AsusPro E520.
AsusPro E520.

Review Mini PC

Menjajal Mini PC AsusPro E520

Teknologi teknologi asus hardware review pc
Cahyandaru Kuncorojati • 04 Februari 2021 17:01
Jakarta: Produk seperti mini PC ditujukan untuk berbagai kebutuhan mulai dari komputer kantor maupun fasilitas publik hingga teknologi riter seperti mesin point-of-sales dan kios maupun digital signage.
 
Mini PC lebih diandalkan dibandingkan laptop dan komputer form factor biasanya karena memiliki ukuran ramping yang dengan kemampuan komputasi yang sama bahkan bisa ditujukan bagi kebutuhan khusus seperti digital signage dan lainnya.
 
Medcom.id diberikan kesempatan oleh Asus untuk menjajal produk mini PC yaitu AsusPro E520 yang dalam contoh kasus kami adalah produk ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan PC atau komputer untuk bekerja.
 

Desain

AsusPro E520 memiliki desain yang sangat ramping mirip seperti PC AIO yang memiliki bentuk perangkat utama di balik layar. Produk ini juga mendukung mounting VESA sehingga bisa melekat di bagian belakang monitor PC yang sudah dimiliki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menjajal Mini PC AsusPro E520
 
Bodinya sangat ramping dan ringan saat digenggam menggunakan satu tangan. AsusPro E520 punya dimensi 21x18,5 cm dengan ketebalan 2,7cm. Perangkat ini bisa digunakan dalam posisi horizontal maupun vertikal dengan kaku penyangga saat tidak menggunakan mounting VESA.
 
Tampilannya cukup menarik meskipun hal ini tidak akan jadi fokus utama pengguna. Di balik ukuran yang ramping kinerja AsusPro E520 cukup senyap alias tidak bising dan tidak menghasilkan suhu panas.
 
Menjajal Mini PC AsusPro E520
 

Fitur I/O Port

AsusPro E520 memiliki I/O port yang tergolong lengkap mulai dari dua USB 3.1 Gen 2 di bagian depan serta audio jack untuk earphone dan mikrofon. Di bagian belakang tersedia dua USB 3.1 Gen 1, port RJ-45 untuk ethernet/LAN, dan port HDMI serta DisplayPort untuk terhubung ke monitor maupun panel televisi alias digital signage.
 
Menjajal Mini PC AsusPro E520
 
Melihat semua I/O Port yang disediakan maka AsusPro E520 bisa diandalkan untuk menciptakan PC atau perangkat komputasi yang dibutuhkan. Tidak sampai di sini, perangkat tersebut juga masih memiliki antena untuk WiFi jadi di dalamnya sudah terpasang modem WiFi.
 

Performa dan Spesifikasi

Medcom.id menjajal AsusPro E520 7100Plus. Perbedaan nama di bagian belakang biasanya menentukan varian spesifikasi yang ditawarkan. Kami menguji AsusPro E520 yang menggunakan prosesor Intel Core i3-7100T, RAM DDR4 2400MHz 4GB, dan storage HDD 2,5 inci kapasitas 500GB.
 
Menurut pengujian yang kami lakukan dan pengalaman penggunaan, performanya cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan komputasi seperti PC yang digunakan pada perkantoran.
 
PENGUJIAN: PCMark 10
Modern Office
3DMark
Fire Strike
Cinebench R20
single-core
Cinebench R20
multi-core
SKOR: 2264 731 349 847

Kapasitas RAM bisa ditingkatkan hingga 32B demikian juga storage atau penyimpanan data hingga 1TB atau memadukan jenis storage yaitu HDD atau SSD 2,5 inci dan M.2 SSD untuk kecepatan yang lebih kencang.
 
Kami tidak menguji performanya untuk bermain game karena melihat spesifikasi yang ditawarkan AsusPro E520 7100Plus lebih cocok untuk PC komputasi sederhana atau kebutuhan bidang pendidikan.
 
Menjajal Mini PC AsusPro E520
 
Kesimpulan
Menurut kami AsusPro E520 7100Plus merupakan produk mini PC yang patut dilirk untuk pengguna yang membutuhkan PC atau komputer desktop sederhana tapi bisa diandalkan.
 
Paket penjualan AsusPro E520 terdiri dari perangkat mini PC dan keyboard serta mouse. Jadi pengguna tinggal menyiapkan monitor. Proses persiapan untuk penggunaan tidak sulit. Produk ini dibanderol mulai dari harga Rp6 juta.
 
Nama Asus Pro E520 7100Plus
Prosesor Intel Core i3-7100T
RAM DDR4 4GB 2400MHz
GPU Intel UHD
Storage HDD 250GB
Harga Rp6.000.000
 
 
9
AsusPro E520 7100Plus
Plus
  • Desain ramping
  • Spesifikasi cukup bisa diandalkan
  • Harga tergolong terjangkau untuk Mini PC
Minus
  • Tidak menyediakan optical disc drive
  • Kualitas mouse dan keyboard biasa saja

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif