horizon 5.
 
Ayaneo Geek, PC Handheld Punya Baterai Tahan Lama tetapi…
 
Lalu, untuk bermain game FPS, maka kamu akan merasakan sensasi bermain layaknya menggunakan joystick. Jadi, saat kamu menembak maka kamu akan menggunakan R2 dan membidik menggunakan L2 layaknya bermain Playstation. Jadi, bagi para gamer konsol akan sangat terbantu jika bermain game FPS melalui Ayaneo Geek.

Kesimpulan

Bisa dikatakan Ayaneo Geek merupakan PC Handheld yang mampu memberikan performa cukup memukau, hanya saja temperatur dan suara bising dari kipas mengganggu kegiatan gaming yang dilakukan. 
 
Untuk harga sendiri, Ayaneo Geek ini dibanderol dengan harga Rp20.000.000 dan bisa didapatkan melalui ecommerce atau distributor resmi. Sebenarnya, angka tersebut sudah tergolong overprice, mengingat kompetitor menjual PC Handheld mereka berada di kisaran Rp8.000.000 hingga Rp12.000.000.
 
Kemudian, bobot berat yang diberikan dari perangkat juga membuat para pengguna cepat terasa pegal jika dimainkan dengan posisi telentang di kasur, mengingat bahwa game handheld memang sering digunakan untuk mengisi waktu kosong dan dimainkan di mana saja. Jadi, gabungan temperatur hangat dan bobot berat dari Ayaneo Geek menjadi kedua hal yang membuat tangan menjadi cepat lelah dan berkeringat lebih cepat.
 
Namun, sisi positif dari perangkat ini adalah kekuatan baterai yang mampu mengangkat beberapa game kualitas AAA dan dimainkan tanpa memikirkan adanya soket listrik. Kemudian, kualitas layar juga menjadi salah satu hal yang menjadikan Ayaneo Geek mempunyai kelebihan. (Christopher Louis)
 
Spesifikasi  Ayaneo Geek
Prosesor AMD Ryzen 7 6800U
 GPU Radeon 680M RDNA2
RAM 32GB LPDDR5
Memori Up to 2TB
Layar 1920x1200, 1280x800 (optional on Geek only) - 60Hz IPS
Harga Rp20.000.000
 
 
7.8
Ayaneo Geek
Plus
  • Baterai tahan lama
  • Kualitas Layar
  • Performa memumpuni
Minus
  • Harga
  • Cepat panas
  • Bobot berat

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif